Uncategorized

Tampil Muda dan Lebih Bersemangat

Sharing is caring!

Tampil Muda dan Lebih Bersemangat

Waktu terus berjalan, begitu pula usia yang terus bertambah. Banyak dari kita berusaha  mati-matian untuk tampil lebih muda atau terlihat lebih muda. Beragam hal dilakukan diantaranya seperti menggunakan produk anti aging, teknologi botok hingga operasi plastik. Tak sedikit uang habis untuk bisa memenuhi keinginan kita tersebut. Tapi ada hal yang lebih penting dari tampil muda yakni menjadi lebih sehat.

Saya pun berkonsultasi dengan dokter pribadi bagaimana agar saya lebih sehat di tahun 2012. Jujur saya sangat rentan dengan sakit, saya punya maag (gastritis akut), radang tenggorokan (bronchitis akut) dan typhus  yang setiap saat bisa kambuh.

1. Pencernaan yang lemah

Ternyata saya baru mengetahui jika pencernaan menjadi kunci untuk terlihat lebih muda. Saat pencernaan tak berfungsi baik, penyerapan asupan nutrisi terganggu. Akibatnya, kesehatan kulit, rambut, otot, dan tulang terganggu.

Selain itu, kesehatan pencernaan juga  mempengaruhi suasana hati. Karena sistem pencernaan mengandung neuron atau saraf, sehingga mempengaruhi lebih dari otak. Jadi saatnya kita membuat perut bahagia dan lebih sehat. Makan teratur dan tidak berlebihan. Karena saya memiliki golongan darah O, saya pun mulai mengurangi karbohidrat dan memperbanyak konsumsi ikan serta daging.

2. Peradangan

Karena kulit saya sangat sensitif dan rentan dengan namanya peradangan , saya harus berhati-hati dengan infeksi, dan cedera. Urusan cedera ini selalu membuat saya bermasalah dan kerepotan, misalnya saja lutut yang bermasalah pasca PON XVI di Palembang.

Selain itu tenggorokan yang bermasalah juga membuat saya menghindari es, meski terkadang godaan es krim masih tak dapat ditahan. Makan teratur untuk menghindari maag kambuh. Serta mengurangi asam dan pedas yang berlebihan agar usus lebih sehat.

3. Tidur yang cukup

Ini urusan yang susah dilakukan, karena masalah tidur menjadi masalah utama hingga kini, bahkan terkadang saya tidak tidur karena nonton Korean drama atau menulis. Padahal saya sudah mengetahui jika kurang tidur itu berdampak pada kesehatan kulit, mempengaruhi suasana hati, bahkan memicu penyakit jantung. Semoga di tahun ini, pola tidur dan pola hidup dapat lebih baik lagi. Semangat!!!

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar