Pagar Alam,  Travelling

Sejuknya Air Terjun Embun Pagaralam

Sharing is caring!

Air terjun di kaki Gunung Dempo sepertinya tidak ada habisnya, wajar jika Pagaralam disebut sebagai negeri seribu air terjun. Tidak hanya Air Terjun Tujuh Kenangan, masih ada Embun Cughup lain yang airnya sejuk dan sejernih embun di pagi hari. Tidak cukup waktu sehari menjelajahi obyek wisata air terjun di Kota Pagaralam. Jumlahnya cukup banyak, Setidaknya hingga kini ada 17 air terjun dalam pengawasan Pemerintah Kota Pagaralam. Belum lagi air terjun yang belum banyak disentuh karena lokasinya baru ditemukan. Jika pilihan air terjun dibuat untuk dikunjungi ketika bepergian di Pagaralam, sangat disarankan untuk mengunjungi Cughup Embun.

Cughup Embun terletak di Dusun Pematangbango, Desa Cughup Jare, Distrik Pagaralam Utara. Dibandingkan dengan air terjun lainnya, Cughup Embun memiliki keindahan tersendiri. Ketinggian air yang jatuh di pangkalan berubah menjadi embun karena air jatuh tertiup angin seolah memukul bebatuan yang berada dibawahnya. Sehingga air terjun ini diberi nama Embun Cughup. Kunjungan kami ke Cughup Embun adalah kelanjutan dari petualangan kami di kaki Gunung Dempo.

Lokasi Cughup Embun ini mudah ditemukan. Pintu masuk ada di sisi jalan. Dari pintu masuk, setelah membayar tiket masuk, kami berjalan menuruni tangga besar. Kami harus berhati-hati karena langkahnya tertutup lumut jadi agak licin. Selama menuruni tangga, kami menikmati nuansa yang sangat alami di sini, yang dalam bentuk hutan dengan pepohonan hijau dan hutan dan suara serangga pegunungan yang bertengger di batang pohon. Setelah menuruni tangga, kami dapat melihat air terjun. Jika Anda ingin lebih dekat atau di bawah air terjun langsung, cukup berjalan sedikit lagi. Kami tiba di bawah Cughup Embun yang menghadirkan kesejukan alami.

Jika di musim hujan, air terjun dibagi menjadi tiga. Seolah-olah ada tiga air terjun yang jatuh ke tempat yang sama. Namun, karena kunjungan kami selama musim kemarau, hanya dua yang terlihat dan itu juga dengan debit air yang kurang berat. Namun dengan tembok yang tinggi masih membuat air terjun ini memiliki pesona. Di sini Edhi mencoba menikmati air terjun dengan berenang. Namun ia tidak bertahan lama karena airnya sangat dingin, sedingin embun pagi. Saya sendiri lebih suka mengambil gambar atau pemandangan di sekitar air terjun. Apakah pelancong tertarik untuk melihat dan merasakan keindahan Cughup Embun? Jika tertarik, datanglah ke Kota Pagaralam, Air Terjun Negeri Seribu Satu.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar