Sandisk Dual Drive OTG m3.0
Lifestyle,  Review,  Teknologi

Mudahnya Menyimpan Data dengan USB OTG Sandisk

Sharing is caring!

Saat ini ada solusi penyimpanan data langsung dari smartphone dengan proses yang mudah dan cepat melalui produk SanDisk Ultra Dual Drive OTG m3.0.

Bagi kaum hawa seberapa besar kapasitas memori handphone akan selalu penuh dengan foto, video dan aplikasi. Apalagi biasanya saat foto-foto tidak cukup sekali jepret saja. Disisi lain karena alasan #DibuangSayang dan malas memindahkan foto-foto dan video ke laptop ataupun hard disk sehingga membuat memori handphone penuh.

Padahal smartphone saat ini memiliki kamera berkualitas tinggi yang menghasilkan foto dan video HD sehingga meskipun disk space sebesar 16GB  akan langsung habis dalam sekejap. Belum lagi beragam aplikasi yang terinstal didalamnya mulai dari media sosial hingga editing foto dan video.

Memori Handphone Full
Kapasitas Memori Handphone

Pentingnya Back Up Data Smartphone

Berdasarkan survei Western Digital Corp sebanyak 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka. Dan lebih dari 80% responden survey menyadari pentingnya melakukan back-up data. Namun, hanya sepertiga dari mereka yang melakukan back-up secara teratur selama sebulan sekali.

Ada banyak faktor yang menyebabkan para pengguna smartphone kehilangan data mereka. Mulai dari memori yang penuh sehingga harus menghapus data terlebih dahulu jika ingin foto-foto atau menyimpan file baru. Ada juga karena handphone yang rusak, terkena virus, file yang rusak hingga kehilangan handphone.

Infografis Survei Western Digital Corp

Menurut Amy Tan, Direktur Sales Regional Western Digital, Indonesia menjadi negara dengan jumlah pengguna smartphone terbanyak keenam di dunia dengan 73 juta pengguna. Dan 97% penguna smartphone dalam survei menggunakan gadget untuk berbagai hal tidak hanya untuk menelpon dan chatting namun juga pengganti kamera, gaming, streaming, berbelanja online dan video.

Umumnya, pengguna di Indonesia menggunakan smartphone dengan kapasitas memori internal 16-32 GB (56% responden). Kapasitas ini tidak akan cukup menampung jumlah foto dan video yang terus bertambah. Sehingga membuat pengguna terpaksa menghapus data di ponsel mereka karena kehabisan kapasitas memori.

Back up data dengan Sandisk Dual Drive OTG m3.0
Back up data dengan Sandisk Dual Drive OTG m3.0

Cara Instan Menyimpan Data

Selama ini, banyak yang berpikir proses pencadangan atau back-up data merupakan hal yang rumit atau terlalu memakan waktu, sehingga mereka jarang melakukannya. Saat ini ada solusi penyimpanan data langsung dari smartphone dengan proses yang mudah dan cepat melalui produk SanDisk. Produsen media penyimpanan ini menghadirkan produk USB drive yang sudah kompatibel dengan smartphone yakni SanDisk Ultra Dual Drive OTG m3.0.

Saat melakukan perjalanan umrah di awal tahun 2019, saya tidak hanya mengosongkan memori handphone agar bisa mengabadikan perjalanan umrah tersebut. Saya juga melakukan back up data foto dan video langsung dari handphone. Agar semua momen yang sudah terabadikan tersebut tidak hilang. Karena Ibu saya pernah mengalami kehilangan data akibat handphone milik Ibu rusak, sehingga foto-foto dan video Ibu saat melakukan ibadah umrah hilang.

Umrah bersama Ayah
Umrah bersama Ayah

Alhamdulillah semua momen berharga selama perjalanan ibadah umrah ini bisa tersimpan dengan baik  dalam bentuk foto dan video. Mulai dari keberangkatan hingga di tanah suci,  sudut kota di Mekkah dan Madinah terekam dengan baik.

Karena pengalaman berharga ini bisa menjadi sesuatu yang tidak hanya dilihat tapi juga dirasakan dari seluruh keluarga dan teman yang melihat. Sehingga hal ini bisa memberikan motivasi bagi saya dan seluruh keluarga serta teman-teman agar dapat segera melaksanakan ibadah umrah dan menunaikan ibadah haji. Aamiin Allahumma Aamiin.

Sandisk Dual Drive OTG m3.0
SanDisk Dual Drive OTG m3.0

SanDisk Ultra® Dual Drive OTG m3.0

Jika selama ini USB flash drive hanya bisa terhubung ke laptop atau komputer. SanDisk Ultra  Dual Drive m3.0 ini berbeda karena memiliki dual konektor yakni micro-USB dan standard USB. Sehingga memudahkan mentransfer atau memindahkan data dari handphone langsung ke laptop atau komputer ataupun sebaliknya.  Perangkat ini kompatibel untuk semua jenis smartphone dan tablet Android yang mendukung USB OTG (On-The-Go) dan tetap bisa di pakai pada port USB 2.0.

SanDisk Ultra Dual OTG dengan teknologi USB 3.0 ini membuat proses transfer  foto, video atau data lainnya menjadi super cepat dengan kecepatan transfer file 150 MB/detik. Berbeda dengan USB 2.0 biasa dengan teknologi standar yang lebih lama karena kecepatan maksimumnya hanya 60 MB/detik. Tentunya dengan kecepatan seperti ini membuat kita bisa memindahkan seluruh film, buku audio, atau perpustakaan musik hanya dalam hitungan detik.

Transfer file dengan OTG Sandisk
Transfer file dengan OTG SanDisk

Cara Menggunakan SanDisk Ultra® Dual Drive m3.0

Cara menggunakan flash drive ini sangat mudah karena secara otomatis terdeteksi ketika sudah terhubung dengan handphone. Salah satu nilai plus dari flash drive ini adalah kemudahan mengelola data.

Untuk memudahkan proses transfer file dari dan ke flash drive adalah dengan menggunakan aplikasi file manager SanDisk Memory Zone yang bisa di unduh secara gratis di Playstore ataupun Google Store.

SanDisk Memori Zone
SanDisk Memori Zone

Aplikasi file manager SanDisk Memory Zone ini membuat proses transfer data antar-perangkat Android dan PC menjadi sangat mudah dilakukan dan lebih praktis.

Sehingga kita bisa melihat semua data yang ada pada smartphone, cloud, microSD, dan flash drive dalam satu lokasi.  Dan secara otomatis memindahkan file dari perangkat ke drive untuk mengurangi kapasitas memori.

Selain itu SanDisk Memory Zone membuat kita lebih mudah dalam pencarian data. Apalagi bisa melakukan backup foto, video, dan musik secara otomatis. Termasuk melakukan kompresi dan dekompresi data. Aplikasi ini memungkinkan juga untuk memutar foto, video dan musik langsung dari OTG.

Saya sendiri bisa menonton film yang sudah di unduh dan disimpan di USB OTG SanDisk ini tanpa harus kerepotan transfer file ke dalam memori handphone. Sehingga jika memiliki SanDisk Ultra Dual Drive m3.0, ada baiknya juga memiliki aplikasi ini agar kamu memiliki kontrol penuh terhadap semua konten yang kamu simpan.

Menonton Film langsung dengan OTG Sandisk 
Menonton film langsung dengan OTG SanDisk

Tingkat Keamanan Tinggi

Bagi yang ingin meningkatkan keamanan file yang disimpan dengan SanDisk Secure Access, aplikasi tambahan khusus pengguna SanDisk. Data-data penting bisa dilindungi dengan enkripsi password yang menjamin keamanan dalam mengakses data tersebut. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dan bisa digunakan untuk Windows dan Mac.

File yang sudah dienkripsi oleh Sandisk Secure Access ini hanya bisa diakses oleh pengguna pemilik password, namun file tersebut masih bisa  disalin, dipindahkan ataupun dihapus oleh orang lain.

SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 ini terdiri dari beberapa pilihan kapasitas sesuai dengan kebutuhan memori tambahan yang dibutuhkan. Bagi yang hanya sekedar ingin backup foto dan video dari handphone bisa memilih kapasitas 16GB dan 32GB.  Namun jika membutuhkan kapasitas yang lebih besar, bisa memilih flash drive dengan ukuran memori 64GB atau 128GB. Bahkan kini sudah tersedia dengan kapasitar 256GB.

Perangkat ini bisa didapatkan langsung di website SanDisk ataupun di toko-toko perangkat komputer dan di market place dengan harga mulai dari Rp 95.000,- hingga Rp 595.000,-.

Menyimpan Sandisk Dual Drive OTG
Menyimpan Sandisk Dual Drive OTG

Karena ukurannya yang cukup kecil sebaiknya simpan perangkat #SanDiskAPAC ini didalam pouch agar memudahkan saat membutuhkan OTG ini. Jika sepakat menyadari pentingnya melakukan back up data smartphone, yuk lakukan  back up data sekarang juga ya.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

59 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com