Review Buku

Review Buku Sebelas Patriot

Sharing is caring!

Review Buku Sebelas PatriotJudul Buku : Sebelas Patriot
Penulis       : Andrea Hirata
Penerbit     : Bentang Pustaka
Jumlah Hal : 112 Halaman
Harga         : Rp. 39.000,-
ISBN           : 9786028811521
My rating  : 3 of 5 stars

Saya adalah salah satu dari sekian pecinta bola. Awalnya saya tidak menyukai permainan bola di Indonesia, namun berawal dari berkenalan dengan Sriwijaya FC di tahun 2006 dan hingga kini saya mencintai sepakbola Indonesia.

Apalagi kini sepakbola Indonesia sudah menjadi magnet yang sangat kuat bagi para penggila bola. Mulai dari AFF hingga kini Pra Piala Dunia. Semoaga Indonesia bisa berlaga di Piala Dunia 2014. Dan aku ingin ke Brazil.

Kembali ke buku ini, saya menikmati setiap bentuk kejenakaannya Andrea, seperti saat Andrea mengemas narasi soal melatih kaki kiri dan hal itu tetap mengundang senyum.

Ceritanya masih berkutat tentang Belitong, fragmen “Laskar Pelangi”, cita-cita Ikal kecil menjadi pemain sepak bola dan bermain untuk tim nasional, terutama sejak Ikal tahu jika sang ayah ternyata pernah menjadi pemain sepak bola zaman Belanda, dan pernah menang melawan tim ambtenaar. Sayang cita-cita Ikal kandas pada tahap seleksi tingkat nasional.

Cerita pun berlanjut ke fragmen “Edensor”, Ikal yang menuntut ilmu di Eropa melihat buat perempuan yang suka bola. Disini Andrea mengajak dan menggugah nasionalisme kita.

Menggemari tim sepak bola negeri sendiri adalah 10% mencintai sepak bola dan 90% mencintai tanah air“.

Cinta bagi kebanyakan perempuan adalah dedikasi dalam waktu yang lama, tuntutan yang tak ada habisnya sepanjang hayat, dna semua pengorbanan itu tak jarang membuahkan kekecewaan yang besar“.

View all my reviews

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar