pinjaman cekaja, Pilah Pilih Pinjaman Online, Jurnal Suzannita
Lifestyle,  Tips

Pilah Pilih Pinjaman Online

Sharing is caring!

Industri keuangan mengalami perkembangan yang luar sejak merebaknya pinjaman online di tahun 2016.  Bagi mereka kesulitan mendapatkan kredit dari bank atau lembaga keuangan konvensional, tentu kehadiran pinjaman online seolah menjadi angin segar.

Konsep online yang ditawarkan dalam pinjaman uang membuat tidak perlu repot datang ke kantor pemberi pinjaman. Pasalnya layanan yang diberikan bisa terlihat jelas di Internet dan bisa dibandingkan dengan perusahaan lain.

pinjaman cekaja, Pilah Pilih Pinjaman Online, Jurnal Suzannita
Uang Tunai Rupiah

Bahkan kini sudah ada situs yang memberikan perbandingan layanan finansial. Sehingga bisa langsung mengetahui pinjaman online yang prosesnya paling cepat. Termasuk juga pinjaman tanpa agunan online yang aman dan terpercaya bisa kalian dapatkan infonya di CekAja.com.

Pengajuan dilakukan secara online melalui website CekAja.com di smartphone ataupun di komputer, sehingga proses menjadi lebih mudah dibandingkan harus mengunjungi kantor cabang bank. Batasan waktu dan tempat menjadi tidak relevan dengan proses online.

Hanya saja yang perlu diperhatikan perusahaan pinjaman online mana yang terpercaya. Berikut tips yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pinjaman secara online.

  1. Terdaftar di OJK

Bagi yang ingin melakukan pinjaman online sebaiknya harus memperhatikan apakah perusahaan pinjaman online itu terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK merupakan lembaga yang memiliki wewenang untuk mengatur dan mengawasi aktivitas lembaga keuangan di Indonesia.

Sehingga pemberi pinjaman uang online harus sudah terdaftar di OJK. Umumnya ada keterangan di bagian bawah website apakah sudah terdaftar atau belum. Jika pinjaman online ada aplikasi di smartphone perhatikan informasinya sebelum download aplikasi tersebut.

Jika sudah terdaftar di OJK, penyedia jasa pinjaman online seperti CekAja.com akan menyertakan keterangannya. Karena hal ini menjadi jaminan pinjaman uang online sudah mendapatkan jaminan keamanan dan terpercaya.

  1. Transparan

Sebelum melakukan pinjaman secara online sebaiknya perhatikan terlebih dahulu tentang proses yang transparan, persyaratan yang jelas, besaran bunga yang harus dibayar termasuk biaya denda saat lewat jatuh tempo yang harus dipelajari sejak awal. Transparansi biaya menjadi salah satu kunci utama dalam melakukan pinjaman online.

Informasi tentang hal tersebut harus tertera secara jelas di website. Sehingga para calon nasabah sudah mengetahui semua informasi dan bisa menerima konsekuensi yang sudah ditetapkan. Ada penyedia pinjaman online sudah memberikan informasi yang jelas dan transparan di website seperti persyaratan yang dibutuhkan, bunga, kapan jatuh tempo dan biaya lainnya.

Sayangnya ada banyak juga penyedia pinjaman online yang tidak transparan dan mencantumkan informasi yang jelas di websitenya. Seperti besaran bunga yang harus dibayar, biaya denda yang dibebankan kepada peminjam. Sehingga calon nasabah harus lebih keras mencari informasi penting tersebut.

  1. Persyaratan Mudah

Salah satu hal yang membuat banyak orang melakukan pinjaman online adalah memberikan persyaratan yang mudah bagi para calon nasabahnya. Hal ini yang menjadi daya tarik orang melakukan pinjaman online dibandingkan persyaratan kredit konvensional yang lebih menyulitkan.

Sebagai contoh kelengkapan dokumen membuat akhirnya banyak orang yang sulit mengajukan kredit ke bank karena tidak bisa memberikan dokumen yang disyaratkan oleh pihak kredit konvensional.

Salah satu pinjaman online ada yang memberikan syarat yang sangat mudah yakni cukup dengan KTP dan Foto saja. Hal ini tentulah membuat orang tertarik  karena syarat tersebut bisa langsung dipenuhi.

Tapi ada juga pinjaman online yang menetapkan persyaratan dokumen yang cukup lengkap, seperti KTP, KK, NPWP, rekening listrik dan lainnya. Hal ini memberikan kemudahan bagi calon nasabah dibandingkan pihak bank atau kredit konvensional sebagai cara pengecekan sebelum pinjaman bisa dicairkan.

  1. Proses Pencairan Lebih Cepat

Daya tarik pinjaman online yang diberikan adalah proses pencairan dana yang lebih cepat dari bank atau pihak penyedia kredit konvensional. Kecepatan proses pencairan ini juga bervariasi, ada  yang memberikan janji dana cair dalam tempo 1 minggu, bahkan ada yang bisa mencairkan dana pinjaman kurang dari 1 hari.

Para peminjam juga harus memperhatikan waktu kapan persetujuan pinjaman disetujui dan kapan dana bisa masuk ke rekening. Pasalnya ada pinjaman online yang persetujuan cepat, namun ternyata waktu proses pencairan lebih lama.

  1. Lebih Fleksibel

Pengajuan pinjaman online lebih fleksibel dibandingkan pihak Bank yang terbatas dalam memberikan pinjaman tanpa agunan. Seperti untuk pinjaman dari Bank nilainya harus besar (rata-rata diatas RP 5 juta) dengan jangka waktu kredit minimal 6 bulan dan mendapatkan denda jika mempercepat pelunasan.

Sementara untuk pinjaman online memberikan fleksibilitas seperti pinjaman mulai dari satu juta rupiah. Untuk pembayaran pinjaman bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan Anda.

pinjaman cekaja, Pilah Pilih Pinjaman Online, Jurnal Suzannita
CekAja Pinjaman Online

Meski ditengah banyaknya tawaran pinjaman online, para konsumen bisa cerdas dalam memilih seperti prosesnya cepat dan aman, bunga rendah serta cicilan ringan bisa kalian buka infonya di https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online. Karena hal inilah yang  juga bisa menjadi pertimbangan dalam mengajukan pinjaman online. Sehingga dengan memperhatikan hal tersebut bisa mendapatkan jasa yang aman dan terpercaya.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

14 Comments

  • Demia KamiL

    Jaman sekarang pinjaman online itu udah banyak banget macemnya yaa, malahan ada yang syaratnya gampang bnaget, cuma foto KTP udah cair, tapi seremnya tu kalo misal pas lagi macet pembayaran, aku sendiri ngalamin beberapa bulan lalu tiba2 ada yng DM aku, katanya temen IG aku ada yg pinjem uang ke aplikasi mereka dan karena IG kita saling follow aku jadi ketempuhan di tagih donk, 😀

  • vebby

    makin sini makin banyak nih pinjaman online hehe tapi aku masih suka mikir gatat gitu ya minjemin uang secara online hehehee sedangkan skrg kan org jahat2 apalagi soal uang dan hutang

  • lendyagasshi

    Untuk yaag sedang membangun usaha dari nol atau sedang kesulitan, maka pinjaman online dengan syarat yang mudah ini bisa dijadikan salah satu jalan keluar.
    Semoga kemudahannya tidak menjerat peminjam untuk berani meminjam di luar kemampuan.

  • Nia K. Haryanto

    Wah, bener banget ini. Kita kudu banget pilah pilih pinjaman online. Dan tips di atas kudu banget dipake. Tiap hari ada aja yg baru. Ke sms-ku selalu ada. Jangan sampe ya, gara2 kurang teliti, jadi pahit di akhir.

  • April Hamsa

    Jangan sampai salah apalagi terjerumus dengan banyak utang ya mbak ngeri 🙁
    Memang kalau bener2 pas butuh banget pinjol itu ngebantu tapi ya harus selektif, klau pakai cek aja lbh mudah tau mana yg aman mana yg gak ya

  • Arvi

    Sekarang makin banyak ni pinjaman online yang ada dan semakin mudah juga, tapi aku pribadi masih ttp menghindari dan kalopun butuh banget aku bakal cek dia trdftar d ojk atau nggak kaya cekaja ini,

  • Atisatya Arifin

    Semakin banyak ya jasa pinjaman online. Setuju sama mbak Suzan, pastikan pinjaman online-nya resmi dan terdaftar untuk menghindari hal-hal yang tidak mengenakkan di kemudian hari. Terus sama satu lagi nih, gunakan jasa pinjaman online untuk hal-hal yang memang mendesak dan urgent sesuai prioritas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com