Review

Pilih Bedak Tabur, Bedak Padat atau Bronzer

Sharing is caring!

Bedak menjadi benda wajib dan hampir selalu ada di setiap tas wanita. Meski tak disadari, ternyata bedak membuat riasan wajah sempurna agar tampil segar sepanjang hari. Dan ternyata banyak yang masih bingung dalam menggunakannya dan asal memilih bedak. Bedak wajah sendiri terbagi dua  macam ada bedak tabur dan bedak padat. Bahkan untuk pengaplikasian bedak tabur dan bedak padat juga masih banyak yang tidak tahu.

Selain itu yang kini banyak digunakan oleh para beauty vlogger asal luar negeri  adalah Bronzer. Meski bentuknya terlihat seperti blush on namun bronzer ini sebenarnya bedak tabur yang berwarna kecokelatan, dan biasanya dikemas seperti bedak padat. Wah makin bingung harus memilih yang mana yang cocok. Meski hampir serupa namun blush on dan bronzer adalah dua kosmetika yang berbeda dengan kegunaan yang berbeda pula. Kalau blush on digunakan agar pipi lebih merona sehingga warnanya pun dari pink hingga orange. Sedangkan bronzer menghasilkan kesan lebih glowing dan natural.

bedak

Baiklah kita bahas terlebih dahulu ya tentang jenis bedak. Bedak berfungsi untuk memberikan finishing look atau hasil akhir yang lebih halus seperti yang kita inginkan. Kebanyakan orang belum terlalu memahami jenis dan fungsi bedak. Bedak seringkali dianggap ampuh untuk mengurangi wajah mengkilap akibat minyak berlebih, namun sebenarnya masing-masing jenis bedak ada fungsinya sendiri-sendiri lho.

1. Bedak Tabur

Bedak tabur atau biasa disebut loose powder sangat ringan digunakan di wajah. Tidak hanya bisa digunakan untuk tampil natural namun juga riasan berat. Bedak tabur diaplikasikan setelah menggunakan rangkaian perawatan wajah dan melanjutkan menggunakan alas bedak (foundation) atau bb cream, sebaiknya menggunakan bedak tabur. Hal ini dilakukan agar riasan tidak terlihat cakey a.k.a tebal. Untuk mengaplikasikannya bisa menggunakan spons atau  powder brush.Bedak tabun ini cocok digunakan untuk kulit normal hingga berminyak. Dan yang pasti wajah tidak terlihat belang saat berkeringat. Hanya saja kekurangan bedak tabur adalah tidak nyaman untuk dibawa pergi.
bedak-tabur3

Untuk memberikan hasil tahan lama, sebaiknya aplikasikan alas bedak atau bb cream terlebih dahulu, baru menggunakan bedak tabur. Dan bagi yang memiliki kulit kering, sebenarnya juga bisa menggunakan bedak tabur. Namun sebaiknya gunakan pelembab lalu foundation atau bb cream baru mengapplikasikan bedak tabur agar hasilnya lebih segar dan tidak kusam.

 

2. Bedak Padat

Bedak padat atau compact powder inilah yang hampir selalu ada di tas wanita. Bedak padat adalah bedak tabur yang dipadatkan sehingga praktis dan aman untuk dibawa pergi karena tidak akan takut tercecer. Bedak padat umumnya jauh lebih tahan lama dibandingkan bedak tabur. Dan ada banyak jenisnya, seperti ada yang mengandung foundation (two way cake compact powder) yang berfungsi ganda sekaligus. Dan bisa digunakan dengan spons lembab agar hasil bedak melekat sempurna di wajah. Bedak padat cocok digunakan untuk kulit normal cenderung kering, tapi ada juga yang cocok untuk semua jenis kulit.
a549d32f0b5718d3083ae61f79be75af
Karena hasil bedak padat dapat menempel lebih lama dibandingkan bedak tabur, sehingga bedak padat ini sangat cocok digunakan hadir ke acara-acara yang membutuhkan tampilan riasan yang tahan lama.

 

3. Bronzer (Bronzing Powder)

the-body-shop-bronzing1

Kalau banyak melihat tutorial makeup beauty vlogger luar negeri, sangat menyukai menggunakan bronzer (bronzing powder). Seperti sebelumnya disebutkan bronzer merupakan bedak tabur yang dikemas dalam bentuk padat dan biasanya  berwarna natural hingga kecokelatan. Bronzer bisa digunakan di hidung, dagu, tulang pipi termasuk dahi, hal ini untuk menampilkan riasan wajah yang fresh dan natural.  Untuk pengaplikasian bronzer dengan menggunakan kuas yang besar dan lembut. Sehingga bronzer tersebar merata dan wajah pun tampak glowing dan segar.

Karena memang bentuknya mirip seperti blush on, jangan pernah menggunakan keduanya bersamaan. Pasalnya dandanan akan terlihat cakey dan tidak alami. Padahal kunci utama dari bronzer adalah kesan segar dan glowing. Kalau ingin terlihat merona dan segar lebih baik cukup gunakan bedak tabur dan blush on saja.

 

the-body-shop-bronzing

Saat ini The Body Shop mengeluarkan series Bronzing Makeup, mulai dari Bronzing Powder, Face Gels, Dry Oil and Lip Balm.  Produknya mudah digunakan dan menghasilkan tampilan riasan yang berkilau natural dan menyesuaikan warna kulit.

Tips :

Saat memilih warna bedak ada hal yang harus diperhatikan yakni warna kulit. Warna bedak sebaiknya sama seperti warna kulit kita. Dan begitupun saat menggunakan foundation, sebaiknya gunakan warna yang sama dengan warna kulit. Karena jika warna foundation lebih terang dari warna bedak, kalian akan terlihat seperti menggunakan topeng. Begitupun sebaliknya jika warna foundation lebih gelap dari warna bedak, dandanan akan terlihat pucat.

the-body-shop-honey-bronze

Selain itu tips lain adalah gunakan bedak secukupnya, agar tidak berlebihan dan natural bisa mengaplikasikan bedak dengan menggunakan powder brush bukan menggunakan sponge atau powder puff. Cukup letakkan brush diatas bedak lalu pulas ke wajah dengan cara yang sama mengaplikasikan foundation.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar