Event

Obor Api SEA Games XXVI Jelajahi Sumsel

Sharing is caring!

Api obor SEA Games XXVI  tiba di Palembang Senin pagi dan kini dibawa mengelilingi sejumlah kabupaten dan kota di Sumatera Selatan. Obor SEA Games resmi diserahterimakan ke Sumsel setelah sebelumnya dibawa dari Jakarta dengan kapal KMV Tunas Wisesa 03 oleh mantan pebulutangkis nasional Icuk Sugiarto di Dermaga Pelabuhan Boom Baru, Palembang, Sumsel.

Obor Api SEA Games XXVI Jelajahi Sumsel
Icuk Sugiarto turun dari KMV Tunas Wisesa 03

Kapal motor pembawa obor api SEA Games XXVI Senin pagi  sekitar pukul 5 pagi merapat di Dermaga Pelabuhan Boombaru, Palembang. KMV Tunas Wisesa 03 pembawa obor keramat tersebut sudah melakukan perjalanan dari Jakarta dan sempat singgah di sejumlah tempat di Indonesia.

Ribuan masyarakat Palembang telah menantikan obor SEA Games di pelabuhan tepi Sungai Musi itu sambil mengibarkan bendera merah putih dan SEA Games.

Obor Api SEA Games XXVI Jelajahi Sumsel
Icuk Sugiarto - Torch Ambassador SEA Games

Sekitar pukul 8 pagi dilakukan  prosesi penyambutan di Dermaga Boom Baru.  Obor dibawa turun dari kapal KMV Tunas Wisesa 03 oleh mantan pebulutangkis nasional Icuk Sugiarto. Peraih emas Olympiade ini langsung menyerahkan obor SEA Games kepada Ketua Inasoc Pusat Rahmat Gobel lalu diserahkan kepada Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, Ketua Inasoc Sumsel, Muddai Maddang, lalu ke Wakil Walikota Palembang Romi Herton hingga obor tersebut diterima oleh pesilat andalan Sumatera Selatan Abas Akbar.

Obor Api SEA Games XXVI Jelajahi Sumsel
Icuk Sugiarto menyerahkan Obor kepada Ketua Inasoc Pusat

Obor akan dibawa berkeliling Sumatera Selatan oleh Pelatih Pencak Silat yang juara dunia dan mengharumkan Indonesia. Sebelumnya obor ini akan berkeliling Palembang lalu menuju Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin dan diinapkan di Lubuk Linggau.

Obor Api SEA Games XXVI Jelajahi Sumsel
Gubernur Sumsel terima Obor SEA Games

Obor yang disulut dari Mrapen itu akan berkeling seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Selatan sebelum kembali ke Palembang pada 11 November mendatang.

Bangga Jadi Torch Ambassador

Bangga, seperti itulah yang diungkapkan Oleh Abas Akbar, Torch Ambassador SEA Games Ke 26. Tidak hanya membawa api Obor SEA Games  keliling Sumatera Selatan, Abas juga akan menyulutkan api Obor SEA Games tersebut saat Opening SEA Games XXVI.

Obor Api SEA Games XXVI Jelajahi Sumsel
Abas Akbar terima obor SEA Games

Abas Akbar  mantan atlet yang pernah mengharumkan Sumsel dan beberapa kali menjadi juara dunia pencak silat ini mengaku bangga bisa menjadi Torch Ambassador dan hal ini menjadi bagian dari sejarah yang tidak akan pernah terlupakan.

Obor Api SEA Games XXVI Jelajahi Sumsel
Abas Akbar - Torch Ambassador SEA Games

Abas Akbar bakal membawa kirab api SEA Games mulai dari Dermaga Boom Baru keliling kota Palembang sampai ke perbatasan Palembang-Banyuasin tepatnya di km 12 setelah itu disambut tim Banyuasin kemudian dibawa ke Muba dan singgah ke Musi Rawas.

Abas juga akan mengantarkan kirap api dari Griya Agung sampai ke Jakabaring pada 11 november nanti sebelum disambut oleh duta obor SEA Games Icuk Sugiarto dan disulut ke kuldron atau obor raksasa.

Selain Abas Akbar juga ada 10 atlet masuk tim Torch Runner sebagai tim pendamping diantaranya Suyatmi (Atletik), Sasli Rais (Wushu), Irwanto (Wushu), Ferianto  (Atletik), Uci  (Basket), Ayu  (Voli) serta Ryan Sazali (Pencak Silat).

Saya juga bangga bisa melihat mereka bertugas sebagai Torch Relay, sebagai mantan atlet Sumatera Selatan, saya angkat topi buat kalian semua (upsss… saya tidak pakai topi ya)

Kejayaan Sriwijaya Tempo Dulu

Kejayaan Sriwijaya tempo dulu diharapkan dapat kembali terulang. Seperti itulah yang diungkapkan Racmad Gobel, Ketua INASOC Pusat. Pemilihan kapal dan jalur transportasi air menjadi alasan tersendiri untuk bisa membangkitkan semangat kejayaan Sriwijaya, yang pada masanya mampu menguasai sebagian besar wilayah darat dan laut Asia.

Kejayaan itu yang menjadi spirit kami. Kami ingin dapat kembali menguasai Asia melalui olahraga.

Obor Api SEA Games XXVI Jelajahi Sumsel
Penari menari Prajurit Obor Sriwijaya

Tarian Prajurit Obor Sriwijaya ini melambangkan semangat yang tak pernah padam untuk kembali pada kejayaan Sriwijaya tempo dulu.

Dukungan Masyarakat Sumsel

Dukungan terhadap SEA Games XXVI terus mengalir. Saat kirab obor api SEA Games XXVI hari ini, Sriwijaya Ruby Club, klub motor gede yang sekilas mirip Harley Davidson ini ikut memberikan dukungan. Mereka ikut ambil bagian menjadi peserta konvoi kirab obor api SEA Games XXVI.

Obor Api SEA Games XXVI Jelajahi Sumsel
Sriwijaya Ruby Club ikuti Kirab Obor SEA Games

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

11 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar