Indonesia,  Travelling

Napak Tilas Laskar Pelangi

Sharing is caring!

Plesiran Jayaraya Solutions dan PalTV di hari kedua melakukan tur keliling Belitung Timur mulai dari mengunjungi replika sekolah Laskar Pelangi, Museum Kata Andrea Hirata hingga rumah Wakil Gubernur DKI Jakarta  Basuki Cahaya Purnama atau dikenal dengan nama Ahok.

Tim plesiran Jayaraya Solutions dan PalTV sudah bersiap diri sejak pagi hari, karena akan menempuh perjalanan sekitar satu jam 30 menit menuju Belitung Timur. Di hari kedua melakukan tur keliling Belitung Timur setelah satu setengah jam akhirnya kami tiba di replika sekolah Laskar Pelangi.

Sekolah ini berdiri terseok di tanah tanpa ubin berdinding kayu berlubang. Sekolah ini menjadi replika SD Muhammadiyah yang digunakan untuk keperluan film Laskar Pelangi semua ditata sedemikian rupa sehingga mendekati kondisi aslinya.

Berada di desa Selingsing kecamatan Gantong, Belitung Timur, sekolah Laskar Pelangi adalah simbol dan gambaran sekolah dengan fasilitas minim dan serba tak layak. Meski demikian banyak sekali pesan moral dan semangat hidup pantang menyerah yang bisa kita ambil dari film ini. Laskar Pelangi bukan hanya menginspirasi semua orang tetapi telah menunjukkan jika fasilitas sekolah yang apa adanya atau biasa-biasa saja bisa melahirkan peserta didik yang luar biasa.

Setelah puas foto-foto kami pun melanjutkan perjalanan menuju Museum Kata Andrea Hirata  yang berada Jalan Laskar Pelangi di desa Linggang Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung.

 

Nuansa tempo doeloe sangat kental terasa, di dekat pintu yang terbuka ada pigura berisi pengumuman dalam dua bahasa indonesia dan inggris agar pengunjung melepas alas kaki karena museum tersebut beralas tikar. Di dalamnya beragam pernak-pernik seputar laskar pelangi sudah terpajang rapi.

Sebagai museum sastra pertama di Indonesia, museum ini berasal dari alokasi royalti novel yang sudah terbit di 25 negara. Setelah novelnya mendunia dan diadaptasi menjadi dua film layar lebar Andrea Hirata ingin melestarikan nilai positif dalam Laskar Pelangi dan itu diwujudkan lewat museum yang terletak di Jalan Laskar Pelangi nomor 7 itu.

Tak hanya kata-kata indera penglihatan yang dimanjakan dengan foto-foto Laskar Pelangi yang dirilis pada 2008. Andrea juga memamerkan lukisan baik karyanya sendiri maupun karya orang lain yang terinspirasi LP. Ada juga beragam alat musik yang menjadi bagian dekorasi museum yang dibangun di atas rumah melayu kuno yang konon berusia dua ratus tahun itu.

Suasana warung kopi melayu khas belitung juga tersedia Warkop Kupi Kuli di ujung museum. Suasana jadul sangat kental di warkop kupi kuli rasanya seperti mengunjungi rumah melayu kuno. Di pojok ruangan ada kompor arang yang memanaskan teko berisi kopi  cat pada dinding kayu dibiarkan mengelupas, radio kuno, lampu petromaks, iklan enamel serta sampul album  satria bergitar” rhoma irama turut menjadi pemanis warung kopi ini.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar