Review,  Review Buku

Man Jadda Wajada

Sharing is caring!

Man Jadda Wajada. Siapa yang bersungguh-sungguh akan sukses.

Membaca kata – kata sakti ini, diriku langsung melayang pada slogan yang kupegang zaman SD dulu, wuiiii… saat diriku sedang giat-giatnya mencari ilmu agama bersama teman – teman sepengajianku.

Ah… itu lain kali akan kuceritakan, cukup lama juga tertunda menulis review Negeri 5 Menara setelah sukses menyelesaikan membaca buku ini kurang dari 2 hari.  Diriku mendapatkan rekomendasi dari Nike untuk membaca buku ini. Hmmm… awalnya tidak tahu sama sekali jika buku ini akan berkisah tentang Pesantren dan istimewanya itu Gontor ( tempat dimana Sobri 7 tahun berada disana ).

Membaca buku ini seperti berada didalamnya, pasalnya penulisnya Ahmad Fuadi yang notabene pernah menjadi wartawan Tempo membuatnya lebih detail. Kesan kaku dari Pesantren pun sepertinya cair dalam novel ini. A. Fuadi sang penulis menceritakan Alif Fikri yang tinggal di daerah Danau Maninjau, Padang  bercita – cita menjadi seperti Habibie.  Namun sayang, Amaknya menginginkan anaknya masuk sekolah agama setelah lulus dari  Madrasah Tsanawisah (SMP). Akhirnya rencana  masuk  SMA dan melanjutkan kuliah ke ITB bersama teman sekaligus rivalnya, Randai batal.

Alif pun memilih untuk merantau ke tanah Jawa dan masuk Pondok Madani. Pesan utama novel ini adalah “man jadda wajada”, sebuah pepatah Arab yang berarti, “siapa yang bersungguh-sungguh akan sukses”. Pesan itu disampaikan lewat pelajaran yang diperoleh para tokoh dalam novel. Pelajaran bahwa apa pun bisa diraih selama didukung usaha dan doa. Selagi benar – benar bersungguh untuk mencapainya. Allah Maha mendengar dan mengetahui yang terbaik untuk umat-Nya.

Judul Buku : Negeri 5 Menara
Penulis : Ahmad Fuadi
Penerbit : Gramedia
Jumlah Halaman : 432 Halaman
Harga : Rp. 50.000
ISBN : 9789792248616

My rating: 4 of 5 stars

View all my reviews

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

9 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar