Uncategorized

Liga Sepakbola Indonesia dibeli Qatar National Bank

Sharing is caring!

Jelang kick off ISL 2015, pada 4 April 2015, secara mengejutkan PT Liga Indonesia resmi mengumumkan perubahan nama Indonesia Super League (ISL) menjadi Qatar National Bank (QNB) League.

Sumber: Goal

Publik sepakbola Indonesia tentu terkejut ketika kompetisi sepakbola tertinggi di negeri ini disponsori perusahaan perbankan asing, QNB (Qatar National Bank) Group resmi dan mengganti nama kompetisi Indonesia Super League (ISL) mulai musim ini hingga 2017 mendatang menjadi Qatar National Bank (QNB) League.

Berbagai alasan diutarakan oleh PT Liga Indonesia terkait perubahan nama kompetisi tersebut. QNB Group dikenal sebagai salah satu raksasa dunia perbankan global. QNB sendiri sudah menjadi sponsor klub Prancis, PSG dan badan sepakbola Asia, AFC.

Belum diketahui besaran dari kontrak sponsor dari QNB Group tersebut sehingga menjadi pemilik hak komersial eksklusif ISL. Namun jika memang  kebutuhan sponsor pendanaan kompetisi di Indonesia yang menjadi alasannya, begitu naifnya para petinggi sepakbola di Indonesia ini, yang kehilangan jati diri dengan mengganti nama kompetisi tertinggi di Indonesia.

Jujur secara pribadi saya sangat tidak setuju dengan pergantian nama kompetisi ini. Ketika nama Indonesia menjadi Qatar saja sudah mencerminkan sepertinya kompetisi sepakbola ini bukan milik Indonesia lagi, tapi melainkan milik Qatar.

Sebagai Warga Negara Indonesia dan pecinta sepakbola saya sangat sedih dengan hal ini. Indonesia-ku.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar