Kampung Cempaka Asian Games
ASIAN Games 2018,  Palembang,  Travelling

Kampung Asian Games Cempaka Palembang

Sharing is caring!

Kampung Asian Games 2018 menjadi milik warga Lorong Cempaka Palembang.  Kampung Cempaka Dalam , Jalan Batu Nilam Gang Masjid RT 18 Kelurahan 26 Ilir Kecamatan Bukit Kecil berhasil menjadi juara pertama lomba Kampung Hias Asian Games 2018 dengan menyingkirkan 71 kampung lainnya.

Youth Care Asian Games yang menginisiasi lomba ini sebagai bentuk Dukung Bersama pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

Sebelumnya sebanyak 72 kampung dari 18 kecamatan di Palembang beradu kreasi menghias kampung mereka menjadi kampung Asian Games 2018. Ada sekitar empat kampung dari satu kecamatan yang mengikuti lomba Kampung Hias Asian Games 2018 ini.

Kegiatan yang digagas oleh komunitas pemuda peduli Asian Games sebagai bentuk menyukseskan ajang olahraga terbesar di Asia. Sekaligus menjadi bukti dukungan masyarakat Palembang untuk perhelatan Asian Games ke 18/2018.

Adapun data pemenang lomba kampung hias Asian Games 2018 sebagai berikut:
Juara 1 : Kampung Jalan Cempaka Dalam Gang Masjid RT 18 Kelurahan 26 Ilir Kecamatan Bukit Kecil dengan total skor 287.
Juara 2 : Lorong Mari RT 2 RW 1 Kelurahan Talang Bubuk Kecamatan Plaju dengan total skor 267
Juara 3 : Kampung Jalan Taman Sari RT 2 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-Alang Lebar dengan total skor 243
Harapan 1 : Lorong Dimas Kampung Iklim RT 3 RW 1 Kelurahan Srimulia Kecamatan Sematang Borang dengan total skor 234
Harapan 2 : Kampung Jalan Talang Gading RT 6 dan 7 Kelurahan Kalidoni Kecamatan Kalidoni dengan total skor 231.

Para pemenang  juara pertama mendapat tiga ekor sapi, juara kedua dapat dua ekor sapi dan juara ketiga dapat satu ekor sapi dan harapan mendapatkan kambing.

View this post on Instagram

A post shared by Suzannita (@suzannita) on

Kampung Asian Games Cempaka Dalam Palembang

Saya datang mengunjungi kampung hias Asian Games Cempaka Dalam, Jalan Batu Nilam Gang Masjid RT 18 Kelurahan 26 Ilir Kecamatan Bukit Kecil Palembang pada hari terakhir penjurian. Lomba ini dimulai sejak 4 Mei hingga 7 Juni 2018 dan penilaiannya dilakukan pada 7-12 Juni 2018.

Awalnya Lorong Cempaka Dalam ini merupakan kawasan yang kumuh, selama satu bulan seluruh warga bersama-sama menyulap kampung mereka menjadi menarik. Mulai dari menghadirkan maskot Asian Games, Bhin Bhin, Athung dan Kaka termasuk juga bendera peserta Asian Games 2018.

Tidak lupa para warga juga mengecat rumah dengan warna-warni, membuat mural Asian Games di dinding dan lapangan bulu tangkis. Ternyata  kreativitas, kerapian dan antusias warga Cempaka Dalam ini berbuah hasil dengan membuat mereka menjadi jawara lomba Kampung Asian Games 2018.

Ada 6 komponen yang menjadi penilaian lomba kampung hias mulai dari kreativitas, antusias, kelengkapan, kerapian, kebersihan dan penghijauan. Tidak hanya faktor keindahan, juri juga melihat pemanfaatan barang bekas yang digunakan untuk menghias kampung ramah lingkungan ikut memberikan nilai tambah.

Cara Menuju Kampung Asian Games Cempaka Dalam

  1. Menggunakan kendaraan pribadi dengan masuk ke Jalan Batu Nilam (persis di sebelah Kantor Pos Kapten A. Rivai) lalu masuk sekitar 200 meter hingga tiba di Gang Masjid berada di sebelah kanan.
  2. Jika menggunakan kendaraan umum (angkot) mengambil jurusan Sekip-Ampera atau Perumnas-Ampera dan berhenti di depan Kantor Pos Kapten A. Rivai, bisa melanjutkan dengan naik becak.
  3. Menggunakan taksi online atau ojek online tuliskan tujuan perjalanan ke Jalan Batu Nilam, Gang Masjid.

Kampung Cempaka Asian Games

Hal yang bisa dilakukan di Kampung Cempaka Asian Games

  1. Foto-foto
  2. Bermain badminton bisa dilakukan pada sore dan malam hari
  3. Senam bersama setiap hari Jum’at pagi

Karena memang dinobatkan sebagai Kampung Asian Games sehingga  banyak kegiatan olahraga dilakukan disini. Kampung Asian Games ini akan menjadi destinasi wisata bagi para atlet dan wisatawan yang berkunjung ke Palembang.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar