Uncategorized

Indonesia Berprestasi, BISA!

Sharing is caring!

Bagaimana Indonesia di mata mu ? Bagus, Baik, Jelek atau Buruk ?.

Setiap orang memiliki pandangan tersendiri tentang Indonesia, apa pun yang dikatakan orang tentang Indonesia, saya tetap mencintai negeri ini. Karena bagaimanapun, saya terlahir sebagai orang asli Indonesia dengan Ayah Jawa dan Ibu campuran Maluku dan Palembang.

Hmmmm…

Ketika membaca artikel tulisan miliknya Pak Hasnul Suhaimi, refleksi tentang Indonesia begitu banyak, jangan melihat dari sisi negatif atau sisi jeleknya saja, marilah kita sama – sama berbesar untuk melihat banyak prestasi anak negeri yang mengharumkan nama merah putih.

Seperti para penerima IB Award 2010, kita bisa mencontoh apa yang mereka lakukan. Tentunya apa yang telah mereka lakukan dapat memacu dan memotivasi kita untuk ikut berprestasi dan memberikan karya terbaik kita bagi negeri ini.

Saatnya kita meningkatkan rasa optimisme, mulai dari melakukan dari hal yang terkecil, dan dari lingkungan sekitar kita serta tidak menunda waktu lagi.

Untuk menuju Indonesia berprestasi hal pertama yang kita lakukan seperti

  1.  Tingkatkan rasa nasionalisme.

Ayo seberapa besar rasa cinta-mu terhadap negeri ini.  Jika benar – benar memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, peduli terhadap sekitar. Dukung Merah Putih, di segala bidang.

Contoh: Teriakkan Indonesia dan dukung Timnas Indonesia di Piala AFF 2010, atau kampanyekan “Vote for Komodo:, dukung Komodo menjadi salah satu 7 keajaiban dunia.

  1.  Peduli.

Mulailah dengan melihat lingkungan sekitar, mengulurkan tangan dan memberikan bantuan untuk sesama di sekitar kita adalah sesuatu yang sangat  berharga.

Contoh: mulai dari menjaga kebersihan lingkungan, setidaknya tidak membuang sampah di sembarang tempat, menyingkirkan duri atau paku di jalanan adalah perbuatan mulia dan berpahala.

  1. Action.

Saatnya kita melakukan aksi nyata, jangan hanya bisa OMDO (omong doang) saja. Langkah kecil tetapi dilakukan setiap hari, akan menjadi langkah besar di kemudian hari, karena tanpa kita sadari, kita sudah jauh melangkah.

  1. Kreatif.

Orang-orang yang kreatif adalah orang yang senantiasa memiliki daya cipta terhadap segala sesuatu. Orang kreatif selalu bisa bertahan di segala macam kondisi. Kita mau menjadi orang yang biasa saja atau orang yang luar biasa tergantung dari pilihan.

Contoh: mulai melihat barang – barang milik kita yang bisa kita gunakan dan diubah menjadi sesuatu yang baru. Daripada dibuang dan hanya menjadi tambahan tumpukan sampah dan polusi bagi negeri ini.

  1. Perluas wawasan.

Semakin banyak ilmu yang kita terima, baik dari membaca, melihat dan mendengar akan menjadi wawasan yang akan menambah khazanah pemikiran kita.

  1. Perbanyak teman.

Teman akan mendatangkan rezeki, begitu banyak orang tua berkata. Mungkin kata itu tidak salah, karena dengan memperbanyak teman akan semakin menambah daftar relasi kita, dan akan  memberikan perhatian terhadap langkah, usaha dan perbuatan baik yang kita lakukan. Ajang promosi dari pertemanan juga oke loh.

  1. Berdo’a

Ini yang tidak kalah pentingnya, untuk mencapai kesuksesan kita membutuhkan peluru pelecut, yakni ridho dari Yang Maha Kuasa. Tentunya dengan ridho dari Yang Maha Kuasa dan orang tua, apa yang direncanakan akan dapat berjalan dengan baik dan memberikan kesuksesan untuk kita semua.

Saat ini , saya dan teman – teman sedang merencanakan melakukan aksi sosial tentang pendidikan terhadap anak – anak di pedesaan, dan meningkatkan gizi mereka.

Sebagian langkah kecil ini bisa kita lakukan untuk memberikan warna dan perubahan bagi negeri ini. dan di tahun mendatang, Indonesia akan lebih bersinar dan berprestasi.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar