Review,  Review Film

Green Zone Membuka Mata Penyebab Perang Irak

Sharing is caring!

Selalu ada kepentingan dibalik terjadinya sesuatu, terutama Perang. Begitupun dengan perang Irak, ada kepentingan besar dibalik runtuhnya kekuasaan Saddam Husein yang akhirnya dieksekusi mati dengan alasan menjadi penjahat perang.

Ingatanku kembali ketika mengikuti perkembangan perang Irak melalui Dunia Dalam Berita milik TVRI. Aku selalu mengikuti perkembangan terbaru perang tersebut bersama kakekku. Kalo boleh dibilang itu masih zaman SD.

Aku selalu bertanya kenapa Irak diperangi, apa salah Irak. Dan kakek berkata “Itu kerjaan orang-orang yang punya kepentingan dan duit”.Β Aku terdiam karena tidak mengerti. Dan tidak berniat bertanya lagi.

Semalam ketika menonton bersama Telly dan Gita (teman seangkatan di Puteri Sumsel 2006) dan Mbak Dona (teman sekerjaku dulu) akhirnya mataku terbuka lebar.

Entah film Green Zone yang diperankan Matt Damon ini merupakan cerita kenyataan sebenarnya alasan terjadinya perang Irak atau hanya sekedar cerita belaka.

Film ini menceritakan Miller (Matt Damon) yang merupakan kepala pasukan khusus yang ditugaskan di Irak untuk mencari WMD (Weapons of Mass Destruction) alias senjata pemusnah massal.

Rasa curiga muncul karena setiap selesai menjalankan misinya tersebut dengan menyisir beberapa tempat yang dicurigai, Miller tak pernah berhasil menemukan WMD.

Merasa kesal karenaselalu menjalankan misi dengan hasil tangan kosong, Miller merasa ada yang tidak beres dengan badan intelejen dengan memberikan informasi palsu.

Ternyata Miller pun tidak sendiri, kepala CIA di Bagdad, Martin Brown (Brendan Gleeson) juga merasakan hal yang sama. Akhirnya mereka berdua sepakat untuk menemukan fakta yang sebenarnya terjadi.

Dan finally kenyataan sebenarnya terkuak…

Diriku menyayangkan kenapa perang ini harus terjadi, begitu banyak nyawa yang melayang karena perang, begitu banyak uang habis terkuras karena hanya kepentingan ego semata.

Semoga selalu ada perdamaian di negeri ini dan tak ada lagi perang…

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar