Skip to toolbar
Travelling

Bunga Matahari dan Manfaatnya

20130623-004139.jpg

 

Bunga matahari memiliki filosofi kesetiaan. Hal ini karena terlihat dari fisik bunga matahari, penampang bunga terlihat selalu setia mengikuti kemana arah matahari bersinar. Selain itu warna kuning pada bunga ini identik dengan arti kehangatan dan kebahagiaan.

Bunga yang memiliki nama latin Helianthus Annuus L merupakan bunga milik keluarga Asteraceae (kenikir). Salah satu bunga yang memiliki bentuk yang khas, berwarna kuning cerah, serta fisik bunga yang besar ini tidak berdiri sendiri menjadi bunga majemuk karena terdapat bunga-bunga kecil di sekitarnya.

Bunga matahari sangat menarik dan unik karena selalu menghadap matahari atau disebur juga heliotropisme. Tidak hanya menjadi bunga hias, bunga matahari juga punya segudang manfaat, mulai dari bisa untuk produksi minyak hingga menghasilkan biji yang bisa dikeringkan. Sehingga banyak yang senang dengan bunga matahari.

Bunga nan indah ini ternyata memiliki banyak manfaat diantaranya:

Manfaat biji bunga matahari

Biji bunga matahari merupakan sumber nutrisi yang baik, yang mengandung vitamin E yang juga dikenal sebagai gamma-tocopherol. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang ditemukan dalam banyak kacang-kacangan dan biji-bijian, salah satunya adalah semangka. Fungsi antioksidan yang terkenal adalah untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas di dalam tubuh.

Karena kandungan zat yang ada didalamnya bisa menurunkan kolesterol LDL selain itu bisa mencegah hipertensi.

1. Membantu melawan osteoporosis dan kram otot
Magnesium yang tinggi yang terkandung didalam dalam biji bunga ini bisa menyeimbangkan mineral dalam tubuh serta bisa mencegah tulang keropos termasuk mengurangi sakit kepala kronis, sembelit dan otot yang kram.

2. Membantu menjaga kesehatan kulit
Dalam berbagai penelitian  antioksidan dan vitamin E di biji bunga ini sangat baik untuk menjaga kulit tetap lembut dan sehat. Kandungan lipid asam lemak esensial bisa memberikan perlindungan bagi kulit dari polusi dan kerusakan akibat sinar matahari serta bisa menjaga kulit selalu terhidrasi.

3. Mencegah diabetes
Nutrisi didalamnya bisa menghentikan kenaikan gula darah yang biasa dialami oleh orang yang diet terlalu tinggi gula, biji-bijian olahan, minuman manis, dan makanan olahan. Selain itu kandungan magnesium bisa memberikan  perlindungan terhadap penderita  diabetes tipe 2.

Manfaat minyak biji bunga matahari

Berdasarkan riset di AS ternyata minyak bunga matahari bermanfaat bisa mengurangi risiko penyakit jantung termasuk juga bisa menjaga berat badan agar tetap seimbang. Karena minyak bunga ini mengandung lemak tak jenuh dan asupan padat nutrisi.

Ekstrak biji bunga matahari diproses minyak yang biasanya digunakan sebagai obat sembelit termasuk untuk bahan makanan. Ada manfaat yang bisa didapatkan dari minyak ekstrak bunga matahari:

1. Anti-inflamasi
Jerawat terjadi ketika ada minyak berlebih di folikel di bawah kulit dan terinfeksi oleh bakteri. Vitamin A, C, D, E, dan asam lemak esensial yang ditemukan dalam minyak biji bunga matahari akan memberikan lapisan pelindung, yang mencegah kulit dari terhubung dengan bakteri. Karena itu, minyak bunga matahari juga berfungsi sebagai obat yang efektif melawan jerawat, dan penggunaan minyak ini bisa dioleskan langsung ke kulit.

2. Kaya akan omega 6
Setiap 1 sendok makan minyak bunga matahari mengandung setidaknya 8,9 gram asam linoleat, yang merupakan enam asam lemak tak jenuh ganda (omega-6). Menurut Linus Pauling Institute, jenis lemak ini merupakan bagian penting dari diet sehat. Untuk mendapatkan manfaat omega-6 kita membutuhkan 11 hingga 14 gram omega-6 per hari.

Foto diambil di Grand Elty Krakatoa Nirwana Resort, Kalianda, Lampung.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

2 Comments

  • oxford travel shop

    hi!,I really like your writing so much! proportion we communicate extra about your post on AOL? I require a specialist on this area to solve my problem. May be that is you! Looking ahead to look you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com