Uncategorized

Berbahayakah Legalisasi Ganja

Sharing is caring!

Berbahayakah Legalisasi Ganja
Ganja kering

Wacana legalisasi ganja kini mencuat bersamaan dengan peringatan Global Marijuana March yang jatuh awal Mei. Global Marijuana March juga diperingati di 255 kota di seluruh dunia.

Mayoritas negara di dunia tetap menganggap ganja sebagai golongan narkotika, namun Belanda melegalkan konsumsi tanaman bernama latin Cannabis Sativa tersebut di lokasi tertentu.

Bahkan Belanda menggelar Cannabis Cup (Festival Ganja). Festival ini diselenggarakan selama lima hari di Amsterdam. Selama festival berlangsung, para pecandu ganja secara bersama-sama menikmati daun ganja varietas terbaru, dan mendiskusikan guna mencari cara agar konsumsi daun ganja dilegalkan. Turis pun dapat berpartisipasi sepuasnya.

Berbahayakah Legalisasi Ganja
Cannabis Cup (Festival Ganja), Belanda

Sayangnya pola pikir masyarakat Indonesia berbeda dengan masyarakat Belanda yang lebih cenderung disiplin terhadap aturan.

UU Narkotika tahun 2009 menetapkan ganja sebagai narkotika golongan I, yang bersifat adiktif dan berbahaya bagi pemakainya.

Memang untuk beberapa wilayah di Indonesia, ganja digunakan sebagai penyedap masakan layaknya penyedap masakan instan. Bahkan di Aceh, ganja digunakan untuk campuran sayuran serta kopi. Bagi mereka rasanya ada yang kurang jika tak memasukkan ganja.

Berdasarkan penelitian tenyata dibalik bahaya ganja  bagi kesehatan psikis. Meski tidak membunuh, tapi membuat orang sakit jiwa. Ternyata ganja memiliki manfaat diantaranya :

– Ganja bisa digunakan sebagai bahan baku tekstil, seperti tali, kertas.

– Biji ganja dan minyak yang terkandung di dalamnya juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan medis yang bisa di pergunakan membunuh sel kanker.

– Masyarakat Aceh biasa menggunakan daun ganja sebagai bagian dari rempah-rempah untuk bumbu penyedap masakan.

Memang membutuhkan kajian mendalam dan sikap yang arif menyikapi permasalahan ini. Jika mudharat ganja lebih besar dari manfaatnya lebih baik ganja tetap dilarang penggunaannya.

Bagaimana sikap anda?

Sumber  : dirangkum dari berbagai sumber

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

28 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar