5 Tips Skincare Sebelum Traveling: Jangan Lupakan Hal Ini

Persiapan skincare sebelum traveling sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan glowing. Berdasarkan pengalaman saya, ternyata penting sekali melakukan skincare sebelum traveling. Agar kulit oke selama traveling, sehingga kita semakin percaya diri selama jalan-jalan.

Tentu gak mau kan, tiba-tiba kulit breakout, jerawatan, kering selama jalan-jalan. Karena saat kulit bermasalah akan mempengaruhi mood dan jalan-jalan pun jadi gak menyenangkan.

Kulit yang terawat saat traveling semuanya berawal dari bagaimana kita melakukan rutinitas skincare sebelum traveling. Yuk simak tips skincare sebelum liburan agar kulit tetap terawat selama perjalanan.

Wisata di Spiti Valley

Tips Skincare Sebelum Traveling: Apa yang Harus Dilakukan?

Apakah kalian sedang merencanakan liburan? Jangan lupakan ya, selain mempersiapkan itinerary dan pakaian, skincare sebelum traveling juga sangat penting! Perjalanan, terutama dengan pesawat atau di daerah beriklim ekstrem, bisa membuat kulit menjadi kering, kusam, atau bahkan berjerawat. Sehingga merencanakan rutinitas perawatan kulit sebelum dan selama liburan harus menjadi prioritas.

Saya ingat betul pengalaman pertama traveling ke India pada pertengahan 2023 dan awal tahun 2024. Begitu semangat, saya lupa membawa produk skincare penting dan hasilnya? Kulit saya pecah-pecah karena perubahan cuaca yang drastis. Sejak saat itu, saya selalu menyusun rencana skincare sebelum traveling dengan matang.

Baca juga : Merawat Kulit Saat Traveling

Berikut ini adalah beberapa tips skincare sebelum traveling yang bisa kalian ikuti agar kulit tetap glowing dan sehat selama liburan ya.

1. Persiapan Dua Minggu Sebelum Traveling

Jangan menunggu sampai sehari sebelum keberangkatan untuk memikirkan skincare. Dua minggu sebelum perjalanan adalah waktu yang tepat untuk mulai mempersiapkan kulitmu.

  • Eksfoliasi Rutin

Lakukan eksfoliasi kulit satu hingga dua kali seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat. Pilih eksfoliator yang lembut dan tidak terlalu abrasif agar tidak mengiritasi kulit.

  • Tingkatkan Hidrasi

Kulit yang terhidrasi dengan baik akan lebih siap menghadapi perubahan cuaca atau suhu ekstrem saat traveling. Gunakan serum dan pelembap yang kaya akan bahan-bahan hidrasi seperti hyaluronic acid atau ceramides.

  • Masker Wajah

Tambahkan perawatan masker wajah dalam rutinitas mingguanmu. Masker yang menghidrasi atau menenangkan akan memberikan kulitmu kelembapan ekstra yang dibutuhkan.

Merawat kulit saat traveling

2. Skincare Ukuran Minimalis Saat Packing

Saat traveling, kamu tidak perlu membawa seluruh koleksi skincare yang ada di rumah. Kemas produk-produk esensial yang tetap menjaga kulit dalam kondisi terbaik. Ingat, ruang di tasmu terbatas, jadi hanya bawa yang benar-benar diperlukan.

  • Cleanser

Gunakan pembersih wajah yang lembut dan efektif menghilangkan kotoran serta minyak tanpa membuat kulit kering. Pilih dalam bentuk travel size agar mudah dibawa.

  • Moisturizer

Pelembap adalah senjata utama melawan kulit kering selama perjalanan. Pilih pelembap yang ringan tapi tetap memberikan hidrasi maksimal.

  • Sunscreen

Jangan lupa tabir surya! Sunscreen adalah produk wajib yang harus kamu pakai setiap hari, terutama saat traveling ke tempat dengan paparan sinar matahari yang tinggi.

  • Sheet Mask

Bawa beberapa lembar sheet mask untuk digunakan saat merasa kulitmu perlu ekstra hidrasi atau soothing di malam hari setelah seharian beraktivitas.

Tips Skincare Sebelum Traveling

3. Fokus pada Perlindungan Kulit

Kalau kalian mau bepergian ke tempat yang dingin atau panas, perlindungan kulit harus jadi fokus utama kalian ya. Kondisi ekstrem bisa membuat kulit jadi sensitif dan mudah teriritasi. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  • Lindungi Kulit dari Matahari

Selain sunscreen, pastikan kamu membawa topi lebar dan kacamata hitam untuk melindungi wajah dari sinar UV langsung.

  • Atasi Udara Kering

Kalau kamu terbang dengan pesawat, udara di dalam kabin biasanya sangat kering. Bawa face mist untuk menyegarkan wajah saat merasa kulit mulai kering selama perjalanan.

  • Lip Balm dan Hand Cream

Jangan lupakan perawatan bibir dan tangan. Perubahan suhu bisa membuat bibir pecah-pecah dan kulit tangan kering. Bawa lip balm dengan SPF dan hand cream yang kaya nutrisi.

4. Skincare Saat Traveling

Selama traveling, terutama saat kamu terbang atau menggunakan transportasi jarak jauh, kulit bisa cepat kehilangan kelembapan. Ini adalah saat yang tepat untuk menjaga hidrasi secara konsisten.

  • Re-apply Sunscreen

Jika kamu banyak berada di luar ruangan, pastikan untuk mengaplikasikan ulang sunscreen setiap 2-3 jam.

  • Hidrasi dari Dalam

Selain perawatan luar, jangan lupa untuk minum banyak air agar kulit tetap terhidrasi dari dalam. Hindari konsumsi alkohol atau kafein yang bisa membuat kulit lebih cepat kering.

  • Touch-Up dengan Face Mist

Saat merasa kulit mulai terasa kaku atau kusam, gunakan face mist dengan bahan-bahan menenangkan seperti aloe vera atau rose water untuk menyegarkan wajah seketika.

5. Perawatan Kulit Saat Kembali dari Traveling

Setelah kembali dari liburan, berikan perawatan ekstra pada kulit untuk memulihkannya dari berbagai tekanan yang mungkin dialami selama perjalanan. Lakukan eksfoliasi ringan untuk membersihkan kulit dari kotoran yang menumpuk dan oleskan masker wajah yang menutrisi agar kulit kembali cerah dan glowing.

Skincare Saat Traveling

Skincare Adalah Kunci Saat Traveling

Rencana skincare sebelum traveling adalah bagian penting dari persiapan perjalanan. Jangan anggap remeh perawatan kulit saat bepergian, karena kulit yang terawat akan membuatmu merasa lebih percaya diri dan nyaman sepanjang liburan. Selalu ingat untuk menjaga hidrasi kulit, melindungi dari sinar UV, dan hanya membawa produk-produk esensial yang benar-benar kamu butuhkan.

Jadi, sudah siap menjaga kulitmu tetap glowing selama liburan? Apa tips skincare sebelum traveling yang kalian lakukan.

Jangan lupa share tips skincare sebelum traveling di kolom komentar! Sudah punya produk favorit yang selalu kamu bawa? Bagikan pengalaman skincare travel kamu dengan kami!

Related Posts

  • 75
    Produk Skincare Esensial yang Wajib Dibawa Saat TravelingRangkaian produk skincare traveling friendly yang wajib dibawa saat bepergian, akan membantu kita bisa merawat kulit dengan baik. Ada beberapa  produk skincare traveling friendly yang wajib dibawa saat traveling untuk…
    Tags: kulit, dan, traveling, yang, saat, untuk, skincare, atau
  • 62
    Make Up Sehari-hari Yang Simple dan FreshMake up sehari-hari yang simple dan fresh bisa dilakukan oleh siapa saja. Kunci make up natural adalah dengan menjaga kesehatan kulit. Make Up Sehari-hari yang Simple dan Fresh: Menjaga Kesehatan…
    Tags: yang, dan, kulit, untuk, atau
  • 62
    Perawatan Kulit Praktis dengan Gagdet KecantikanPerawatan kulit praktis dengan gagdet kecantikan akan membantu jalan-jalan kita jadi lebih nyaman. Merawat kulit traveling sangat penting dilakukan. Apalagi untuk tempat yang belum pernah kita datangi. Dan cuacanya berbeda…
    Tags: kulit, dan, yang, traveling, untuk
  • 56
    Tips Melindungi Kulit Saat Water SportAtraksi water sport sangat menyenangkan dilakukan, tapi jangan sampai kulit jadi gosong. Ini tips melindungi kulit saat water sport jadi no drama lagi ya. Menikmati Atraksi Wisata Air: Tips Melindungi…
    Tags: yang, dan, kulit, untuk, atau, saat
  • 56
    Traveling on Budget, Ini Tips Jalan-Jalan HematTraveling on Budget, emang bisa, ya bisa dong. Kuncinya jalan-jalan hemat adalah semua tergantung dari pilihan kitatra, apakah akan berlibur saat musim liburan, tinggal di hotel, makan di restoran dan…
    Tags: yang, dan, untuk, atau, traveling

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com