Indonesia,  Lifestyle,  Palembang,  Travelling

Wisata ke Taman Rusa Jakabaring Sport City Palembang

Sharing is caring!

Wisata ke Taman Rusa Jakabaring Sport City Palembang menjadi salah satu yang bisa dilakukan jika ke kompleks olahraga terpadu ini. Agar semakin nyaman nyaman dikunjungi bersama keluarga, Jakabaring Sport City kedatangan rusa-rusa cantik dari Istana Negara, Bogor. Rusa ini adalah hadiah tahun baru dari Istana. Tentunya kehadiran rusa tersebut bisa menjadikan kompleks olahraga ini semakin nyaman.

Kehadiran atraksi wisata baru, Taman Rusa Jakabaring Sport City, Palembang ini tentunya bisa menjadi salah satu pilihan masyarakat Palembang ataupun pengunjung yang datang ke Palembang, untuk bisa bersantai dan berwisata di JSC.

Sebelumnya di Palembang, untuk bisa melihat rusa, masyarakat datang ke Kompleks PT. Pusri. Disini juga terdapat puluhan rusa yang sengaja dihadirkan untuk memberikan hiburan bagi warga Kompleks PT. Pusri ataupun pasien dan pengunjung RS. Pusri.

Rusa-rusa berwarna cokelat bertotol putih ini sangat lucu seperti rusa yang biasa kita lihat di film kartun Bambi. Ada 4 ekor rusa betina dan 4 ekor rusa  jantan. Bahkan ada rusa jantan yang sudah lengkap tanduknya. Selain itu ada juga bayi rusa yang masih disusui ibunya.

Rusa-rusa ini ditempatkan di kawasan Jakabaring Sport City tepatnya di danau dekat venue aquatik persis di sebelah Kitchen Garden Tim PKK Sumsel. Di Taman Rusa Jakabaring Sport City, kita bisa melihat rusa dari luar kandang, namun rusa-rusa ini kadang mendekat dan kita bisa memberikan makan rusa tersebut.

Rusa totol ini memang bukan hewan asli Indonesia. Sebenarnya ada jenis menjangan, rusa Bawean (Axis Kuhli), Rusa Timor (Cervus Timorensis) atau Sambar (Cervus Unicolor) yang merupakan fauna asli di Indonesia. Jika melihat sejarah, pada tahun 1814, Gubernur Jenderal Inggris; Thomas Stanford Raffles membawa rusa totol ini ke Indonesia dari habitat asalnya di India dan Srilanka.

Para pengunjung bisa melihat secara langsung bahkan bisa memberi makan rusa. Tentunya ini bisa jadi aktivitas yang asyik, apalagi kalau dilakukan bersama keluarga. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke kebun binatang. Pastikan juga kamera ataupun handphone standby karena kita bisa mendapatkan spot-spot yang bagus untuk berfoto bersama sang rusa ini.

Kehadiran sang rusa ini tentunya semakin menambah daya tarik pengunjung ke Jakabaring Sport City. Saya sendiri tidak mau menyia-nyiakan kesempatan dan langsung mengunjungi JSC. Masyarakat Palembang banyak yang langsung datang berkunjung untuk melihat secara langsung rusa-rusa tersebut. Bahkan ada yang sengaja datang membawa wortel dari rumah, hanya untuk memberi makan rusa.

Meski kompleks tempat rusa ini dipagar, namun karena luas kita bisa melihat rusa-rusa ini berlarian kesana kemari.  Hal ini menjadi hiburan tersendiri bagi warga sekitar.

Jika datang ke Kompleks Jakabaring Sport City, sempatkan untuk berhenti di danau tempat rusa ini ditempatkan. Selain bisa melihat langsung sang rusa, kita bisa merasakan bagaimana sensasi memberi makan rusa langsung dari tangan sendiri. Jangan khawatir, rusa ini sudah begitu jinak sehingga tidak membahayakan pengunjung.

Selain itu ada yang harus diperhatikan juga, untuk bisa melihat aktivitas rusa-rusa ini para pengunjung sebaiknya datang di waktu pagi hari atau sore hari. Karena saat di siang hari, para rusa-rusa ini beristirahat sehingga pengunjung tidak bisa melihat rusa-rusa tersebut beraktivitas di kawasan danau buatan tersebut.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar