Indonesia,  Palembang,  Sports,  Travelling

Wisata dan Olahraga di Jakabaring Sport City

Sharing is caring!

Kota Palembang patut berbangga karena memiliki kompleks olahraga terbesar di Asia Tenggara. Jakabaring Sport City menjadi saksi dihelatnya berbagai pesta olahraga, mulai dari PON 2004, Sea Games 2011, Islamic Solidarity Games , Islamic Solidarity Games (ISG) 2013, ASEAN University Games (AUG) 2014 hingga tuan rumah Asian Games 2018. Tak dapat dipungkiri jika Palembang semakin dikenal sebagai kota olahraga.

Kompleks olahraga terpadu Jakabaring Sport City (JSC) Palembang ini menjadi anugerah tersendiri bagi Palembang. Jika melihat ke belakang, kawasan Jakabaring sebelum memiliki Jakabaring Sport City, merupakan kawasan rawan kejahatan. Namun kini menjadi kawasan olahraga terbaik se-ASEAN yang didalam kawasan ini terdapat belasan venue olahraga bertaraf internasional.

Jakabaring

Jakabaring Sport City merupakan magnet bagi pengunjung untuk datang ke Palembang, karena selain Jembatan Ampera, Sungai Musi dan Pempek. Kini Palembang memiliki tempat untuk berfoto-foto, bersantai bersama keluarga ataupun untuk berolahraga.

Jakabaring

Kawasan Jakabaring Sport City ini berdiri setelah desakan sebagai tuan rumah PON 2004 agar Palembang memiliki kawasan olahraga terpadu. Dan momentum Sea Games 2011 yang akhirnya melecut Palembang menjadikan Jakabaring sebagai kawasan elite dan modern. Dan bisa dilihat kini semakin banyak gedung dan mall berdiri di Jakabaring. Jadi bukan tanpa alasan baik wisatawan lokal maupun turis mancanegara mendatangi kawasan seluas 700 hektar ini.

Jakabaring

Hal Yang Bisa Dilihat di Jakabaring Sport City

Jakabaring

Hal utama yang bisa dilihat di Jakabaring Sport City adalah Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, home base klub sepakbola asal Palembang, Sriwijaya FC. Banyak pengunjung yang datang hanya untuk bisa melihat dan foto-foto dengan para pemain SFC yang sedang berlatih.

Jakabaring

Selain Gelora Sriwijaya Jakabaring, di kawasan Jakabaring Sport City juga terdapat beragam fasilitas mulai dari Gedung Sport Science Centre, Wisma Atlet, Kompleks Lapangan Tenis Bukit Asam, Lapangan Khusus Atletik Termegah Se Indonesia, Aquatic Center yang konon adalah kolam renang terbaik di Asia Tenggara, Shooting Range, stadium menembak terbaik kedua di Asia setelah Korea Selatan.

Jakabaring

Ada juga Lapangan Voli Pantai, Arena Panjat Tebing tertinggi se Asia Tenggara, hingga Danau buatan sebagai venue olahraga air “Water Sky Sport”.

Jakabaring

Tak hanya fasilitas olahraga yang bisa temui, di kawasan Jakabaring Sport City ini banyak sekali taman-taman, pohon-pohon hijau dan kanal-kanal cantik yang dibuat mengelilingi kompleks Jakabaring Sport City dan bermuara di Danau buatan.

Jakabaring

Untuk bisa masuk kawasan Jakabaring Sport City, pengunjung cukup membayar Rp. 5.000,- untuk roda dua dan Rp. 10.000,- untuk roda empat dan langsung bisa berkeliling kompleks olahraga tersebut. Tidak heran jika masyarakat Palembang berbondong-bondong datang berwisata ke Jakabaring Sport City Palembang. Karena murah meriah dan menyenangkan, mulai dari pasangan muda mudi hingga keluarga.

Jakabaring

Cara ke Jakabaring Sport City

Kawasan Jakabaring Sport City terletak hanya 20 menit dari pusat kota atau sekitar 45 menit dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Ada banyak alternatif transportasi menuju JSC, mulai dari kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil, angkutan umum seperti Taksi, TransMusi, angkot, bajaj hingga ojek.

Jakabaring

Kalau menyewa kendaraan sendiri juga sangat muda untuk tiba di Jakabaring Sport City. Cukup melintasi Jembatan Ampera dan langsung lurus saja hingga tiba di bundaran air mancur Parameswara yang berada persis di depan JSC.

Hal Yang Bisa Dilakukan di Jakabaring Sport City

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di kawasan Jakabaring Sport City. Setelah puas melihat venue olahraga, pengunjung juga bisa bersantai di kawasan Danau Jakabaring Sport City. Kawasan JSC ini juga sering dijadikan tempat photoshoot prewedding.

Jakabaring

Kebanyakan pengunjung betah menghabiskan waktu di danau ini, selain foto-foto, pengunjung juga bisa menikmati indahnya sunset disini. Venue ski air ini memang menjadi  tempat para pemburu sunset di Palembang. Bahkan danau buatan ini kini menjadi destinasi pilihan menikmati indahnya matahari yang terbenam di ufuk barat.

Jakabaring

Kawasan Jakabaring Sport City ini sangat segar karena banyak pepohonan, tidak heran kawasan ini pun adalah primadona di Jakabaring Sport City. Dan saat akhir pekan tiba, danau ini paling ramai dikunjungi. Ada banyak permainan yang bisa dilakukan di Jakabaring Sport City mulai dari becak mini, scooter listrik, perahu bebek, hingga sepeda gandeng dengan tarif Rp 10.000,- hingga Rp 30.000,-. pengunjung sudah bisa menikmati permainan tersebut.

Jakabaring

Setelah puas berkeliling JSC, saatnya menikmati aneka jenis kuliner yang ada disini, ada banyak pedagang yang menjual makanan dan minuman, seperti pempek, bakso, batagor hingga es kacang merah. Ada juga pengunjung yang membawa makanan dari rumah. Kawasan yang tidak pernah sepi pengunjung ini dan semakin banyak diakhir pekan, membuat banyak pedagang ikut mendulang rezeki di JSC.

Jakabaring

Jakabaring Sport City bukanlah kompleks olahraga terbesar dan terpusat se ASEAN saja tapi pilihan destinasi wisata di Palembang. Ayo siapkan tiket ke Palembang. Ayo berwisata ke Jakabaring Sport City Palembang :D.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar