Skip to toolbar
Pinjaman Online Aman
Lifestyle,  Tips

Ciri-ciri Aplikasi Pinjaman Online Aman

Saat ini banyak orang membutuhkan dana cepat dengan proses yang cepat, aman serta tidak repot. Seperti mencoba pinjaman online aman tapi akhirnya tertipu pinjaman rentenir online. Sehingga di tengah pesatnya perkembangan teknologi saat ini tentu kita semua harus meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati. Apalagi jika ingin meminjam dana. Apalagi saat ini banyak lembaga keuangan, yang berlomba-lomba dalam menawarkan pinjaman dana dalam jaringan. Tentunya dengan hal yang menggiurkan membuat banyak orang tertarik.

Sebagai fasilitas peminjaman uang secara online, tentu pinjaman online ini menjadi daya tarik tersendiri, karena sang peminjam tidak perlu repot-repot datang ke kantor kreditur secara langsung. Cukup berbekal surat pengajuan yang dilakukan secara online. Jika seluruh persyaratan yang dibutuhkan dapat dipenuhi, dalam hitungan menit, dana segar sudah di tangan.

Pinjaman Online Aman
Pinjaman Online Aman

Ciri-Ciri Aplikasi Pinjaman Online Aman

Sebelum melakukan pinjaman dana secara online, kita harus memperhatikan beberapa hal untuk menghindari resiko yang tidak dinginkan dan berbalik malah bisa merugikan diri kita. Sehingga meskipun proses pengajuan pinjaman secara online ini mudah dan cepat, tapi itu bukan menjadi alasan gegabah dalam menentukan pinjaman online aman atau tidak.

Berikut ciri-ciri pinjaman online aman:

1. Terdaftar di OJK 

Hal yang paling penting yang harus diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman online adalah apakah perusahaan tersebut berdiri di bawah naungan institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga semua transaksi dari segi keamanan data nasabah tidak perlu diragukan lagi.

2. Bunga tidak lebih dari 1% per hari

Selain memperhatikan kredibilitas pihak pemberi pinjaman online, tentu harus diperhitungkan nilai bunga dari pinjaman online.  Sebaiknya pertimbangkan hanya memilih perusahan yang memberikan bunga tidak lebih dari 1% per hari. Karena biasanya perusahaan pinjaman online memberlakukan sistem bunga harian.

Bunga pinjaman yang nilainya lebih dari 1% per hari, tentu akan sangat memberatkan kreditur. Bahkan, ada pihak penyedia pinjaman yang memberikan bunga hanya 0,16% per hari. Pastikan untuk memeriksa dengan benar sebelum melakukan pinjaman. Sehingga dengan bunga pinjaman yang rendah, peminjam tidak akan merasa diberatkan mengembalikan pinjaman dan tentunya hal ini bisa memperkecil risiko kredit macet.

Pinjaman Online Aman
Pinjaman Online Aman

3. Tidak ada biaya sebelum dana pinjaman cair

Hal yang perlu diperhatikan jika layanan pinjaman online yang terdaftar sah tidak akan meminta biaya lain sebelum dana pinjaman dicairkan. Jika ada biaya administrasi yang ditetapkan dan disepakati bersama akan dipotong setelah proses kredit cepat selesai.

Sehingga sebelum melakukan proses selanjutnya sebaiknya tanyakan secara jelas mekanisme biaya tambahan yang harus dibayar selain biaya administrasi seperti biaya provisi, asuransi, dan biaya lainnya. Jika menemukan pemberi pinjaman meminta biaya lain sebelum dana cari, hal ini bisa dilaporkan kepada pihak berwenang seperti situs pengaduan konsumen OJK atau Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

4. Tidak ada paksaan saat melakukan pinjaman

Satu hal yang diperhatikan lagi adalah sebelum mengajukan pinjaman dana secara online, selain tentang kredibilitas, bunga, tenor atau jangka waktu pembayaran serta biaya-biaya lain. Pastikan tidak ada paksaan saat akan melakukan pinjaman. Karena perusahaan yang terdaftar, tidak akan menarik-narik atau memaksa seseorang untuk meminjam dari perusahaannya.

Biasanya cara seperti ini dilakukan oleh para renternir online. Jadi, jika ada pihak yang menghubungi terkesan memaksa sebaiknya cari pihak penyedia pinjaman online yang lain.

Tentunya dengan memperhatikan hal ini bisa menghindari risiko pinjaman online. Salah satu perusahaan pinjaman online seperti Tunaiku bisa menjadi pilihan. Tunaiku adalah situs pinjaman online pertama di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2014. Tunaiku salah satu produk dari Amar Bank, institusi finansial bank resmi d Indonesia yang sudah beroperasi pada tahun 1991. Selain di bawah naungan bank resmi, Tunaiku dan Amar Bank juga berdiri di bawah bendera perusahaan multinasional yaitu Tolaram Group. Karena berada di bawah naungan bank, KTA online di Tunaiku aman terpercaya dan kemudahannya.

tunaiku

Untuk fleksibilitas, Tunaiku juga cukup berbeda karena menyediakan fasilitas tenor yang sangat panjang yaitu maksimum 20 bulan dengan limit hingga 20 juta rupiah berbeda dengan situs fintech yang lebih banyak memberikan limit kecil dan tenor pendek.

Tunaiku juga menawarkan syarat dan pengajuan lebih mudah dibanding layanan KTA tradisional yang biasanya membutuhkan agunan serta banyak dokumen saat proses pengajuan KTA online maupun offline. Di Tunaiku hanya menyediakan layanan kredit pinjaman online tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit, serta proses pengajuan KTA yang hanya bermodalkan KTP dan 10 menit waktu Anda untuk pengisian formulir.

Related Posts

  • 37
    Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Untuk BisnisDalam membangun bisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Adakalanya roda bisnis berada di atas, namun tidak jarang akhirnya terpuruk berada di bawah dan membutuhkan pinjaman modal usaha untuk mendongkrak roda bisnis agar kembali bergerak. Saya memiliki pengalaman saat memulai bisnis hijab karena kekurangan modal akhirnya bisnis yang baru dimulai itu…
    Tags: pinjaman, yang, dan, online, cara

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com