Penting, Segera Perbaiki Salah Nama di Passport

Sharing is caring!

Bagi yang memiliki nama yang berbeda di KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran ataupun Passport, penting untuk segera perbaiki salah nama sekarang juga. Pengalaman yang tidak terlupakan harus saya rasakan karena kecerobohan dan ketidak tahuan saya.

Berawal dari saya yang ingin membuat e-passport, akhirnya saya harus melalui proses Berita Acara Pemeriksaan. Awalnya saya tidak pernah terpikirkan jika salah nama saya di passport bisa berujung seperti ini. Padahal dua passport lama saya tersebut sudah saya gunakan ke berbagai negara.

Bagi mereka yang mengalami masalah terkait passport baik salah nama karena salah ejaan (salah huruf, spasi maupun tanda petik), passport hilang atau duplikasi dokumen passport harus melalui proses BAP atau Berita Acara Pemeriksaan. Proses ini berupa wawancara investigasi, sehingga kita harus berhadapan dengan penyidik.

Jadi bagi kalian yang mengalami hal yang sama seperti saya, sebaiknya segera lakukan perbaikan di kantor Imigrasi daripada nanti menyesal ya. Ada kasus seseorang yang umrah dengan menggunakan passport nama yang salah, saat mau umrah lagi menggunakan passport nama yang benar, malah ditolak masuk.

Passport pertama
Endorse Nama Passport Pertama

Saya sendiri karena membuat passport secara kolektif dari kantor di tahun 2007, saya hanya datang saat foto. Saat passport diterima ternyata salah nama. Di hari yang sama saya melaporkan hal tersebut, tapi keesokan harinya hanya di endorse saja, perubahan akan dilakukan di passport kedua. Sayangnya di passport kedua masih sama saja, padahal sejak awal proses perpanjangan sudah diwanti-wanti saya mau melakukan perubahan nama karena salah nama. Akhirnya lagi-lagi hanya di-endorse dan akan diperbaiki di passport ketiga.

Passport Kedua

Nah kali ini secara khusus saya akan membahas tentang proses BAP perubahan data passport. Bagi pemilik passport yang masa berlakunya lebih dari 6 bulan, hanya membubuhkan endorsement terkait perubahan data identitas pemegang passport dan tidak melakukan penggantian passport.

FYI, endorsement ini hanya sebatas diatas lembar pengesahan tersebut, sehingga identitas yang sudah diperbarui tersebut masih belum diupdate dalam sistem imigrasi. Saat masa berlaku passport habis, kita harus  tetap melalui proses BAP untuk mendapatkan passport baru.

 

Karena saya ingin membuat e-passport dan proses pembuatannya hanya bisa dilakukan di Jakarta, Surabaya dan Batam, saya mengikuti proses BAP di tempat saya membuat e-passport yakni di Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Utara. Sebenarnya saya bisa mengganti ke passport biasa non elektronik di kantor  imigrasi tempat paspor lama diterbitkan.

Proses BAP ini tidaklah mengerikan, proses ini hanyalah satu proses yang harus dilewati jika penggantian passport bermasalah (baik karena salah data ataupun karena kehilangan passport). Dari informasi Direktorat Jenderal Imigrasi yang dirangkum disini, proses penggantian paspor seperti ini harus melalui 5 tahap, yaitu:

  1. Berita Acara Pemeriksaan (BAP)
    Pemilik passport akan diwawancara oleh pihak penyidik terkait permasalahan passportnya
  2. Berita Acara Pendapat (Bapen)
    Dari hasil BAP yang sudah dilakukan barulah diterbitkan Bapen
  3. Persetujuan Kepala Kantor Imigrasi
    Setelah itu baru disetujui oleh kepala kantor imigrasi
  4. Persetujuan Kepala Kantor Wilayah
    Proses dilanjutkan dengan persetujuan dari Kepala kantor wilayah
  5. Persetujuan Ajudikator Pusat
    Setelah itu seluruh proses lalu diverifikasi oleh Ajudikator Pusat untuk bisa melakukan penerbitan passport baru

Proses ini sendiri membutuhkan waktu lebih dari 15 hari kerja dan setelah disetujui oleh Ajudikator Pusat (5), passport baru bisa selesai dalam 3 hari kerja.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Utara, keseluruhan proses tersebut hingga bisa mendapatkan passport baru paling cepat 1 bulan lamanya. Berdasarkan pengalaman saya kurang dari 1 bulan karena passport saya akan digunakan ke Hongkong pada 19 Januari 2018.

  1. Saya mengikuti proses BAP di Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Utara. Disini saya menceritakan kronologi hingga saya bisa memiliki passport dengan nama yang salah (lebih huruf). Seperti yang saya ceritakan sebelumnya karena membuat passport secara kolektif dari kantor di tahun 2007, saya hanya datang saat foto. Saat passport diterima ternyata salah nama. Di hari yang sama saya melaporkan hal tersebut, tapi keesokan harinya hanya di endorse saja, perubahan akan dilakukan di passport kedua. Sayangnya di passport kedua masih sama saja, padahal sejak awal proses perpanjangan sudah diwanti-wanti saya mau melakukan perubahan nama karena salah nama. Akhirnya lagi-lagi hanya di-endorse dan akan diperbaiki di passport ketiga. Selain itu saya jelaskan juga jika passport yang baru akan digunakan untuk berangkat ke Hongkong pada 19 Januari 2018.
    BAP – 15 Desember 2017
  2. Setelah BAP, diterbitkan Bapen dan surat persetujuan dari Kepala Kantor Imigrasi. Sebelumnya jika ada perubahan data pada nama (seperti penggantian, penambahan, penghapusan maupun memperbaiki ejaan), biasanya akan diminta surat pernyataan dari Dinas Catatan Sipil kota tempat KTP dikeluarkan jika nama pemohon benar seperti yang tertera. Untuk kasus saya,  setelah mendapatkan hasil dari BAP pada 20 Desember 2017, saya langsung lanjut ke proses wawancara, foto,  dan  biometrik untuk proses pembuatan e-passport.
    Foto dan Wawancara – 22 Desember 2017
  3. Setelah melewati proses wawancara dan foto, saya menerima tanda bukti setor untuk biaya pembuatan e-passport. Pembayaran dilakukan di bank-bank terdekat. Setelah itu  dibayarkan permohonan  e-passport baru bisa disetujui oleh Ajudikator Pusat.
    22 Desember 2017 – Pembayaran
  4. Passport biasa non elektronik dapat diambil 3 atau 5 hari kerja setelah proses pembayaran.  Berbeda dengan e-passport yang membutuhkan waktu lebih lama, bahkan menurut petugas bisa lebih dari satu bulan.
    28 Desember 2017 : Cetak Paspor.
  5. Setelah melewati seluruh proses itu, passport saya sudah bisa diambil oleh saya pribadi atau anggota keluarga dalam satu Kartu Keluarga (KK). Pengambilan passport juga bisa diwakilkan oleh orang lain. Hanya saja si pengambil passport  harus membawa tanda bukti pembayaran, surat kuasa, dan KTP Asli pemilik passport, cek disini
Alhamdulillah akhirnya saya mendapatkan passport dengan nama yang benar. Sebenarnya untuk proses yang saya alami jauh lebih singkat karena passport saya akan segera digunakan.

Semoga bermanfaat ya.

UPDATE : Saat ini passport 2 nama juga bisa dipakai untuk umrah ya 

202 comments

  1. Rita Asmaraningsih Reply

    Suami saya lebih satu huruf di paspornya hanya diendorse saja sehari setelah paspor diterima langsung laporan.. Itu thn 2010 digunakan utk umroh ketika perpanjangan paspor nama tetap salah (tidak berubah).. Untungnya saat digunakan utk haji tak ada masalah.. Mksh infonya ya Mba.. Ini tetap jadi PR agar suami saya bisa mengurusnya dan mendapatkan data nama yg benar yg tertera di paspornya..

    • suzannita Post authorReply

      Iya bu, memang bisa digunakan, tapi harus diperbaiki nantinya, Suzan juga lebih huruf dan hanya di-endorse juga

      • fatur Reply

        mau nanya mba, harus dari jam berapa yang ke BAPnya? dan dantang langsung apa harus pake antrian online? terima kasih.

      • Nurkhayat. Reply

        Permisi mbak.
        Saya mau tanya,saya punya masalah dengan data paspor saya yang berbeda dengan data di ktp,kk,ijazah.
        Di paspor (NURHAYAT) dan ijazah.kk,ktp( NURKHAYAT).
        ini terjadi karena dulu saya mengurus menggunakan data dari KK (NURHAYAT). parpor saya keluaran batam dan udah mati sejak 2017,saya berniat mencocokan data saya.
        Prosedurnya gimana mbak.?
        Mohon bantuanya mbak,terima kasih.

        • suzannita Post authorReply

          Sebaiknya nanti saat perpanjangan / pembuatan passport baru, minta untuk perbaikan data dan biasanya nanti akan disarankan untuk BAP

    • Nur Kholis Reply

      Assalamualaikum mbk mau nanya nih masalh pasport saya beda dengan nama di ktp dan di ijazah nama saya kan Nur kholis dan di passport menjadi Nurkholis gimana mbk tolong jelaskan mbk makasih

        • Nefrida Reply

          Assalamualaikum mbak, saya mau bertanya, saya mau umrah pas pembuatan pasport sudah disampaikan dan minta nama menggunakan 3 suku kata,namun pas pengambilan pasport ternyata hanya dua suku kata,sementara untuk syarat umroh diminta untuk nama pasport dengan 3 suku kata, jadwal berangkat tinggal1 bulan lagi, bagaimana ya mbak proses selanjutnya??

      • Nur Afiah Reply

        Assalamualaikum mbk…. Rencananya sy juga mau merubah salah tahun lahir, ahir bulan ini. Tapi kok takut di tolak ya. Ada Saran gak mbk?

      • Rauf robhika Reply

        saya baru jadi buat pasport, lalu pas saya tulis di halaman paling belakang pasport saya, ygbertuliskan “pemegang agar mencantumkan identitas orang yang dapat di hubungi” nah saya malah menuliskan nama saya alamat dan no telfon saya sendiri, apakah harus di perbaiki atau tidak apa apa ya?, soalnya padasaat saya mengambil pasport halaman belakang di suruh di isi di rumah, jadi saya tidak sengaja salah menuliskan, mohon bantuannya terimakasih

    • Wahib Reply

      Gimana kalau mengurus pasport yang beda nama mbak.
      Dulu nama pasport saya itu Data orang lain trus sekarang saya mau buat pasport dengan data saya sendiri bisa gak.
      Tolong bagi informasi.

        • Fina Reply

          Assalamualaikum mba, saya mau tanya paspor kmaren kan ikut nama ijazah lebih hurup Lizah. Smentara di kk, ktp, akta nikah itu Liza. Dan paspor saya itu sdh mati, maksd saya apakah saya bisa urus paspor baru ulang dari awal dgn tdk menggunakan ijazah saya lagi. Seolah saya buat paspor baru pertama kali. Bisakah sprti itu mba

  2. Neng ratna Reply

    Mba kalau mau memperbaiki salah spasi bagaimana ya caranya? Apakah harus pakai surat permohonan perubahan data. Di paspor namaku ratna sari (pakai spasi) sedangkan di ktp ratnasari (tidak pakai spasi). Kira2 kalo untuk ganti paspor bisa ga ya mba, soalnya paspor aku baru aja jadi.

    • suzannita Post authorReply

      Sebenarnya data yang dipakai ke Luar Negeri itu adalah paspor, ya paspornya tetap bisa dipakai, hanya saja mesti ada lembaran endorse yang menyatakan namanya beda dengan data KTP. Tapi kembali lagi apakah nama di kartu keluarga sama dengan KTP atau malah nama di kartu keluarga sama dengan paspor, jika nama di KK sama dengan KTP artinya yang harus diperbaiki adalah paspornya, dan itu harus melalui proses BAP. Tapi kalo nama paspor dan nama KK sama, yang harus diperbaiki adalah KTP nya.

      • Catur Setyowati Reply

        Buuu…maafh
        Dulu saya pernah ke luar negri sebagai ART di singapura juga hongkong
        2016 saya pulang Indonesia sampai sekarang. Yang saya ingin tanyakan
        Jika suatu saat saya masih mau ke hongkong apa masih bisa????
        Karna pasport mati bulan 8lalu
        Dan data di passport tidak sama dengan E_KTP
        Tahun lahirnya..juga nama yang keliru 1 huruf
        E_KTP
        catur setyowati 17 01 1990 (asli)

        Passport
        Catur setiyowati 17 01 1983
        (Dituakan)

        Mohon bantuan ibu
        Terimakasih

        • suzannita Post authorReply

          Sayang banget ya, mestinya tidak dilakukan menuakan umur, apalagi nanti mau kembali ke Hongkong dan bekerja disana lagi, sebaiknya melakukan proses BAP ya, datannya dikembalikan lagi sesuai dengan aslinya saja, kalo kamu tetap pakai yang lama kan sayang umur kamu dear

      • healyn Reply

        Mbak saya punya passport tahun lahir salah nah saya pernah pakai pasport ini ke hongkong singapore Malaysia Thailand untuk liburan pertama bekin tahun 88 malah jadi 85 waktu perpanjang juga udah aku lampirkan data semua 88 minta perubahan tapi malah keluar 85 akhirnya saya terpaksa pakai pasport itu lagi sekarang mau perpanjang yang 3 kalinya dan saya sudah habis BAP tinggal nungu putusan atas saya mau tanya kalo pasport baru jadi 88 says rencana mau negara yang pernah saya kunjungi itu lagi apakah bermasalah?

        • suzannita Post authorReply

          InsyaAllah gak ada masalah, selagi saat BAP kita jujur negara mana saja yang sudah kita kunjungi dengan passport lama

  3. Anastasia Dewanti Reply

    Mba mau tanya agak melenceng sih, jd kan nama aku kepanjangan jd d halaman dpn paspor aku namanya d potong tp d halaman endorsement lengkap, jd kalau beli tiket aku pake nama yg d halaman dpn atau belakang ya? Makasih

    • suzannita Post authorReply

      Pakai nama di halaman belakang di lembar endorse aja, tapi kalo mau pake lembar depan juga gak pa pa koq

    • Iskandar Zulkarnaen Reply

      Mbak, saya ingin nanya apakah saya bisa merubah nama di paspor saya yang salah huruf, walaupun paspor saya ini sudah pernah saya pakai ke luar negeri?

    • Nurkhayat Reply

      Assalamualaikum mbak.
      Saya punya masalah saat mengurus paspor,karena paspor yang lama dulu berbeda 1 huruf dengan ktp,ijazah,kk.karena paspor lama saya dulu mengikuti data akte kelahiran,saya disuruh sidang penetapan nama di pengadilan negri,.
      Kalau mbak nya disuruh sidang dulu ngak?
      Makasih

  4. Tri kurnia Reply

    Mbak, kalo masalah nama di akte pake 1 huruf pertama dari nama orang tua. Kan di paspor ga boleh ada 1 huruf tu.. musti dijabarin.. pas ngurus visanya jadi susah dah tu mbak.. saran mbak baiknya saya harus gimana ya??

  5. Eki Rachman Reply

    Halo mbak mau tanya dan minta pendapat nih, nama saya pada paspor tertera dengan nama keluarga (a-b-c) sementara pada ktp, kk, akte tidak menggunakan family name (a-b). Lalu apakah itu bisa dilakukan endorsement pada paspor untuk menerangkan perbedaan ini? jika bisa bagaimana caranya ya? terimakasih sebelumnya mbak

    • suzannita Post authorReply

      Tidak apa-apa, jika hanya paspor yang menggunakan 3 suku kata nama termasuk didalamnya nama keluarga, untuk di ktp tidak masalah, asalkan antara nama ktp dan nama paspor sama selain nama keluarga itu, karena misal untuk urusan umrah / haji harus menampilkan 3 suku kata nama termasuk untuk perjalanan ke eropa barat dan timur

    • Fitriyah Kondrachuk Reply

      Mba suzan, saya mau tanya.
      Saya mau ajukan perubahan nama pssport. Proses BAP berapa lama dan berapa biayanya untuk total keseluruhan (saya sudah e passport)

      • suzannita Post authorReply

        Sebenarnya BAP itu tidak ada biayanya, sama seperti biaya pengurusan passport baru tergantung jenis passport apa yang diambil

  6. yusaf Reply

    dear mbak, paspor anak saya sudah dalam masa tenggang 6 bulan harus diperpanjang, cuma dulu ketika jadi cetak, tahun nya salah,harusnya tahun 2011 di paspor tercetak 2012, bukan kesalahan data dokumen dari saya,itu kesalahan cetak dari imigrasi nya, kalo dokumen data anak saya (akta kelahiran) yang saya berikan sudah benar. kira2 ketika perpanjangan harus BAP juga atau pihak imigrasi berpatokan ke dokumen awal yang saya ajukan ya mbak ? intinya kalo dari saya sih semua dokumen sesuai tidak ada yang berubah dari dulu,cuma tercetaknya aja di imigrasi kok tahunnya jadi berubah, dan itu sudah sipakai ke beberapa negara, apakah nanti akan berpegaruh jika masuk ke negara yang sama dengan data tahun di paspor yang berbeda ?
    Terima Kasih atas pencerahannya.

    • suzannita Post authorReply

      Iya mbak harus melalui proses BAP mbak, diperbaiki dengan tahun yang benar sesuai dengan akta kelahiran. Untuk perpanjangan di awal ditegaskan mau mengubah tahun anak karena kesalahan data di paspor lama. Yang pasti mbak pastikan benar untuk meminta BAP perbaikan tahun kelahiran anaknya dan nanti baru mengikuti prosedur BAP mbak

  7. Violet Reply

    Mbak, nama dan tgl lahir ibu saya tdk sama di paspor, dengan ktp, kk dan buku nikah, akan di Bap dengan diminta ijazah atau akte kelahiran, padahal ibu saya tdk punya akte kel, dan ijazahnya hilang, usia sdh lbh dr 60 th, bagaimana ini ?

  8. Ayu Reply

    Mbak mau ty kalau yg salah tempat tgl lahir di KTP Mambal di pasport Mambal Bandung gm mesti dirubah

  9. Siti nurfazlina Reply

    Halo kak, aku mau tanya, kasus ku kayak gini, aku kan hari ini mau perpanjang paspor yg ud mati. Rupanya aku ada perbedaan tempat lahir di paspor lama dan Ktp. Trus aku disuruh ke pengadilan atau enggK ke capil, diminta surat keterangn org yg sama. Apa kah memng harus ke pengadilan kak? Apa kasus kayak aku (beda tempat lahir) hak bisa ditulis diendosrment aja?

  10. jimmi Reply

    ka mau nanya nama aku jimmi di ktp kk akte sma ijasah tapi nama di paspor jimmy jdi gimna ke pngadilan dlu apa ke imigrasi cara perbaikinya

    • suzannita Post authorReply

      kalo yang beda hanya nama paspor, kamu cukup melakukan perubahan saat penggantiannya ya, dan itu harus melalui BAP

      • Ika anggraini Reply

        Assalamulaikum mbk suzan,sy sdh 3 kali perpanjang paspor dgn kk,akte,ktp IKA ANGGRAINI,tp paspor sy dr awal di bwt nya ko IKA ANGGRAINI ZAINUL,mmg nama ayh sy ZAINUL,dan sy mau perpanjang yg keempat kt org yg menguruskan ko data kk,akte,ktp sy mesti dirubah ikut paspor…mesti pke nama zainuL jg??pdhl dr proses awal sy bwt paspor gk pke zainul lohh…apakah bermasalah mbk??

        • Rauf robhika Reply

          saya baru jadi buat pasport, lalu pas saya tulis di halaman paling belakang pasport saya, ygbertuliskan “pemegang agar mencantumkan identitas orang yang dapat di hubungi” nah saya malah menuliskan nama saya alamat dan no telfon saya sendiri, apakah harus di perbaiki atau tidak apa apa ya?, soalnya padasaat saya mengambil pasport halaman belakang di suruh di isi di rumah, jadi saya tidak sengaja salah menuliskan, mohon bantuannya terimakasih

      • Iskandar Zulkarnaen Reply

        Mbak, saya ingin nanya apakah saya bisa merubah nama di paspor saya yang salah huruf, walaupun paspor saya ini sudah pernah saya pakai ke luar negeri?

  11. Mila Reply

    Mbak mau tanya ,di ktp, akte sama kk nama saya 3 suku kata.tapi di paspor sama ijasah 2 suku kata.apakah nanti saat perpanjangan paspor nama saya bisa di ubah (disamakan dengan ktp, kk,Dan akte ) menjadi 3 suku kata? Tolong pencerahan nya mba .terima kasih .

    • suzannita Post authorReply

      Sayang sekali ya, coba nama di passpor disamakan dengan nama di KTP, Akte dan KK saja. Sayang nama passpor mengikuti nama ijazah, nanti pas perpanjangan passport berikutnya baiknya pake sesuai nama di KTP, Akte dan KK ya karena kalo mau umrah, haji atau ke negara Eropa tertentu harus menggunakan passpor dengan 3 suku nama

      • lena Reply

        hello kk,sy Lena,sy mau Tanya paspor sy dulu bernama dinda,tetapi akte lahir kk KTP sy nm Lena,APA kah paspor sy bisa di ganti nm Lena

  12. elish Reply

    hallo kak, mau tanya..
    kbtulan kasus saya hampir” sama dgn mba,
    padahal paspor saya masa berlakunya masih lama, dan tidak diizinkan endors di belakang lembar, akhirnya saya melakukan proses penggantian bap.

    kasus saya kelebihan nama 1 huruf di nama tengah saya.. skrng saya sudah melewati proses bap dan sudah foto sudah bayar juga..
    proses mendapatkan paspornya apa akan lama ya? karena deadline 2minggu lagi saya harus gunakan untuk ke jepang membuat visa..
    kasus kak suzan dr pembayaran brp lama ya? 🙂

    • suzannita Post authorReply

      Biasanya prosesnya akan lama loh, saya butuh waktu sekitar 3 minggu dari BAP itu hingga passport di tangan, tapi semoga bisa cepat ya

    • Tiora Reply

      Mbk saya mau tanya Nama sya dipasspor berbeda dengan KTP dan kk sya sudah beberapa kali sambung melalui calo dan saya pakai utk bekerja dimalaysia dan tahun 2018 kmrin sya juga pergunakan dgn nama yg sma melaui calo…permasalahannya adalah…sya ingin mengurus visa kenegara lain dan semua meminta data asli saya sehingga sya harus mengubah data dipasspor sesuai ktp tetapi saya tidak tau caranya mbk..mohon pencerahannya..terimaksih

      • suzannita Post authorReply

        Jika passportnya masih lama berlaku dan passport biasa, sebaiknya upgrade ke e-passport, karena perubahan data sekecil apapun harus melalui BAP

  13. Pristiana Reply

    Assalamualaikum, Mbak. Mau turut bertanya, bagaimana jika yang salah ada di proses endors tahun lahir nya. Misal tahun lahir asli di kk akte ktp ijazah dan paspor sudah benar 91 dan data kita di sistem sudah tentu 91, tapi lalu diendorse diberi keterangan tahun lahir 90, kesalahan administratif. Apakah jika perbaruan paspor dikemudian hari, paspor kita tercetak 91 berdasarkan data pada sistem atau berubah sesuai endorsment tahun lahir 90? Terimakasih mbak

    • suzannita Post authorReply

      Kenapa ada endors untuk tahun 1990, saya jadi bingung, di tahun passport di awal muka benar atau salah, jika benar tidak harus endors atau BAP

  14. Andre Reply

    Mbak nama saya Andre di semua dokumen hanya saja di paspor andrew dan kasusnya sama sepertu mbak. Kalau sy ingin membuat epaspor berarti harus di Bap dan butuh surat dukcapil seperti yg mbak beriman ke imigrasi . Yang sy mau nanya surat pernyataan dari dukcapil itu surat yg bagaimana? Apakah menerangkan bahwa Andrew adalah benar Andre ? Atau hanya menerangkan bahwa Andre adalah benar pemohon epaspor ? Trima kasih

    • suzannita Post authorReply

      Kalau tidak pakai surat dukcapil juga tidak masalah, jika nama di Kartu Keluarga atau nama di KTP benar, hanya kesalahan nama di Passport saja, jadi saat perpanjangan passport bisa langsung untuk BAP saja

  15. Ruma'iyeh Reply

    Mbk mau nyak
    Paspor sya namanya gk sm dgan ktp sya
    Apkah kalau di perpanjang harus ngikutin nma yg di ktp..

    • Ika anggraini Reply

      Assalamulaikum mbk suzan,sy sdh 3 kali perpanjang paspor dgn kk,akte,ktp IKA ANGGRAINI,tp paspor sy dr awal di bwt nya ko IKA ANGGRAINI ZAINUL,mmg nama ayh sy ZAINUL,dan sy mau perpanjang yg keempat kt org yg menguruskan ko data kk,akte,ktp sy mesti dirubah ikut paspor…mesti pke nama zainuL jg??pdhl dr proses awal sy bwt paspor gk pke zainul lohh…pke kk,ktp,akte dan ijazah IKA ANGGRAINI,apakah bermasalah mbk??

      • suzannita Post authorReply

        Tidak bermasalah malah lebih baik 3 suku kata, meski sekarang umrah sudah bisa meski tidak 3 suku kata, biasanya ada negara di eropa yang menetapkan pembuatan visa dengan 3 suku kata, selagi namanya benar dan tidak ada salah huruf tidak apa apa

  16. Nuraeni maharani Reply

    Mbak mau nanya dong,,saya kan buat pasport baru hari senin tgl 15 oktobr 2018 saya sdh bayar hari itu juga,,trs di kertas permohonan 3 hari kerja pasport udh bsa di ambil nah saya ngambil hari jumaat,,tp pas saya mau ngambil di kertas pengambilan nya itu ada tulisan blum slsai sama adjudikator/review gitu mbk,,,saya lngsung lapor ke petugas imigrasi nya kta dia sprti nya ada prubahan nma sya jawab gx ada nma sya di rubah2 lg,,,dan dia bilang klu bgitu tunggu aja nnti ada sms masuk klu mmang gx ada msalah
    Tp stelah sya pulang ke rmh sya kpikiran trs dan sya ingat2 lg apa msalah nya smpe sya gx bsa tdr dan akhir nya ktmu nma ayah saya tdk sama dgn akte saya di akte nma nya pendek trs saya tulis di formulir ada kpanjangan nya,,,nah itu mungkin yg jd msalah nya…apa itu bsa di perbaiki.?

    • suzannita Post authorReply

      Biasanya begitu kalau permintaan passport lagi banyak, untuk mengurangi kesalahan jadi dilakukan review ulang apakah kita mau melakukan perubahan terhadap data yang diinput

  17. Nuraeni maharani Reply

    Kk mau nanya dong klu pas isi formulir untuk buat paspor nma ayah sya salah gmna yah,,di akte saya nma nya pendek trs sya tulis di formulir ada kpanjangan nya saya klupaan kk pdahal nma asli nya mmang pendek.kecerobohan sya di stu kk gak tliti..mna saya dh bayar lg kk pas mau pengambilan ada tulisan adjudikator/review trs sya harus gmna dong kk…mohon pencerahan nya.?

  18. Novelita Reply

    Assalamualaikum mba .. sy mau tanya .. saat awal membuat passpor sy memakai akte kelahiran dgn nama “nofelita” sesuai akte kelahiran dan ktp ..sementara semua dokumen sy yg lain seperti kk , ijazah , buku nikah nama saya adalah “novelita” dan saat ini akte saya sdh diganti yg baru menjadi “novelita” . Dan ktp jg sdh “novelita” . Masalahnya adalah akte lahir sy dibikin baru dgn no akte yg berbeda dgn yg lama . Krn saat itu kalau perbaikan nama di akte harus proses pengadilan .. krn mau cepat sy disarankan ganti baru saja aktenya . Yg ingin sy tanyakan bagaiamana caranya sy memperbaiki nama dipaspor sy agar sama dgn semua dokumen sy dgn kasus seperti ini . Mksh sblumnya mba ..

    • suzannita Post authorReply

      Harus melalui proses BAP ya, untuk paspor bisa menggunakan KTP, Ijazah dan Buku Nikah koq, tidak perlu menggunakan akta kelahirannya, tapi sebaiknya diberikan juga atau dilampirkan informasi mengenai perubahan aktanya

  19. nico Thioriks Reply

    pagi bu, sy juga memiliki kasus seperti ibu, mau nanya, kalau mau ngurus BAP itu gimn cara nya bu?
    Terima kasih sebelum nya bu.

    • suzannita Post authorReply

      tinggal bilang di bagian pendataan mau melakukan perubahan data, nanti akan ditunjukkan arah menuju bagian BAP, biasanya untuk BAP harus mendaftar terlebih dahulu nanti baru ada jadwal BAP nya

  20. Imam ahmadi Reply

    Mohon infonya , paspor saya hanya salah di tahun kelahiran dan paspor ini sudah saya gunakan kerja ke saudi ,apakah perbaikan paspor harus ke imigrasi penerbit awal atau bisa di proses ke imigrasi terdekat ? Paspor saya keluaran imigrasi jakarta sedangkan domisili saya jawatimur ,trimz

  21. Taufik Reply

    Mba. Mau numpang tanya. Paspor saya dibuat sama dengan akta “TAUPIK”. Padahal waktu buat paspor saya jelaskan bahwa nama yang benar adalah sesuai KTP “TAUFIK”. Dan pasport mau digunakan ke Jepang tanggal 20 November ini.
    Pertanyaannya :
    Apakah saya bisa menggunakan Pasport untuk sementara?, Krn waktu keberangkatan sudah dekat. Lalu apa pemeriksaan di imigrasi Indonesia tidak ada masalah.? Proses endors apa dapat dilakukan.? Berapa lama.?

  22. Nana Reply

    Mbak Mau ralat, untuk umroh nama menggunakan minimal 2 kata tidak masalah kok :). Sejak 2016 peraturan sudah berubah. Karena 2017 awal saya umroh dan hanya 2 kata. Ada yg mau saya tanyakan :

    1. Mau tanya mbak perubahan nama di endorsement itu berapa lama ya?
    2. Paspor teman saya expired thn 2020 dan mencantumkan nama A B C di paspor . Namun semua dokumen KTP, KK ijazah hanya A B saja. Beliau ingin menghilangkan nama C di paspor. Apakah bisa ya mbak karena sudah ada tiket penerbangan yg dibeli.

    Regards

    Nana

  23. Barkah Reply

    Mbak,
    mau tanya,
    Kalau kita masuk negara lain dengan nama berbeda dari passport sblumnya akan bermasalah atau tidak?
    Passsport yg sblm nya pake nama 2 suku kata, sudah sering di pake ke LN, passport yg baru pake 1 suku kata
    Trimakasih sblmnya

  24. Barkah Reply

    Mbak, sy mau nanya dong,
    Kalau masuk negara lain dengan nama dipassport berbeda dari yg dipassport sblmnya bisa tidak?
    Passport lama 2 suku kata, passport baru 1 suku kata

    Trimakasih sblmnya

  25. Barkah Reply

    Trimakasih jawabanya,

    Sy sudah beberapa kali ke bangkok pake passport lama 2 suku kata,
    Nah tdk akan masalah kan ya kl masuk bangkok lg pake pasport yg baru nama cuma 1 suku kata,

    Pengen memastikan lagi, hehe
    Trimakasih

  26. Iir sopiyana Reply

    Mba, sya ada satu pengalaman. Sya kerja k luar negri trs d bohongi sponsor nama d paspor dan ijazah sya beda, nama dan tgl lahirnya. Itu untuk pengajuan paspor baru gmn? Sya dlu pembuatan di jaktim, dan sya mau urus d sukabumi. Dan itu bisa gak ya mba??

  27. charolina Reply

    halo mba, saya mau tanya ya,
    ibu saya paspor nya ada kesalahan pada tanggal lahir.
    tanggal lahir di ktp dan kk 8 oktober tetapi di paspor 8 november. apakah proses perbaiki nya akan rumit? dan prosedurnya seperti apa ya kalau saya mau perbaiki? trimakasih

  28. Etika Reply

    Mbak saya mau nnya dong. Kalo mau ubah tanggal yg di paspor bagaimna ya ? Apkah urusannya akan susah. hanya tanggal lahir sya aja yg salah. Trima kasih☺

  29. Etika Reply

    Mbak mau nanya doang. Paspor saya tanggal lahir salah terus saya sudah pernah keluar negri sekarang saya sudah di indonesia. Trus kalo mau ubah tanggal lahir sya bagaimana ya cara nya. Trimakasih

  30. Ahmad Reply

    Mba mau tanyak…paspor ku namanya kurang 1 huruf…antara ktp dan kk..solusinya gimana mba masalah g nantinya teims

    • suzannita Post authorReply

      Tetap saja mau kurang 1 huruf atau lebih 1 huruf butuh perbaikan itu, takutnya nanti kalo KTP diminta di imigrasi tertentu dan namanya beda bisa bermasalah

  31. Je Reply

    Assalamualaikum mba ,kalau misalkan kesalahan tahun dalam paspor bisa di ganti ga yAh?

  32. Pingback: Alasan Kenapa Saya Menulis Blog - Jurnal Suzannita

  33. GUSRIANI Reply

    Assalamualaikum mba, maaf saya mau tanya
    saya mengalami kejadian serupa juga seperti mba, itu kalau dilakukan penggantiannya di kantor imigrasi cirebon bisa gak ya? tapi 2017 saya pernah perpanjang di Taiwan, saya sempat tanya tapi kata petugas dsana perbaikan hanya bsa dilakukan di indonesia. jadi apakah saya bisa melakukan penggantian nama paspor di kanim tempat saya tinggal atau harus di jakarta? trima kasih mba

  34. Ester Reply

    Mba mau tanya nih, setelah paspor diganti nama. Pergi ke negara yang udah lernah didatengin bermasalah gak ya ? Karena kan namanya beda. Makasih

    • suzannita Post authorReply

      Alhamdulillah kemarin gak bermasalah mbak, di semua negara yang saya kunjungi pake passport dengan nama salah itu

  35. Marry Reply

    Siang Mbak, mau tanya, kalo semisal saya kan juga di paspor salah 1 huruf di nama saya. Syarat dokumen yang dilampirkan saat ke imigrasi apa saja ya?

    Maksudnya ‘surat pernyataan dari Dinas Catatan Sipil kota tempat KTP dikeluarkan’ ini minta ke mana ya? Semisal KTP saya dikeluarkan di kelurahan penjaringan, Jakarta. Jadi minta surat tsb ke kantor kelurahan Penjaringan, Jakarta ya Mba?

    Terimakasih sebelumnya.

  36. nofianto Reply

    mau tanya, pasport lama saya sudah di endorse karena hanya 1 suku kata, ini pengen ganti e-paspor apa yg perlu dicermati agar paspor saya bisa buat umrah, terimakasih

  37. Nita Kaiya Reply

    Hii mbak..kasus sy sm persis dgn yg mbak alami,hanya saja sy sudah selesai smua nya, yg ingin sy tanyakn,bulan depan tgl 21 des sy rencana nya mau kejepang mbak,tp passport sy baru bs dicetak atau jadi nya skitar 1bualanan kan krn ada perubahan data,kbetulan sy skrg berdomisili di bali,untk supaya bs dpercepat sy dapat passport nya gmn cara nya yach mbak? Krn sy jg harus bikin visa jg,tlg jawaban nya mbak ,trm ksh bnyk

    • suzannita Post authorReply

      Semoga sudah selesai ya, coba di cek langsung saja, saya pun kemarin mau ke Hongkong kurang dari satu bulan, Alhamdulillah selesai

  38. Michelle Reply

    Maaf menganggu mba, mohon sekali infonya
    Nama saya di paspor Michelle Angelia Alvi Tan
    Sedangkan nama di ktp, dan akta lahir saya hanya Michelle Angelia Alvi ( tidak ada tambahan Tan nya )
    Apakah itu akan menjadi kendala mba kedepannya untuk mengurus tiket, visa, dll
    Terimakasih

      • Ramlah awahab Reply

        Maaf kace, sayakan ke HK GK pake izasah saya cmn pake KTP KK dan akte, dan semuanya baru saya buat ulang karna KTP dan akte saya ilang yg lama jadi saya buat ulang, jadi nama KTP dan paspor saya itu cmn nama saya aja sedangkan di izasah saya ada nama tambahan bapak nya, karena dulu petugasnya mungkin asal buat yg penting jadi, sayakan mw kerja di Singapura skrg ingin paket izasah tp KTP dan paspor saya itu kendalanya namanya cuman nama saya aja dan GK ada nama bapak saya, gimana cara memperbaiki itu mba ? Mohon dibalas.. makasih.

        • suzannita Post authorReply

          Tidak masalah ya selagi tidak ada salah huruf di nama tersebut karena di KK ada data nama orangtua

  39. Linda Reply

    Mba mau tanya kalau nama di passport ada family name sedangkan di akte tidak ada. Apakah bisa di endorst kl bisa gimana caranya mohon informasinya

  40. sri rosmardiyah Reply

    sist suzan, mau nanya, jadi kalo misal nama KK + KTP sama tapi salah, yang benar nama di Akte Kelahiran dan Ijazah, nama di passport tahun 2013 saya buat mengikuti ijazah/akte saya.

    ini perlu endorse atau BAP ya sist?
    Makasih banyak pencerahannya

  41. Nita Kaiya Reply

    Hii mbak,sy mau tanya info donk, kasus mbak sm persis dgn yg sy alami,
    Tp sy suda mengikuti smua prosedur nya mbak,skrg hanya tinggal menunggu passport dcetak saja,
    Yg mau saya tanyakn,mbak dapat passport dtangan brp hari jd nya mbak dari proses foto dan bayar,gmn cara nya mbak bs cepat dapat passport nya?
    Sy rencana bulan des tanggal 21 brgkt kejepang, sedangkn sy foto kmrn tgl 21 nov ,sy jg blm bkn visa unk kjepang nya mbak,menurut kantor imigrasi passport sy jd sekitar 2 mgg smp 1bln,klu mmg slama itu smp passport jd sy gatot pergi kjepang,pdhl smua persiapan sudah ready hny tinggal passport unk bkn visa aja.
    Trm ksh sblm nya atas jawaban dari mbak..

  42. riski novi yanti Reply

    bu saya mau pembuatan paspor baru, tapi nama sya berbeda spasinya
    Di Ktp dan KK nama saya = RISKI NOVI YANTI
    Di akte dan ijazah nama saya = RISKI NOVIYANTI .
    JADI apakah bisa? Apa harus diganti? Mohon pencerahannya. Terimakasih

  43. Nurhikmah Reply

    Mba klo kita rubah paspor. nama dan taun paspor yang lama di nonaktifkan dong

    • Ali Reply

      Mbak mau tanya ini itu proses nya sperti buat baru apa gmn?
      Tru kode paspor beruah kah paspor lama n baru y udh di perbaharui???

  44. sarah pasha Reply

    mau tanya ka. nama dipaspor saya salah, saya mau perbaiki paspornya tapi paspornya sudah saya pake sebelumnya. kira kira bisa di ubah ga ya?

  45. sarah pasha Reply

    mau tanya ka nama paspor saya salah. cuman sebelumnya paspornya udah saya pke, masih bisa diubah ga ya klo paspornya pernah dipake?

  46. fatur Reply

    mau tanya mba, kalo mau ke BAP harus dari jam berapa ya ? dan apakah harus menggunakan antrian online apa langsung saja? trima kasih.

  47. Yoga Reply

    Halo IBU Suzanne..
    Minta info,saya sudah buat passport,namun ada perbedaan satu huruf di passport Dan e KTP saya. Untuk meminta revisi Dan endorsement untuk menerangkan nama saya yg berbeda,APA saya mesti tetap mengambil antrian online? Atau says bisa datang langsung ke pihak imigrasi??

  48. GAFFAR Reply

    Bu. Aku mau tanya aku perna ke malaysia trus aku pelang ke indonesia lupa cop out paspor di malaysia trus skrng sya mau ke Amerika kira”bisa gak ya bu

  49. Mona Reply

    Asalamulaikum sis.mohon bantu jawab ya…gini dlu kan pasport aku dibuatin pake calo jdi ktp nya pun kyaknya palsu kmjdi di pasport ikut data di ktp itu.sama ktp asli saya si nama doang yang sama.itu gmna ya ?? Apakah masalah dgn nik dll??

  50. Rani Reply

    hallo mba,, mohon pencerahan..

    Waktu awal membuat passport baru e-ktp, saya direkomendasikan untuk memakai nama bapak dibelakang karna nama saya hanya satu kata,..

    jadilah menjadi RANI SAHRUDDIN , nama bapak yg tertera sesuai dengan ijasah dan akte lahir. sedangkan nama ayah saya yg sebenarnya adalah SYAHRUDIN, sesuai dengan ktp beliau dan di KK..

    baiknya bagaimana ? apa mungkin bs diganti menjadi nama saya sesuai dengan KTP aja menjadi RANI,,

    apakah akan jadi masalah terkait nama karna bulan ini saya ingin mengajukan visa ke aussie ?

    mohon pencerahannya, mba..

    terimakasih

    • suzannita Post authorReply

      Jadi ada data yang berbeda antara KK dan KTP serta akta lahir, ini masalahnya harus mengubah ke yang benar, misal yang benar di KTP dan akta lahir salah harus ke Pengadilan itu

  51. yoga Reply

    kak paspor dan ktp beda tgl lahir doang? gpp?
    Di imigarsi bandara KL2 . kirakira di periksa ngaaa KTP?

  52. rubiyanti sa'bania Reply

    Asalammualaikum mbak
    saya mau tanya ni mbak, paspor saya itu nama nya RUBIYANTI SABANIA
    sedangkan di kk, ktp, dan akta kelahiran
    namanya RUBIANTI SA’BANIA
    kurang tanda petik nya
    jadi apakah bermasalah mbak klok saya mau ke luar negri.
    trimakasih

  53. Anggit Reply

    Mbak mau tanya.. saya buat paspor minggu lalu tp blm saya ambil.. karna kmrn membuatnya mengacu pada ijazah, nama saya ktp dan kk karena ada perubahan mengikuti akte jd tdk sama dg ijazah. Kira2 gmn ya mbak dan biayanya berapa makasih

    • suzannita Post authorReply

      Kenapa gak disesuaikan dengan Akta dan KTP, biasanya kalau untuk perubahan harus menunggu 5 tahun tidak bisa mendadak, kecuali ganti e-passport ya

  54. Nurkhayat Reply

    Mbak suzannita yth.
    Saya punya persoalan yang sama dengan mbak,yaitu terdapat perbedaan nama di ktp dan paspor.
    Data yang sama ( akte dan paspor = NURHAYAT.
    sedangkan di ktp,kk,ijazah sd sampai sma= NURKHAYAT, beda 1 huruf saja.
    Saya berniat untuk merubah nama ktp,ijazah,kk, untuk disamakan dengan paspor,tapi tidak di ijinkan oleh pihak sekolah,malah mereka menyuruh membetulkan data di paspor,dan akte,
    Dulu saya membuat paspor dengan alamat BATAM,KEPRI. Namun saat ini ktp saya udah saya pindah ke jawa tengah.
    saya mohon mbak memberi penjelasan kepada saya bagaimana prosedurnya.
    Pertanyaan saya? Saya berniat menyamakan data di paspor saya dengan ktp ,ijazah dan kk.
    Saya harus mendatangi instansi mana? Batam atau jateng?
    Ktp saya sekarang jateng,dulu paspor saya di buat di batam,dan sekarang paspornya mati 1 tahun.
    Mohon pencerahanaya mbak,terima kasih atas jawabanya,
    Nurkhayat.

    • suzannita Post authorReply

      Yang benar di Akte dan Passport ya, kalau masalah seperti itu pertama perbaikan data KK Dan KTP di kantor kelurahan minta Surat rekomendasi perubahan data, setelah itu urus di Dukcapil, jika sudah selesai baru selesaikan urusan perbaikan nama ijazah

  55. sandra Reply

    Halo Mbak , saya mau tny .. kasus saya jg seperti pny mbak .. waktu perpanjangan passport kedua kami minta perubahan nama yg betul tapi tidak diubah cuma di endorse di belakang nama yang betul … sewaktu pengajuan visa apakah bisa bermlsh ga mbak ? terima kasih

    • suzannita Post authorReply

      Sebenarnya tidak bermasalah hanya saja apakah kita akan bertahan dengan nama yang salah, seandainya random check Dan tidak bisa masuk malah lebih bermasalah lagi

  56. nurinda Reply

    Mbak mau tanya.. ibu saya mau buat paspor tp nama ayah di KK dan di buku nikah beda. Itu gimana ya mbak? Ibu saya gk punya ijazah dan akte kelahiran. Terima kasih

  57. Ade Reply

    Mba, terimq kasih sharingnya. Kalau mau merubah data: Tempat lahir saja di paspor, karena tidak sesuai KTP, misalnya: tertulis Bone, seharusnya Watampone, apakah perlu melalui proses BAP? Sebenarnya Bone itu nama kabupaten, ibukotanya Watampone. Mohon petunjuknya mba. Terima kasih.

  58. Halija Reply

    Mbak nanya donk!!
    Nama kakak saya di akta lahir dan ijazah “siti harmiasih” dan paspornya mengikuti nama pada akta lahir
    Trus nama di KTP st harmiasih masjhoer.
    Masjhoer merupakan nama ayah
    So apakah paspor atau Ktp yg harus diperbaiki?
    Katanya klo ke Singapura jika nama di paspor dan KTP berbeda ga bakal bs masuk.
    So gmn donk mbak.
    Padahal sy ma kakak pny rencana ke singapura.
    Mohon bantuannya 😊

    • suzannita Post authorReply

      Sebaiknya begitu ya, karena jaga-jaga kan lebih baik, sebaiknya passport Dan ktp itu sama datanya Dan benar

  59. Hangga Reply

    Saya sudah daftar akan buat BAP untuk perubahan nama di paspor baru (paspor lama saya 3 suku kata ditambah nama ayah saya) nama saya 2 suku kata. Saya berencana pergi ke korea dan dig tiket pakai yang sesuai KTP 2 suku kata. Jika pakai endorsment saja tidak apa-apa? Untuk pembuatan visa dan masalah di tiket nya? Karena jika pembuatan BAP sampai 15 hari sampai 1 bulan sudah g akan keburu.
    Menurut mba bagaimana baiknya yah?
    Terima kasih

    • suzannita Post authorReply

      Kalau passport nya masih bisa dipakai diendorse tidak masalah, tapi sebaiknya nanti saat perpanjangan passport di perbaiki ya kesalahannya

  60. Wiwi pajar rohmah Reply

    Mbak saya mau tanya.. Dulu buat paspor dengan tgl lahir 01/04/94 utk kperluan tril ke LN dr kantor masih mengacu pd akta dan kk… Semntra tgl lahir yg betul adalah 14/05/94.. Dan pd saat saya mau menikah semua dokumen harus d rubah sesuai dg tgl lahir yg sesungguhnya yaitu tgl 14/05/94..dan pd akhjrnya th ini sya dapet reward utk trip ke LN lg dr kantor naum paspir sudah exp.. Bagaimana cara perpanjangannya.. Apakah sya lampirkan surat pengantar dr Kelurahan? Namun ttp mengacu pd data yg diterbitkan pertama kali(tg lhir yg sesuai pasport) sebelumnya.. Mhon bantuannya..

    • suzannita Post authorReply

      Perpanjangan passport sama seperti buat passport baru, sebaiknya diperbaiki juga data yang salah ya, Dan bilang kalau mau perbaiki data yang salah itu

  61. Zulfadli Reply

    Assalamualaikum mbak
    Saya mau nanya, nama di passport saya ZULFADHLI, Passport nya sudah mati tahun 2017,
    Saya mau buat passport baru dengan nama ZULFADLI, Karna mengikuti data, passport nya mau saya gunakan untuk haji..
    Apa bisa mbak,
    Dan apa yg harus saya lakukan,
    Trima kasih…

    • suzannita Post authorReply

      Karena passportnya sudah mati, sebaiknya nama langsung diperbaiki yang benar ya, semoga ibadah hajinya lancar, doakan Saya segera menunaikan ibadah haji juga

  62. Theresia Helena Lintjewas Reply

    Mbak mau nanya kl paspor saya nama keluarga cuma salah salah ejaan lama harusnya TJ tp dipaspor pake c , apakah saya hrs mengurus ke pengadilan ya …mohon petunjuk nya …makasih

  63. Desy Reply

    Harus ke Jakarta iya mba? Saya tinggal di Medan. Atau hanya kepihak imigrasi Medan saja?

  64. benny Reply

    Hi Mbak, saya mau nanya : Saya pernah mengunjungi Taiwan dengan menggunakan passport & visa an. “Johnny” beberapa kali. (tentunya bukan nama asli saya & menggunakan passport biasa (Bukan E Passport).
    Sekarang saya mau kembalikan nama passport saya yang asli an”Renndy” dengan membuat E Passport,

    Pertanyaan : Jika saya masuk ke Taiwan dengan menggunakan nama Asli (E Passport) apakah akan bermasalah?

    Thanks
    RENNDY

    • suzannita Post authorReply

      Saat BAP kita akan ditanyai, negara mana saja yang pernah kita masuki dengan menggunakan passport tersebut, bilang saja sejujurnya, saya pernah masuk ke Hongkong dengan passport yang salah nama, Alhamdulillah masuk ke Hongkong lagi gak masalah, termasuk di singapura juga aman

  65. Jon Reply

    Malam mbak
    Sya mau tny y
    pembuatan paspor baru sudah terbit nih
    Tpi ada kesalahan di tmpt lahir
    Sudah sya urus
    Tp sy tny sama petugasnya
    Kalau di catatan pengesahan nnti ada stempel resmi ,tanda tangan resmi dr imigrasi ndak gtu
    Katanya sudah ad peraturan baru tidak pkai stempel lg gtu
    Ap benar?
    Atau stempel,ttd masih tetap berlaku sampai skrg?

  66. andre77 Reply

    mbak, mau tanya, nama passport dan ktp saya berbeda satu huruf. Rencana sudah mau ganti nama di ktp, jadi mengikuti nama passport. Rencana sy mau ke malaysia untuk berlibur, kata teman saya sih tidak masalah kalau hanya ke malaysia, karena nanti cuma tinggal nunjukin passport saja (tanpa ktp). Apa benar begitu ya?

    • suzannita Post authorReply

      kalau ke Malaysia tidak seketat di Singapura ya, saya pakai passport dengan nama yang salah itu selama 10 tahun hahaha

      • sitinurjadi Reply

        Assalamualaikum mbak terimakasih atas sharing nya..
        yg mau saya pertanyakan gini
        saya sudah pernh ke taiwan waktu pembuatan pasport namanya Siti Nurjadi sebenarnya di KK akte ktp ijazah itu namanya St.Nurjadi .. kata sponsor saya dulu bahwasanya kalau mau bikin pasport tidak boleh memakai nama singkatan dan alhasil dia merubah semua data saya kk akte ktp menjadi siti nurjadi yg sesuai dengan pasport ..

        pertanyaan saya mbak
        kalau sewaktu2 saya masih ingin keluar negeri menurut mbak apakah saya harus mengganti nama sesuai ijazah ? atau tidak ..
        bila saya tidak menyesuaikan dengan ijazah takutnya nanti jadi masalah mbak..
        mohon sarannya mbak ..
        dan satu lagi mbak ternyata itu Paspornya sudah hilang..
        menurut mbak mana baiknya mbak ?tolong dijawab

        • suzannita Post authorReply

          tidak perlu lagi pakai data lama saja, kan sudah sesuai dengan KTP, kalo passport hilang lapor ke polisi, buat surat kehilangan dan buat passport baru ya

  67. Michelle Reply

    Mba mau tanya
    Kalau temen saya baru saja buat paspor namun nama di paspornya “rivaldo tony jimmy siby” padahal nama di kk, akte, ijazah, ktp “rivaldo tony j siby”
    Katanya ga boleh di singkat namanya kalau di paspor, lalu yang saya mau tanyakan nanti kalau mau ke luar negeri misalnya ke singapore atau thailand apakah akan bermasalah? Apakah nanti di cek antara ktp dan paspor? Bisa masuk ke negaranya ga yah?
    Karena memang dari pihak imigrasinya yang memanjangkan namanya karena katanya tidak boleh disingkat
    Terima kasih

    • suzannita Post authorReply

      Kalau J itu benar Jimmy seperti tidak masalah ya, apalagi pihak imigrasi yang meminta, kalau dia mau, dia menyamakan namanya dengan passport

  68. Haris Reply

    Mba maaf,, law mau rubah nama sma tgl lahir di paspor sesuai kk akte ijasah sma surat nikah gmn caranya

  69. Dhemet lharos Reply

    Maaf mba. Lw mau rubah nama paspor sama tgl lahir sesuai ktp kk akte gmana ya. Tp paspor saya masanya masih lama, paspornya paspor TKI bisa nggk kira”

  70. Joe Reply

    Mbak, mau nanya, klo tempat lahir di pasport dan Ktp berbeda apa bermasalah?
    Di ktp Langowan tp di pasport Minahasa.

  71. Joe Reply

    Mbak, mau nanya nih. Klo tempat lahir pasport dan ktp berbeda apa bermasalah?.
    Di ktp Langowan tp di pasport Minahasa.

  72. Lisa Khairunissa Reply

    Mba, saya mau nanyak, maaf kalau melenceng..
    Saya udh punya pasport, tapi nama saya salah satu huruf di pasport.
    Di ktp, kk, akta dan ijazah nama saya Lisa Khairunissa tp di pasport nama saya jadi Lisa Chairunissa.
    Tahun lalu, saya ke malaysia gak ada masalah.
    Tapi ini mau ke vietnam, apakah harus ubah data dulu atau tidak?? Atau di vietnam aman aman aja sama seperti malaysia?? 😁
    Karena mengingat ubah data pasti butuh waktu lama, dan saya berangkat awal bulan maret nanti, gak kekejar..😂

    Mohon jawabannya ya mba, terimakasih..🙏🙏

  73. Sunie Reply

    Assalamualaikum
    Mba,aku mo tanya nih
    Nama di paspor ku kn ada 3 suku kata krn pikir skalian untuk umroh padahal sebenernya nama ku cuma 2 suku kata.
    Nah kmrn itu aku pesan tiket cuma 2 suku kata aja.dan rencana nya aku mo endorsement ke nama asli ku yg 2 suku kata aja biar sama dengan tiket pesawat.
    Apakah nantinya ada masalah mba kalau tiket ku sesuai lembar endorsement? Dan untuk pengajuan visa aku pakai nama yg mana ya??
    Please help me mba,mepet waktunya
    Thx

    • suzannita Post authorReply

      Tiketnya sebenarnya masih bisa dipakai ya tapi untuk lebih aman lebih baik lakukan perubahan nama di maskapai, bisa via email perubahan ini,nanti diterbitkan lagi tiketnya ya

  74. Bella Reply

    Mba, mau tanya..saya buat paspor th 2015, lalu sudah dipakai ke Thailand, Singapore dan Malaysia..tahun ini insyaallah mau dipakai ke china. saat saya mau urus VISA, saya baru ngeh kalau ternyata nomor KTP yang tercantum di paspor berbeda dengan E-KTP saya..fyi, saya terima E-KTP saya di tahun 2016.. kira kira proses perubahan datanya bagaimana ya mba? lalu apakah berpengaruh saat saya pergi ketika nomor KTP nya berbeda (hanya angka belakang) tapi data seluruhnya sama.. Mohon percerahannya mba, karena saya agak sulit bolak balik ke imigrasi dan jaraknya jauh (saya tinggal di daerah tangerang dan saya buat paspor di jakarta pusat). terimakasih sebelumnya mba..

  75. Junie akbar Reply

    Nanya dong mbak, dulu saya juga buat paspor anak ma petugas imigrasinya tidak memasukkan nama lengkap anak saya, kurang 1 suku kata…kebetulan anak saya namanya pake 4 suku kata…dan krn saya uda buru2 mo pake gak pernah saya perbaiki ato mo endorsment, saat paspor pertama habis masa berlaku saya perpanjang lg masih dgn nama yg sama seperti paspor pertama, kebetulan sama kasusnya buru2 lg mo ke luar negeri dan saya abaikan lg…apa nanti pas paspor ketiga saya minta BAP jg, gmn pengajuan BAP di imigrasi, apakah petugas imigrasi yg menawarkan atau kita sendiri yg meminta proses BAP sebelum lanjut proses penggantian.
    Terima kasih…ditunggu sarannya mbak 😊

  76. andy Reply

    terimakasih mba untuk sharingnya.
    sy mau bertanya di paspor terbaru mba, ada penambahan nama yang ketiga (GITOK). Apakah prosesnya melalui BAP juga ya mba?
    Selama ini banyak share info yang saya temukan di internet bahwa untuk penambahan nama banyak hanya dicantumkan pada Catatan Pengesahan (Endorsment) di halaman 4 buku paspor. Mohon share infonya ya, terimakasih sebelumnya.

  77. andy Reply

    terimakasih mba untuk sharingnya.
    sy mau bertanya, di paspor terbaru mba ada penambahan nama yang ketiga (GITOK). Apakah prosesnya melalui BAP juga ya mba?
    Selama ini banyak share info yang saya temukan di internet bahwa untuk penambahan nama banyak hanya dicantumkan pada Halaman Catatan Pengesahan (Endorsment) di halaman 4 buku paspor. Mohon share infonya ya, terimakasih sebelumnya.

      • ANDY Reply

        thanks mba, artinya tidak perlu ada pengesahan dari pengadilan ya mba? untuk di KTP apakah nama mba masih tanpa nama ketiga itu? Jadi kondisinya menjadi berbeda antara KTP dan paspor?

  78. Novika Reply

    Sore mbak, sy mau tanya nama sy di ktp cm novika aja tp kl di paspor nm sy novika tjhia itu kira2 kl sy mau keluar negri kyk malaysia bermasalah gak ya, ini paspor sy yg kedua trus paspor sy yg pertama blm sy pakai sama sekali kira2 nanti kl sy mau malaysia bermasalah gak ya. Terimakasih sebelumnya

  79. M Nasrun Yahyasamdie Reply

    Nama di pasport dan E KTP saya beda , saya mau merubah seauai KTP utk tarif nya mahal gak ?

  80. Jasmin Reply

    Ikutan nanyak ya, Mbak.
    Saya blm pernah punya paspor dan ingin buat baru, saat ini saya belum punya akta lahir. Otomatis dokumen lampiran yg bisa saya berikan cuma izajah.

    Masalahnya, nama di semua ijazah saya dengan nama di yang ada di kk dan ktp beda 1 huruf saja. Di Ktp : yasmin, sedangkan di izajah : Jasmin.

    Saat ini saya tinggal di jakarta dan jika ingin mengurus akta harus pulang ke kampung di sumatera.

    Kira² menurut pengalaman dan sepengetahuan, Mbak, jika saya ingin mengurus akta baru, mana ya yang lebih baik. Ikut nama di KTP atau di izajah.

    Untuk jawaban nya saya ucapkan terimakasih.

    • suzannita Post authorReply

      Halo Jasmin, lebih baik mengikuti KTP dan KK ya untuk membuat akta jadi tidak perlu repot lagi menyamakan dengan KTP dan KK karena lebih banyak menggunakan KTP dibandingkan ijazah ya

  81. agustin Reply

    Assalamu’alaikum wr wb… mw tanya bu, tgl 28 februari 2019 saya ngurus pasport d surabaya kelas I, saya ngurus pasport ibu tpi wkt k sana ternyata ada kesalahan d ijasah dan pasport ( TUTIK SURIASAH) tpi d KTP dan KK (TUTIK SURYASAH) akta lahir tidak ada, kt dr petugas hrs k pengadilan dan k BAP, saya hrs ngurus ijasah dulu apa akte lahir dulu baru k pengadilan dan BAP kah? mohon bantuannya ibu

    • suzannita Post authorReply

      Wa’alaikum Salam, sebaiknya gunakan dan samakan dengan KTP dan KK pastinya harus melalui proses BAP ya

      • nelita Reply

        Selamat sore, mbak mohon dengan sangat pencerahannya, begini mbak saya punya dokumen KTP, KK, Akte lahir dengan nama NELITA BR SITUMORANG ( “BR” itu bukan nama itu hanya penanda berjenis kelamin wanita dalam suku batak, bukan nama kepanjangannya BORU) nah Saya pernah bekerja di Malaysia dan passpor saya tertulis NELITA SITUMORANG hanya nama itu mbak gak pake BR, rencana saya mau bekerja ke korea, apakah ini tidak masalah? mohon pencerahannya mbak, Terimakasih 🙏🏻

        • suzannita Post authorReply

          Sebenarnya kalau BR itu tidak tercantum di KTP atau KK tentu tidak menjadi masalah, hanya saja jika tidak ada ya, itu yang jadi masalah

  82. Ricky Reply

    Assalamualaikum, mba mau tanya rencana saya kan bulan April mau perpanjang pasport. Nah itu mau sekalian saya perbaiki nama di Pasport yang tadinya “Riki” menjadi “Ricky”, karena sebelumnya ditulis berdasarkan akte dan KK yang salah, berbeda dengan Ijazah dan e-KTP (Ricky). Sekarang akte dan KK sudah diubah namanya bedasarkan KTP dan Ijazah. Kira2 nanti proses perubahan di Paspor nya gmn y alurnya? dan apakah bermasalah jika paspor tersebut yang sudah diperbaiki, utk kembali saya pakai umrah
    Trims mba

    • suzannita Post authorReply

      Perubahan yang dilakukan saat perpanjangan passport adalah melalui proses BAP untuk melakukan perubahan data diri

  83. nelita Reply

    mbak mohon dengan sangat pencerahannya, begini mbak saya punya dokumen KTP, KK, Akte lahir dengan nama NELITA BR SITUMORANG ( “BR” itu bukan nama itu hanya penanda berjenis kelamin wanita dalam suku batak, bukan nama kepanjangannya BORU) nah Sayah pernah bekerja di Malaysia dan passpor saya tertulis NELITA SITUMORANG hanya nama itu mbak gak pake BR, rencana saya mau ke bekerja ke korea, apakah ini tidak masalah? mohon pencerahannya mbak, Terimakasih 🙏🏻

  84. Melia Reply

    Halo mba Suzannita, terimakasih info blog mba sangat bermanfaat. Saya ada pertanyaan mba, saat mba sudah melakukan wawancara dan foto butuh waktu berapa lama untuk dapat tanda bukti setor yg harus dibayar mba? Saya barusan sudah wawancara dan foto tapi ga di info soal pembayaran nya mba.. thanks ya, semoga lancar puasa nya🙏🏻

    • suzannita Post authorReply

      Hari itu juga langsung dapat tanda bukti setor dan dbayarkan ke bank yang ditunjuk ya, coba tanyakan ya bukti setor bayaran, jika sudah dibayarkan biasanya hanya menunggu 3 hari sudah selesai

  85. Hasan JS Reply

    Mbak, terima kasih atas sharing nya.
    Saya juga mengalami kasus yang sama perubahan nama di passport dan sudah di BAP di Imigrasi Jakut seminggu yang lalu tinggal menunggu persetujuan dan lanjut proses foto/wawancara.
    Pertanyaannya : pemberitahuan persetujuan BAP dan panggilan utk proses foto/wawancara disampaikan lewat apa ya mbak, waktu proses BAP penyidiknya bilang akan di SMS dalam 4 hari kerja. Soalnya saya tidak pegang/diberikan surat apapun setelah BAP (surat pendaftaran/jadwal BAP diambil imigrasi).
    Terima kasih atas pencerahannya

  86. Silvia Reply

    Mbak saya bulan juli mw pergi ke china. Nama paspor saya itu 3 suka kata dari awal.kali saya buat paspor , 1 kata blkgnya ditambahin imigrasinya. Tetapi dibagian nama ayah saya dipaspor ada kelebihan 1 huruf nama harusnya “ARDIANSAH” tetapi DIPASPOR “ARDIANSYAH” . kelebihan huruf ” Y”. Saya pernah menggunakan paspor itu ke malay tapi tidak masalah. Apakah itu bermasalah jika saya ke china mbak? Dan apa yg harus saya lakukan??

  87. Rivghan Reply

    Mba sy mau tanya, nama dan bulan lahir saya antara ijaza dengan ktp dan akte kelahiran berbeda, dan paspor sy sama dengan akte kelahiran. Karna tuntutan kerja perusahaan mau data d paspor sama dengan ijaza. Pertanyaan sy apakah paspor sy bisa di rubah datanya sesuai dengan ijaza?

  88. Nicole Reply

    Saya mau nanya dong, mbak. Kan saya juga mau buat paspor dan butuh banget dalam waktu dekat ini. Tapi data saya di ktp dan kk untuk nama ada nama keluarga (a-b-c-d) sementara di ijazah dan akte lahir nggak ada nama keluarga (a-b-c). Kira-kira di kanim nanti gimana ya?

  89. Ingka Reply

    Mba Suzann… setelah melakukan penggantian paspor dengan nama yang benar, apakah ada masalah saat masuk ke negara yang sebelumnya pernah dikunjungi? Apakah dipersulit saat di imigrasi negara tujuan?

    Saya tunggu pencerahannya ya mbaaa
    Karena saya punya masalah yang sama.🙏🏻

  90. Ingka Reply

    Mba… setelah perubahan nama, apakah pernah ada kendala dalam pemakaian/pembuatan visa dengan paspor baru ini?

  91. yovian Reply

    Mbak mau tanya, nama di paspor saya sama dengan di akte lahir yaitu yovian. sedangkan di KTP, KK ada nm baptis. apakah bisa diubah sesuai KTP dan KK saya nm di paspornya mbak? atau saya harus tambah nama baptis di akte lahir saya?

    terima kasih

      • Nurul Reply

        Mbak saya mau tanyak
        tempat lahir saya di kk dan paspor berbeda, apakah di Bandara nanti jadi masalah?
        Atau saya harus melakukan BAP

      • Usriyah Reply

        Halo mba suzan, saya mau tanya.
        Saya sekarang di taiwan kerja sebagai tkw dengan data yg diubah seperti ktp, kk, akta, semuanya bukan data diri saya. Lalu saat pembuatan passport sudah menggunakan E-passport yang mana memakai bukan data diri saya yang sebenarnya. Apakah saya masih bisa mengajukan pengubahan data diri ke imigrasi?
        Sebelumnya makasih sudah meluangkan waktunya untuk membalas pertanyaan saya.

  92. Evi Reply

    Terima kasih byk mbak sharingnya.
    Salam kenal mbak, saya Evi dari Palembang jg. Mau nanya nih mbak, kan saya mau apply Visa Jepang bulan Agustus nanti permasalahannya ada perbedaan nama antara KTP, Akte & Paspor. Di KTP, KK & Buku Rekening nama saya Nyayu Nurhafizza Amalia, kalo di Akte Kelahiran & Ijazah cuma Nurhafizza Amalia, sedangkan utk di paspor karena harus mengikuti data Akte Kelahiran &/ Ijazah dan karena pada saat pengajuan paspor disaranin pake 3 suku kata jadilah saya tambahin nama ayah, nama di paspor jadi Nurhafizza Amalia Ishak. Dan saya juga sudah beli tiket dgn nama sesuai paspor Nurhafizza Amalia Ishak. Oh iya mbak, sebelumnya saya pernah ke Singapura dan ketika di imigrasi sana ditanyain KTP dan seketika cemas karena nama di KTP beda dgn Paspor. Alhamdulillah bisa lolos, cuma ditanyain aja “Who is Ishak?”.
    Mohon pencerahannya ya mbak karena saya takut visa Jepang nya gak di approve.
    Terima kasih sebelumnya ya mbak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.