Lifestyle,  Malaysia,  Travelling

Day 3: Serunya Bermain di Sunway Lagoon

Sharing is caring!

Cuaca masih tidak bersahabat di Malaysia. Di hari ketiga, mendung menggantung di langit Kuala Lumpur. Beruntungnya karena schedule kami bermain di Sunway Lagoon Theme Park, taman air seperti waterboom Ancol.

Ibaratnya kalau Jakarta punya Ancol, nah Malaysia punya Sunway Lagoon. Areal bermain terbesar ini terdiri dari 5 Theme Park mulai dari Water Park, Amusement Park, Extreme Park, Wildlife Park dan Scream Park. Serta 80 tipe permainan yang bisa dinikmati oleh wisatawan.

Sunway Lagoon ini berada di Bandar Sunway, Petaling Jaya, Kuala Lumpur– Malaysia. Tepatnya di Sunway City atau terkenal dengan sebutan SunCity yakni resort di tengah kota. Disini terdapat Sunway Pyramid Shopping mall dan Sunway Pyramid hotel yang merupakan hotel bintang empat, serta ada arena bermain Sunway Lagoon.

Cara ke Sunway Lagoon

Sunway Lagoon adalah resort hiburan keluarga terbesar di Malaysia, mulai dari taman hiburan, hotel, mall terintegrasi menjadi satu. Bahkan ini menjadi salah satu destinasi bagi wisatawan yang berkunjung ke negeri jiran, Malaysia. Jangan menggunakan taksi, karena jika anda berada di pusat kota Kuala Lumpur, tarif taksi bisa selangit. Kami menggunakan cara termurah ke Sunway Lagoon Themes Park, yakni menggunakan transportasi publik.

Karena kami tinggal di kawasan Bukit Bintang, kami menuju Station Imbi, stasiun terdekat dari hotel kami, kami menuju KL Sentral dengan KTM Komuter seharga 1.6 ringgit, lalu kami membeli tiket LRT tujuan KL Sentral – Kelana Jaya seharga 2.1 ringgit. Dari Kelana Jaya kami menggunakan bis KL Rapid dengan nomor U623 menuju Sunway Lagoon dengan harga 1 ringgit.

Tidak usah takut tersasar, karena bus yang ditumpangi akan berhenti persis di halte Sunway Pyramid tepat di depan mall Sunway Pyramid.

Setelah tiba di Sunway City kami langung masuk mall dengan gaya mediterania nuansa Mesir tersebut. Sunway Pyramid Shopping Mall ini pun sudah ditata dengan nuansa Natal bernuansa putih. Sunway Pyramid bersebelahan dengan Sunway Lagoon. Mall ini didesign menyerupai Pyramid dan Sphinx Egypt.

Sebelum bermain di Sunway Lagoon kami keliling dulu di Sunway Pyramid Shopping Mall. Mall dengan tema Pyramid ini cukup besar, karena kami datang di bulan Desember, alhasil seluruh mall sudah disulap dengan nuansa natal dengan tema serba putih. Ketika kami datang, pihak mall sedang membuat video profile Sunway Pyramid dalam natal. Victoria Secret dengan tema white angel mempercantik tampilan Sunway Pyramid. Memang setiap tahun, pihak management mall memberikan tema berbeda-beda, untuk musim liburan natal dan tahun baru.

View this post on Instagram

A post shared by Suzannita (@suzannita) on

Hal ini sendiri dilakukan untuk menarik minat pengunjung datang. Apalagi jika ada nuansa unik dan menarik, pengunjung pun pastinya akan mengabadikan diri.

Trip Kualalumpur, Desember 2014

Kami sendiri lebih memilih untuk mengabadikan momen alias foto-foto, narsis dengan spot-spot ala-ala musim dingin di Eropa. Setelah photo-photo di spot yang menarik kami pun membeli perlengkapan renang. Sebenarnya bukan saya yang membeli, tapi adik saya dan suaminya yang membeli.

Bermain di Sunway Lagoon

Sunway Lagoon Theme Park ini buka dari jam 10 pagi hingga jam 6 sore. Di taman bermain ini, terdiri dari  Amusement Park, Water Park, Scream Park, Wild Life & Extreme Park yang menyadikan atraksi yang berbeda-beda.

Sunway Lagoon berdiri di lahan bekas tambang biji timah yang ada di Malaysia. Disini terdapat beragam wahana permainan seru dan modern. Selain itu ada juga kebun binatang mini, ada macam-macam satwa didalamnya seperti ular, buaya, burung, dan lainnya.

Tiket masuk wahana ini cukup mahal, untuk pengunjung dewasa dikenakan tiket masuk sebesar 120RM (Rp 424.000) dan anak-anak 90RM (Rp 318.000). Setiap pengunjung diwajibkan mengambil 3 paket sekaligus Ammunsement, Water Park & Wild Life dengan harga RM 80. Pengunjung harus mengikuti paket yang sudah mereka tentukan, pilih 3 theme tersebut atau pilih seluruh theme park nya dengan harga RM 120. Beruntung bagi saya tiket masuk Sunway Lagoon sendiri sudah tergabung dalam paket hadiah perjalanan yang saya dapatkan.

Setelah masuk, kami berjalan mengelilingi wahana dengan tema peradaban suku maya kuno, melihat-lihat di entrance wild life. Hal terpenting jika berkunjung ke wahana permainan, datang lebih awal saat jam mereka buka, karena kita bisa lebih lama berada di dalam dan menikmati seluruh permainan. Serta tidak perlu melalui antrian masuk yang panjang.

Saat masuk lebih baik kelilingilah wahana yang bisa dikunjungi tanpa perlu berbasah-basah ria. Lebih baik perhatikan peta masuk yang diberikan saat masuk. Kami pun masuk ke wild wild west, ceritanya ini adalah ghost town.

Trip Kualalumpur, Desember 2014

Setelah melihat peta, kami menuju Scream Park, disini terdapat rumah hantu dengan beragam tema. Kami pun menjajal nyali dengan memasuki wahana ini, dan melihat zombie World War Z! Live. Ada photobooth yang memajang photo kami, sayang harga cetaknya mahal.

Lalu kami melanjutkan masuk ke scream park, ibaratnya ini adalah rumah hantu. Kita akan dipandu dan diberikan petunjuk sebelum memasuki wahana ini. Perhatian untuk yang punya sakit jantung, dilarang keras masuk wahana ini. Selain itu anak-anak juga dibatasi untuk masuk wahana ini, harus diukur tinggi badan anak tersebut.

Ke Sunway Lagoon ya serunya bermain air, berbasah-basah ria. Kami pun tak melewatkan kesempatan tersebut. Lalu kami berganti pakaian dan bermain di Water Park -nya sampai puas. Mulai Congo Challenge, berjalan ke puncak lalu meluncur dari atas ke bawah dengan menggunakan matras. Seru!!! Lain lagi di Cameroon Climb dan African Phytons, kami meluncur berpasangan diatas ban. Tapi yang menjadi favorit kami adalah vuvuzela.

Beruntung ketika datang bermain, cuaca bersahabat. Hujan rintik-rintik membuat permainan pun semakin seru. Meluncur dari atas, menunggu tumpahan air dari ember raksasa ataupun bersantai dengan ban karet mengelilingi wahana tersebut.

Di jam-jam tertentu, kita bisa menikmati pertunjukan live musik yang disertai dengan tarian. Ada juga badut yang menjadi pusat perhatian dan obyek foto bagi anak-anak.

Di Sunway Lagoon terdapat area pantai buatan terbesar di dunia dengan 60.000 ton pasir pantai. Sehingga seperti benar-benar berada di pantai.  Ada wahana surfing juga, tapi berhubung tidak bisa surfing ya kami berenang dan membangun istana pasir saja. Kami juga menonton film dengan sensasi 5 dimensi, di The World’s First Waterflexx 5D.

Trip Kualalumpur, Desember 2014

Setelah puas bermain air, kuku dan bibir sudah membiru serta kedinginan, kami pun menyudahi permainan air dan memilih permainan di wahana lain tanpa harus berbasah-basahan lagi.

Untuk menguji nyali kami mencoba jembatan gantung yang panjang (Pedestrian Suspension Bridge atau jembatan gantung) sepanjang 428 meter.  Setelah berjalan dengan rasa deg-degan luar biasa ternyata saya tidak kuat dan saya lebih memilih untuk kembali ke pintu masuk jembatan. Kita bisa menikmati keindahan wahana Sunway Lagoon. Selain itu, kita bisa juga menikmati bungee jumping dari atas jembatan ini.

O ya disini tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dari luar ya, jadi makan siangnya ya langsung cari di booth yang menjual makanan. Disini banyak booth yang menjual makanan dan minuman.

Hari sudah sore, kami pun menyudahi petualangan kami di Sunway Lagoon.

Pengeluaran hari ketiga :

Air Mineral                                           : 2 ringgit

Monorail Imbi – KL Sentral             : 1.6 ringgit

KTM KL Sentral – Kelana Jaya       : 2.1 ringgit

Bis rapid U623 Sunway Pyramid    :  2 ringgit (PP)

KTM Kelana Jaya – KL Sentral       : 2.1 ringgit

Makan Siang                                        : 15 ringgit

Makan Malam                                     : 10 ringgit

Monorail KL Sentral – Imbi             : 1,6 ringgit

Total                                                      : 36.4 ringgit ( Rp 136.500,- ; kurs Rp 3.750,-)

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers