Lifestyle · Palembang

Yuk Upgrade Warung Jadi Lebih Modern

Sharing is caring!

Ingat kan dengan pesan Walikota Palembang untuk berbelanja di warung tetangga. Ternyata perhatian kepada warung tetangga ini juga diberikan oleh mini market Alfamart. Seperti Warung Bu Yati yang berada persis bersebelahan dengan Alfamart Inspektur Marzuki di dress up agar lebih cantik dan menarik.

Warung Bu Yati yang di dress up oleh Alfamart, berada bersebelahan dengan Alfamart Inspektur Marzuki.

Sebagai bentuk kepedulian perusahaan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) selaku perusahaan ritel yang telah melaksanakan berbagai program CSR (Corporate Social Responsibility). Salah satunya yakni memberikan program yang fokus pada pemberdayaan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) khususnya pedagang tradisional. Hal ini dilakukan dengan program Outlet Binaan Alfamart (OBA) dengan sistem keanggotaan.

Untuk menjadi jaringan distribusi ritel terkemuka yang telah dikenal luas oleh masyarakat. Alfamart pengajak pemilik warung untuk ikut dalam program OBA ini. Alfamart sendiri melakukan pemberdayaan pengusaha kecil, dengan cara memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen, agar bisa bersaing secara global.

Secara teknis, Member Relations Officer (MRO) Alfamart akan melakukan pendataan dan mengajak pemilik warung di sekitar toko untuk bergabung menjadi anggota pedagang OBA. Setiap anggota OBA akan mendapatkan Kartu AKU dan bisa mendapatkan berbagai kemudahan, mulai dari kemudahan mendapatkan pasokan barang berkualitas, bisa langsung memesan barang ke toko dan mendapatkan harga spesial yang disubsidi oleh perusahaan, termasuk juga fasilitas antar tanpa dikenai ongkos kirim.

 

Alfamart juga mengajak para pemilik warung mengikuti pelatihan manajemen ritel modern. Berbagai materi diberikan mulai materi teknik menata barang, pengetahuan produk, cash flow, hingga melayani konsumen. Bahkan Alfamart melakukan renovasi warung agar tampilan fisik warung menjadi lebih cantik. Nantinya tampilan warung menjadi lebih modern dan lebih nyaman.

 

Menurut Ibu Yati, sang pemilik warung yang berlokasi di Jalan Inspektur Marzuki Palembang, Program Outlet Binaan Alfamart (OBA) sangat membantu saya selaku pedagang tradisional. Selain memberikan harga yang kompetitif, mereka juga diajarkan ilmu manajemen ritel modern.

Toko Mitra Alfamart

Selain melakukan pemberdayaan para pengusaha kecil melalui Program Outlet Binaan Alfamart (OBA), pihak Alfamart juga memberikan program kemitraan dengan pelaku UMKM melalui format kerja sama Toko Mitra Alfamart (TMA). Melalui program ini para pelaku UMKM bisa mendirikan toko yang lebih modern dengan investasi terjangkau.

Caranya cukup muda yakni dengan meng-upgrade toko tradisional atau koperasi menjadi format minimarket agar usahanya dikelola menjadi lebih modern.  Cukup dengan mengisi formulir yang disiapkan perusahaan dan memilih modal investasi yang berkisar antara Rp 55 hingga 75 juta, tergantung luas dan tipe toko yang diinginkan.

Para anggota TMA tentunya akan mendapatkan banyak kemudahan mulai dari pasokan barang dagangan dengan harga spesial yang dikirim melalui toko Alfamart terdekat. Bahkan Alfamart akan melakukan pendampingan secara rutin, program ini berlaku selama masa kemitraan terus terjalin.

Small and Micro Business Department menjadi bagian khusus dari PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk  yang menangani TMA secara profesional.  Selain bidang ketenagakerjaan, hal ini ternyata memberikan kontribusi positif lain bagi Alfamart karena melibatkan banyak pihak menjadi pemasok  Home Brand Private Label Alfamart yang seluruhnya disupport pelaku UMKM.

 

Bahkan Alfamart memberikan program sewa murah kepada para pelaku UMKM sehingga mereka bisa berjualan di space halaman toko Alfamart. Tentu hal ini dilakukan Alfamart  agar seluruh UMKM bisa maju bersama Alfamart.

4 thoughts on “Yuk Upgrade Warung Jadi Lebih Modern

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *