Event

Workshop Menulis dan Eksis Bersama EzyTravel

Sharing is caring!

Mimpi menjadi penulis itu masih ada disini, tapi entah sudah hampir 3 tahun, 3 buku yang Suzan terbitkan sendiri hingga kini belum bertambah. Naskah di laptop tak tersentuh, bahkan rasa percaya diri Suzan untuk mengirimkan naskah ke major publisher hilang akibat kegalauan memikirkan mimpi yang lain.

Allah memberikan Suzan kesempatan memacu kembali semangat menulis melalui EzyTravel yang mengundang mengikuti Workshop Menulis oleh Elok Dyah. Siapa yang tak kenal dengan Elok Dyah, jurnalis Kompas dan pendiri komunitas Backpacker Dunia. Suzan pun langsung meng-iya-kan undangan dari EzyTravel.

Eksis Bersama EzyTravel 2
Sumber foto: Mas Yudi – Hello Semarang

Suzan sendiri sejak satu bulan terakhir bersama teman-teman dari komunitas Blogger Wongkito, diajak EzyTravel untuk mengisi konten Hello Palembang, website khusus cerita wisata, budaya, kuliner dari Palembang.

EzyTravel mengundang 2 blogger Hello Nusantara, tapi Hello Bogor mendapatkan jatah peserta terbanyak karena paling dekat dengan Jakarta. Dari Hello Palembang, Suzan dan Nike, ada Yudi dan Ismi dari Hello Aceh, dari Hello Semarang ada Mas Yudi dan Don Suke, Daeng Ipul dan Ahmad dari Hello Makassar serta Eka dan Eliyan dari Hello Lombok.

Akbari Madjid

Event bertajuk Eksis Bersama EzyTravel itu digelar di Djakarta Cafe, Gedung Djakarta Theater, Jakarta. Acara yang dipandu MC Akbari Madjid, host Kompas TV ini berlangsung semarak. Djakarta cafe ini dipadati oleh para blogger hingga insan media.

Akhirnya yang ditunggu-tunggu, Elok Dyah berbagi pengalaman dan pengetahuannya dibidang menulis. Perempuan berkaca mata ini sudah 19 tahun menjadi jurnalis di Kompas.

Elok Dyah1

Dalam sharing penulisan wisata, Elok Dyah berbagi ilmu, jika ingin menulis harus mulai dengan mengumpulkan bahan menulis baik berupa data hingga foto-foto hal ini untuk memudahkan menulis. Dan pastikan jika sudah kembali dari jalan-jalan, langsung tuangkan tulisan baik dalam blog atau catatan lain, jangan tunggu satu bulan. Hal ini untuk memudahkan merasakan moment jalan-jalan.

Sebelum jalan-jalan lakukan shopping time, belanja informasi, gali informasi lebih banyak, baik dari buku, internet hingga brosur wisata agar kita lebih mudah mengeksplore satu destinasi wisata. Dan ingat jika ingin menggali informasi terutama mengeksplore suatu daerah atau budaya harus bisa membawa diri, sopan, berikan senyum dan hargai budaya setempat.

 

Elok Dyah
Sumber foto: Kang Iwan – Hello Bogor

Tersenyum adalah bahasa dunia, terkadang kita tidak menguasai bahasa di suatu daerah, namun dengan senyuman akan  menjembatani persoalan bahasa

Seluruh peserta workshop dengan seksama mendengarkan sharing dari Elok Dyah. Menurut Elok Dyah ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti meski saat ini zaman gadget, namun tidak semua orang yang bisa menerima langsung direkam, sebaiknya rekam semua hal yg kita temui didalam kepala, kalau menggunakan gadget bisa membuat penduduk lokal tak terbuka.

Setelah tiba di tempat menginap catat semua hal yang kita temui dan rasakan. Perhatikan etika mengambil foto, jika ingin mengambil foto masyarakat setempat, terlebih dahulu minta boleh difoto atau tidak, setelah itu tunjukkan ke mereka hasil fotonya. Hal itu justru akan membuat mereka senang dan barulah bisa diminta difoto sendiri-sendiri.

Eksis Bersama EzyTravel 1

Apabila semua informasi didapatkan saatnya memasak hasil informasi tadi alias menulisnya. Untuk memudahkan menulis sebaiknya membuat outline atau kerangka berpikir terlebih dahulu, ini adalah cara termudah untuk menulis, tulis 3-5 poin baik tentang destinasi, budaya, event, hingga kuliner.

Barulah breakdown outline, paparkan satu per satu outline yg sudah ditulis, gunakan gaya bahasa mudah dipahami. Teknik Penulisan sangat individual berbeda tiap orang, bebaskan dari belenggu penulis lain dan jadilah diri sendiri. Kunci menulis adalah lakukan pengosongan diri agar menulis lebih fokus, curahkan semua hal yang kita rasakan dan kita ingat, relaks dan gunakan feeling, agar tulisan enak dibaca dan mengalir.

Eksis Bersama EzyTravel 4

Dan setelah selesai menulis, edit tulisan kita apakah ada tulisan yang salah, tanda baca yang salah. Jangan malas untuk mengedit tulisan ya 😀

Waktu berlalu tidak terasa, Adzan Maghrib pun berkumandang, saat berbuka tiba, Alhamdulillah. Ternyata Yudi dari Hello Aceh membawa Timpan, makanan khas Aceh inilah yang menjadi menu berbuka kami. Terima kasih banyak Yudi bisa buka bersama makanan khas Aceh.

Timpan

Di event Eksis Bersama EzyTravel ini, Suzan bertemu dengan Ejie, teman sesama jurnalis di Palembang sebelum dia pindah ke Jakarta. Selain itu ada juga Unggul yang juga anggota komunitas wongkito.net.

Setelah berbuka puasa masih ada sharing dari Grasindo, yang berbagi info tentang cara mengirimkan naskah dan ide buku yang akan ditulis hingga trend buku saat ini. Ada juga sharing info dari Blue Bird Group dan ditutup dengan CEO Ezy Travel, Erick Cecep yang berkisah tentang perusahaan travel ini.

Erick Cecep

Terima kasih banyak Ezy Travel yang memberikan kesempatan untuk mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman serta bisa bersilaturahmi dengan banyak teman-teman dari Hello Nusantara dan Ezy Travel.

Semoga nanti kita bisa bersua kembali ya :D. Jangan kapok undang Suzan ya EzyTravel 😀

Eksis Bersama EzyTravel

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar