Indonesia,  Travelling

Wisata Religi di Masjid Agung Palembang

Sharing is caring!

Seperti di kota-kota lain yang memiliki Masjid kebanggaannya. Di Palembang juga terdapat Masjid kebanggaan dan merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid yang arsitekturnya bergaya Eropa, Melayu dan China. Inilah Masjid Agung Palembang!

masjid agung palembang

Jika travelling ke tempat dengan mayoritas penduduk muslimnya, tentu kita tidak akan kesulitan untuk menemukan Masjid. Seperti di Palembang. Masjid Agung Palembang terletak didepan titik nol kilometer kota pempek.

IMG_20150522_110830

Sama seperti halnya di kota lain, Masjid Agung Palembang memiliki nilai sejarah dan arsitektur yang unik. Gaya arsitektur perpaduan dari Eropa, Melayu dan China menjadi ciri khas dari masjid yang dibangun pada tahun 1738 M (1151 H) sampai dengan tahun 1748 M (1161 H).

masjid agung palembang lama

Pembangunan Masjid Agung berlangsung sekitar 10 tahun di masa Kesultanan Palembang Darussalam saat pemerintahan Sultan Mahmud Badaruddin I. Dan di tahun 1753 M baru dilakukan pembangunan menara masjid agung. Karenanya masjid ini juga disebut Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I. Di tahun 2000-2003 dilakukan renovasi besar-besaran terhadap Masjid yang terletak di kawasan 19 Ilir (salah satu Kampung Asli Palembang dan Arab).

masjid agung 3

Pengaruh gaya arsitektur Eropa bisa terlihat dari pintu masuk yang besar dan menjulang tinggi di bagian gedung baru masjid. Termasuk juga pada dinding dan jendela bermotif. Karena kuatnya pengaruh kerajaan Sriwijaya, membuat tak hanya orang Eropa yang datang ke Palembang, namun juga saudagar China.

IMG_20150522_110807

Di gedung utama masjid yang menjadi warisan Kesultanan Palembang Darussalam ini kita bisa melihat atap Masjid Agung Palembang ini berbentuk seperti kelenteng. Puncak masjid Agung berbentuk mustaka terjurai ini melengkung ke atas keempat ujungnya yang berhiaskan simbar menyerupai bentuk atap pada bangunan China.

IMG_20150522_111056

Sedangkan gaya Melayu terlihat dari banyaknya ornament khas Palembang yang menghiasi interior Masjid terbesar di Palembang ini. Ukiran kaligrafi serta sulur tanaman berwarna emas dan coklat, pada tiang masjid, mimbar, pintu, dan atap.

IMG_20150522_111102

Cara ke Masjid Agung Palembang

Di lantai dua Masjid Agung Palembang, terdapat perpustakaan, selain bisa beribadah disini juga bisa belajar ilmu agama Islam. Bahkan dari menara masjid Agung Palembang kita bisa melihat keindahan kota pempek. Di setiap selesai shalat Zuhur dan Ashar terdapat kajian dan tausyiah dari Imam Masjid Agung Palembang.

Jika di hari Jum’at kita bisa menikmati Pasar Jum’at yang ada di Masjid Agung. Pasar Jum’at ini menjual aneka kebutuhan masyarakat baik pakaian, buku agama, perlengkapan shalat, sandal, hingga aneka jenis kuliner termasuk kuliner langka Gulo Puan.

Fasilitas di Masjid Agung Palembang: Parkir, Taman, Tempat Penitipan Sepatu/Sandal, Aula Serba Guna, Kantor Sekretariat, Kamar Mandi/WC, Tempat Wudhu, Sarana Ibadah.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar