Indonesia · Lombok · Travelling

Wisata Halal Lombok Sumbawa

Sharing is caring!

Lombok memberikan cerita tersendiri bagi saya, hingga kini masih terekam jelas perjalanan ke Lombok Sumbawa, pada akhir tahun 2012 silam. Dan saya melihat jelas bagaimana perkembangan pariwisata Lombok yang melesat secara pesat. Apalagi saat saya melihat foto-foto teman-teman yang berkunjung ke Lombok akhir-akhir ini. Bahkan saya semakin dibuat terpukau dengan pesona Lombok Sumbawa yang berhasil menyabet  penghargaan predikat halal honeymoon destination terbaik di dunia, pada tahun 2015 lalu.
Dan kini Lombok kembali mewakili Indonesia dalam penghargaan World Halal Travel Awards 2016  di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Ada 3 kategori nominasi yang diraih Lombok, yakni:
1. World’s Best Halal Beach Resort – Novotel Lombok Resort & Villas, Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia
2. World’s Best Halal Tourism Website – www.wonderfullomboksumbawa.com, Indonesia
3. World’s Best Halal Honeymoon Destination – Sembalun Village Region, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Masjid Kuno Bayan
Lombok Sumbawa terpilih mewakili Indonesia memenangkan destinasi wisata halal dunia. Apalagi World Halal Travel Awards adalah ajang paling bergengsi yang menunjukkan eksistensi wisata halal Indonesia, khususnya Lombok Sumbawa  di mata dunia.
Berbicara soal wisata halal, ternyata Indonesia jauh tertinggal dibandingkan negara tetangga dan negara non muslim seperti Jepang dan Korea Selatan. Padahal Indonesia memiliki potensi besar dalam wisata halal, terlebih Indonesia adalah negara dengan umat muslim terbanyak di dunia.
Sumber : Google
Mastercard bersama Crescent Rating sudah membuat global muslim travel index untuk menentukan apakah sebuah tempat sudah memenuhi kriteria sebagai destinasi wisatawan muslim. Di tahun 2016 ini,  Malaysia berada di nomor pertama disusul setelahnya ada Uni Emirat Arab, Turki dan Indonesia yang berada di urutan ke empat.
Pasalnya pasar wisatawan muslim khususnya dari negara Arab dan negara-negara berpenduduk Muslim ternyata sangat besar. Apalagi wisatawan muslim ini meski sedang bepergian tetap ingin menjalankan kewajibannya. Selain itu, makanan dan minuman halal menjadi faktor penting dalam berwisata.
http://www.accorhotels.com/0571
Sumber : http://www.accorhotels.com
Penerapan wisata halal ini sendiri mulai dari makanan halal, fasilitas sholat termasuk memberikan informasi waktu sholat, toilet yang bersih dengan air yang cukup untuk berwudhu, pelayanan ketika bulan puasa baik waktu sahur maupun waktu berbuka puasa. Hingga adanya kepastian bahwa tidak ada aktivitas non halal (seperti: alkohol, prostitusi) di lokasi wisata tersebut.
Secara keseluruhan, kriteria untuk global muslim travel index adalah
– destinasi family friendly
– keamanan secara umum dan bagi wisatawan muslim
– jumlah kunjungan wisatawan muslim
– penjaminan halal dan pilihan makanan
– akses ke tempat sholat
– fasilitas bandara
– akomodasi
– kemudahan berkomunikasi, akses transportasi udara dan visa
Air Terjun Tiu Kelep

Di Lombok Sumbawa sudah mulai gencar mempromosikan tentang wisata halal ini. Untuk tempatnya sendiri ada 3 tingkatan untuk tempat yang bisa memenuhi index GMTI. Tingkatan pertama adalah muslim friendly  yakni pelayanan di tempat ini sudah memenuhi sebagian kebutuhan dari wisatawan muslim.

Saat saya berkunjung pada 2012, meski belum ada gaung tentang wisata halal, namun masyarakat Lombok Sumbawa sudah sadar wisata dan sangat menyambut dengan ramah untuk setiap tamu yang datang ke Lombok. Tidak hanya wisatawan mancanegara namun juga wisatawan domestik.  Apalagi saat saya tiba di Lombok, sudah malam hari. Meski baru pertama kali datang, namun saya dengan mudah tiba di tempat menginap dengan aman.

Pelayanan yang ramah tidak hanya oleh pelaku industri namun juga masyarakat Lombok Sumbawa membawa negeri ini melambung namanya. Karena kesan baik yang didapatkan oleh setiap tamu yang datang itu akan selalu dikenang dan diceritakan kepada seluruh teman, saudara, dan keluarga dari wisatawan tersebut. Dan akhirnya marketing mulut pun jalan, sehingga banyak yang datang ke Lombok Sumbawa.

Tingkatan kedua dari wisata halal adalah halal service, ini adalah kunci pelayanan di tempat ini yang memenuhi semua kebutuhan wisatawan muslim. Ketersediaan mushola, terutama tempat shalat yang terpisah antara wanita dan pria. Petunjuk arah kiblat didalam kamar hotel atau hostel. Termasuk jaminan sertifikat halal dari MUI untuk makanan. Hal ini sangat memberikan jaminan dan kenyamanan bagi setiap wisawawan muslim yang datang.

Saat saya berkunjung ke Lombok Sumbawa di akhir 2012 silam tersebut. Saya merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam menjalankan ibadah shalat lima. Selain itu saya juga dengan mudah mengkonsumsi makanan halal karena terdapat petunjuk yang jelas dan sertifikat halal di restoran dan rumah makan.

Tingkatan ketiga atau tertinggi dalam penerapan wisata halal adalah shariah compliant facilities. Tempat ini bukan hanya memenuhi semua kebutuhan wisatawan muslim tetapi juga mematuhi aturan syariah lainnya. Misalnya untuk urusan keuangan tidak menggunakan bunga.

Kunci keberhasilan Lombok Sumbawa dalam mengembangkan wisata halal tidak hanya berasal dari orang nomor satu di provinsi Nusa Tenggara Barat. Seperti yang kita ketahui Gubernur NTB, Muhammad Zainul Majdi selain mendapatkan penghargaan sebagai Gubernur Paling Muda  di Indonesia, juga karena seorang hafiz (penghapal) Al-Qur’an.
Namun juga peran dari seluruh masyarakat Lombok serta pelaku industri yang terus berusaha memajukan wisata halal di Lombok Sumbawa. Bahkan di Lombok Sumbawa terdapat kelompok relawan Wonderful Lombok Sumbawa yang membantu mempromosikan pariwisata negeri ini.
Terinspirasi dari hal tersebut, lahir Generasi Pesona Indonesia atau Genpi pada Desember 2015, yang terbentuk atas inisiasi BPPD Provinsi NTB. Peranan kaum muda di NTB dalam mempromosikan pariwisata di Lombok dan Sumbawa adalah bukti nyata kepedulian masyarakat kepada daerahnya. Agar pariwisata Lombok Sumbawa ini semakin populer di mata dunia.
“Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Promosi Lombok Sumbawa 2016 yang diselenggarakan oleh GenPI Lombok Sumbawa

4 thoughts on “Wisata Halal Lombok Sumbawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *