Usaha Pembuatan Tempe

Taping Halo Palembang Usaha Pembuatan Tempe

Tidak seperti makanan kedelai tradisional lain yang biasanya berasal dari Cina atau Jepang. Tempe berasal dari Indonesia, tidak  jelas kapan pembuatan tempe dimulai. Namun makanan tradisonal ini sudah dikenal sejak berabad-abad lalu terutama dalam tatanan budaya makan masyarakat Jawa.

Usaha Pembuatan Tempe

Kedelai yang sudah dicuci dan direndam

Makanan dari fermentasi biji kedelai ini memang diminati oleh banyak orang. Tempe banyak dikonsumsi di Indonesia tapi sekarang telah mendunia. Kaum vegetarian di seluruh dunia banyak yang menggunakan tempe sebagai pengganti daging. Akibatnyo sekarang tempe diproduksi di banyak tempat di dunia tidak hanya di Indonesia.  Berbagai penelitian di sejumlah negara  seperti Jerman, Jepang dan Amerika Serikat.

Usaha Pembuatan Tempe

Kedelai yang sudah diberi ragi tempe

Terdapat berbagai metode pembuatan tempe, namun teknik pembuatan tempe di Indonesia secara umum terdiri dari tahapan perebusan, pengupasan, perendaman dan pengasaman. Pencucian inokulasi dengan ragi,  pembungkusan dan fermentasi.

Usaha Pembuatan Tempe

Pembungkusan Tempe

Di tahap awal pembuatan tempe, biji kedelai direbus tahap perebusan lalu dilakukan pengupasan kulit kacang kedelai. Setelah dikupas biji kedelai direndam, setelah itu dilakukan proses pencucian akhir dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang mungkin dibentuk oleh bakteri asam laktat. Dan agar biji kedelai tidak terlalu asam bakteri dan kotorannya bisa menghambat pertumbuhan fungi.

Usaha Pembuatan Tempe

Tempe yang sudah dibungkus

Lalu ditaburkan ragi tempe kepermukaan kacang kedelai yang telah dingin dan dikeringkan lalu dicampur merata sebelum pembungkusan. Setelah itu biji-biji kedelai dibungkus dengan daun atau plastik.  Bahan pembungkus dari daun atau plastik biasanya diberi lubang-lubang dengan cara ditusuk-tusuk. Biji-biji kedelai yang telah dibungkus dibiarkan untuk mengalami proses fermentasi.

Usaha Pembuatan Tempe

Proses fermentasi tempe

Zat gizi tempe lebih mudah dicerna diserap dan dimanfaatkan tubuh dibandingkan dengan yang ada dalam kedelai. Tempe pun sangat bermanfaat bagi tubuh terutama sebagai anti kolesterol dan anti oksidan.

Be the first to like.

Incoming search terms: