Indonesia,  Lifestyle,  Palembang,  Travelling

Uniknya Pasar Tumpah Jum’at di Masjid Agung Palembang

Sharing is caring!

Ada tradisi unik yang bisa kita nikmati saat berada di Palembang, khususnya di hari Jum’at. Palembang memiliki jejak keislaman yang kuat dengan hadirnya Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Palembang atau lebih dikenal dengan Masjid Agung Palembang. Masjid yang berdiri sejak abad 18 ini merupakan peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam. Menariknya masjid ini memiliki arsitektur yang dipengaruhi dipengaruhi gaya Indonesia, China dan Eropa.

Selain bisa melakukan ibadah shalat Jum’at di Masjid Agung Palembang. Para pengunjung yang datang di hari Jum’at bisa menikmati juga aktivitas jual beli di masjid yang berlokasi Jalan Jendral Sudirman no 1 Kel 19 Ilir, Kec Bukit Kecil, Palembang. Pasalnya saat hari Jum’at saja tradisi ini bisa ditemui yakni Pasar Tumpah alias Pasar Kaget atau disebut juga Pasar Jum’at. 

Saat hari Jum’at tiba, halaman Masjid Agung Palembang ini penuh dengan pedagang kaki lima (PKL). Aneka jenis barang yang dijual oleh para PKL ini sejak sebelum waktu shalat Jum’at hingga  setelah shalat Jum’at berakhir. Kita bisa menemukan penjual pakaian, celana panjang, peci, sepatu, Al-Qur’an, buku-buku Islam, minyak wangi perlengkapan sholat hingga berbagai macam makanan. Bahkan kita bisa menemukan penjual makanan langka seperti Gulo Puan (gula yang terbuat dari susu kerbau)  hingga Kue Pari (kue berbahan dasar tepung ketan dan didalamnya diisi kepala parut dan gula merah).

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I

Ada juga pedagang obat-obat tradisional seperti minyak kalajengking beserta kalajengking hidup di pasar Jum’at ini. Umumntya para pedagang ini datang dari berbagai penjuru kota Palembang bahkan ada juga yang datang dari luar kota Palembang. Jual beli pun terjadi sejak sebelum sholat Jum’at dan semakin ramai setelah sholat. Para pedagang pun membubarkan diri sebelum waktu sholat Ashar.

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I

Pasar Jum’at ini banyak peminatnya loh, alasanya sih karena harga barang-barang yang dijual disini jauh lebih murah dari  tempat lain. Bahkan ada barang-barang tertentu yang hanya bisa dibeli di Pasar Jum’at ini saja. Biasanya selepas shalat Jum’at, para jama’ah di masjid Agung langsung santap siang disini. Lihat saja gerobak sate padang, bakso hingga nasi padang lengkap ada disini.

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I

Biasanya karena alasan praktis, para jamaah ataupun yang non jamaah shalat Jum,at  membeli barang-barang di pasar Jum’at ini. Tentunya dengan harga yang jauh lebih murah dan kwalitas barang yang sama seperti di toko bisa menjadi alasan tersendiri mereka belanja di Pasar Jum’at. Aktivitas jual beli di Pasar Jum’at ini bisa menjadi pengalaman wisata religi dan wisata belanja sekaligus di Masjid Agung Palembang.

Ayo berwisata religi dan wisata belanja di Masjid Agung Palembang

 

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar