Traveling ke Thailand, Wajib Nikmati Makanan Ini

Sharing is caring!

Mendengar nama Thailand yang terlintas di benak kita tentunya adalah Tom Yum, Mango Sticky Rice ataupun Thai Tea. Makanan dan minuman khas negeri Gajah Putih tersebut memang saat ini dengan mudah dapat kita jumpai di Indonesia.

Bahkan di Palembang,  kota tempat saya tinggal, sudah ada cafe khusus yang menjual makanan khas Thailand. Palembang sendiri memang terkenal dengan Pindang yang cita rasa nya tidak jauh berbeda seperti Tom Yum, yang terkenal dengan rasa pedas dan asam. Sehingga sangatlah wajar jika Palembang memiliki cafe khusus makanan Thailand.

Tom Yum dan Gang Keow Wan

Beragam jenis kuliner Thailand menjadi daya tarik para wisatawan datang berkunjung ke negeri ini. Thailand memang terkenal sebagai  salah satu surga kuliner yang ada di kawasan Asia Tenggara. Berwisata kuliner makanan khas di tempat yang dikunjungi adalah hal wajib yang dilakukan bagi seorang traveler.

Sajian kuliner yang menggoda selera tersebut dapat dinikmati dari pasar terapung (floating market), kios kaki lima (street food) hingga restoran ternama. Setiap tempat memberikan sensasi berbeda dan menjadi pengalaman menarik. Selain rasanya yang lezat harga makanan di Thailand juga sangat terjangkau.

Bagi yang merencanakan perjalanan alias traveling ke Thailand, harus menikmati berbagai macam kuliner khas Thailand.

Berikut Makanan Yang Wajib Dinikmati di Thailand

1. TOM YUM GOONG

Tom Yum di salah satu kedai street food di Hatyai, Thailand

Tom Yum adalah makanan khas Thailand yang sangat terkenal di seluruh penjuru dunia. Kelezatan kuah asam dan pedas dari kuliner yang berisi aneka jenis seafood didalamnya memberikan sensasi tersendiri. Perpaduan bumbu mulai cabai, daun jeruk, serai hingga lengkuas menjadikan Tom Yum kaya rasa. Meski bisa menikmati Tom Yum di Indonesia. Namun rasa Tom Yum di Thailand jauh lebih enak dibandingkan di restoran Indonesia. Karena di negara asalnya Tom Yum langsung diramu oleh juru masak handal.

2. PAD THAI

Pad Thai di salah satu kedai street food di Hatyai, Thailand

Pad thai juga menjadi salah satu kuliner favorit di Thailand mulai dari restoran ternama hingga kaki lima menyajikan makanan satu ini. Makanan yang terbuat dari mie dimasak bersama tauge, telur dan seafood. Saat disajikan biasanya dilengkapi dengan kacang tanah yang sudah dicincang kasar. Rasa gurih dan asam menjadikan makanan ini semakin  terasa nikmat disantap.

3. KAI TOD

Kai Tod

Jika jalan-jalan ke Thailand, pastikan untuk mencicipi sajian ayam goreng khas Thailand. Hampir di sepanjang jalan, kalian akan menjumpai penjual ayam goreng. Ayam goreng khas Thailand ini  sedikit berbeda karena ayam goreng ini telah dibumbui dan berbalut tepung tipis serta digoreng renyah. Aroma yang menggoda dan warna cokelat keemasan semakin menggugah selera. Biasanya penjual ayam goreng juga menjual aneka jenis seafood. Tidak usah khawatir, harganya relatif murah.

4. NAI MONG HOY TOD

Nai Mong Hoy Tod

Sajian kuliner yang juga menggugah selera adalah nai mong hoy tod. Makanan satu ini mirip seperti telur dadar atau omelet. Namun ada yang beda karena saat proses pembuatannya ditambah dengan kerang. Sehingga banyak yang menyebut makanan ini dengan oyster omelette atau shellfish omelette. Berbeda jika di Indonesia telur dadar disajikan sebagai lauk makan. Jika di Thailand, makanan ini dijadikan sebagai cemilan. Penyajiannya pun dilengkapi dengan saus sebagai pelengkap. Selain bisa menikmati makanan ini, kita juga bisa menyaksikan para penjual makanan ini beratraksi saat membuat sajian ini.

5. KHAO NIEW MA MUANG

Mango Sticky Rice di Klonghae Floating Market, Hatyai, Thailand

Khao niew ma muang atau mango sticky rice adalah dessert yang sangat terkenal di Thailand. Setelah menyantap aneka sajian kuliner yang lezat, dessert ini menjadi pilihan paling tepat. Ketan kukus yang disajikan bersama potongan mangga segar dan krim santan yang gurih ini membuat yang menyantapnya ketagihan. Rasa manis, gurih dan segar memberikan kenikmatan di lidah. Kuliner satu ini bisa ditemukan dengan mudah di setiap sudut jalan di Thailand. Pastikan untuk tidak melewatkan makanan satu ini.

6. LUK CHUB

Luk Chub

Luk Chub adalah kue khas Thailand, Luk Chub. Bentuknya sangat menarik, berwarna warni dan berkilau yang menjadikannya sangat menggugah selera. Kue cantik berbentuk seperti buah dan sayuran mini ini berisikan pasta kacang hijau didalamnya.

7.THAI ROTI PANCAKE

Thai Roti Pancake

Salah satu jenis makanan yang wajib di coba di Thailand adalah Thai Roti Pancake. Bentuknya tidak seperti roti pada umumnya jika Indonesia malah seperti  martabak telur. Roti khas Thailand ini bentuknya tipis dan sangat renyah dan lembut.  Bisa polos tanpa isian atau dengan isian buah-buahan seperti pisang atau nanas, maupun isian nutella, susu atau cokelat. Saat disajikan dalam keadaan masih hangat roti disiram dengan susu kental manis. Untuk menikmatinya pun sangat mudah karena di sepanjang jalan terdapat penjual roti khas Thailand ini.

8. I-DTIM MAT PHRAO

Thai Coconut Ice Cream

Bagi penggila es krim jangan lewatkan Thai coconut ice cream yang memang sudah terkenal kelezatannya. Es krim berbahan dasar kelapa yang diramu dengan campuran santan, gula aren dan garam. Sehingga membuat es krim Thailand memiliki rasa gurih dan manis yang khas. Es krim disajikan dengan topping dari kacang, jagung, roti atau nangka. Bahkan ada yang melengkapi dengan kelapa beserta tempurung kelapa sebagai wadahnya. Rasa dingin, manis dan segar dari es krim tentunya bisa menenangkan saat cuaca panas.

9. THAI TEA

Kedai Thai Tea di Pinggir Jalan Hatyai, Thailand

Tentu tidak asing lagi dengan Thai Tea, minuman khas asal Thailand ini dengan mudah ditemukan di sepanjang jalan. Bagi yang sudah ataupun belum mencicipi Thai Tea di Indonesia.  Es teh susu ini berbeda dengan es teh kebanyakan karena berwarna orange. Thai Tea mengandung banyak manfaat untuk kesehatan karena bahan-bahan yang tercampur di dalamnya. Mulai dari Thai black tea, adas bintang, biji asam, dan juga susu. Cuaca panas pun akan terlupakan saat menikmati Thai Tea selama jalan-jalan di Thailand.

10. ES CAMPUR THAILAND

Aneka Jenis Minuman

Thailand juga terkenal aneka jenis pilihan minuman. Sebut saja air kelapa muda. Di sepanjang jalan dengan mudah bisa ditemukan penjual minuman air kelapa. Tidak hanya itu ada juga yang menjual sari buah asli dari seperti sari jeruk hingga sari leci.

Es Campur Thailand

Selain itu bagi yang traveling ke Thailand, cobalah menikmati es campur Thailand. Minuman ini seperti es campur di Indonesia, namun ada yang berbeda. Meski penjual menamakan bubur, namun ternyata didalamnya dicampur dengan buah-buahan, bola-bola tapioka, ubi jalar dan jellyserta dilengkapi dengan es, sirup dan santan.

Sudah siap mencoba seluruh makanan khas Thailand itu? Pastikan untuk tidak melewatkannya selama liburan di Thailand.

14 thoughts on “Traveling ke Thailand, Wajib Nikmati Makanan Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *