Lifestyle · Tips · Travelling

Tips dan Trik Untuk Yang Pertama Kali Naik Kereta Api

Sharing is caring!

Perjalanan dengan kereta api adalah salah satu pilihan transportasi menuju kota tujuan dengan mudah dan murah. Namun tidak semua orang pernah melakukan perjalanan dengan moda transportasi yang satu ini. Dengan berbagai alasan, ada banyak orang yang baru pertama kali naik kereta, dan tak jarang bingung bagaimana cara untuk menikmati si ular besi raksasa ini.

Buat kamu yang baru pertama kali naik kereta api, beberapa tips berikut ini bisa membantu perjalanan kamu agar mudah dan nyaman.

Beli Tiket Sejak Jauh Hari

Saat ini, tiket kereta api baik jarak jauh maupun dekat, bisa dipesan sejak jauh hari. Untuk jarak dekat, tiket hanya bisa dipesan melalui loket di stasiun mulai H-7 keberangkatan. Sementara untuk kereta jarak jauh, tiket bisa dipesan sejak beberapa bulan sebelumnya secara online lewat website seperti www.traveloka.com.

Baca Juga: Menyibak Curup Tenang Bedegung, Air Terjun Tertinggi di Sumsel

Cermat Memilih Tempat Duduk

Untuk mendapatkan pengalaman perjalanan yang nyaman dengan kereta api, pilihlah seat menghadap ke depan dan terletak di sebelah jendela. Selain membuat pemandangan jadi lebih nyaman, seat menghadap depan juga mengurangi kemungkinan kamu mengalami mabuk darat selama perjalanan.

Jika ragu nomor seat yang kamu pilih sudah benar menghadap ke depan atau tidak, jangan ragu untuk menghubungi PT KAI lewat telepon atau media sosial. Admin semua akun medsos PT KAI sangat aktif dan memudahkan penumpang untuk mendapatkan informasi.

Pilih Gerbong Tengah

Gerbong yang paling nyaman, khususnya untuk perjalanan jauh adalah bagian tengah. Jadi selain seat menghadap depan dan dekat dengan jendela, pilihlah gerbong bagian tengah yang posisinya bisa kamu lihat secara online.

Siapkan Kartu Tanda Pengenal

Ketika membeli tiket kereta api, kamu akan diminta nomor kartu tanda pengenal yang bisa berupa KTP atau SIM. Pastikan kartu tanda pengenal yang kamu pakai untuk membeli tiket, dibawa ketika melakukan perjalanan. Karena tanpa kartu identitas yang sesuai, kamu tidak akan bisa masuk ke dalam stasiun.

Simpan Nomor Pesanan Tiket Dengan Baik

Jika kamu membeli tiket secara online, kamu akan mendapatkan nomor pemesanan dan barcode untuk mencetak tiket sendiri di stasiun. Agar mudah, simpan e-mail konfirmasi dan nomor pesanan tiket secara terpisah dari e-mail lainnya agar memudahkan pencarian ketika berangkat.

Datang Minimal 15 Menit Sebelum Kereta Berangkat

Kereta zaman sekarang sudah berbeda dengan dulu yang suka ngaret ketika berangkat. Kamu terlambat satu detik saja, sudah pasti ditinggalkan. Karena itu, datanglah minimal 15 menit sebelum kereta berangkat. Selain punya waktu yang cukup untuk naik ke dalam kereta tanpa terburu-buru, datang lebih awal juga sangat membantu ketika ternyata jalur kereta kamu lokasinya cukup jauh dengan pintu masuk stasiun.

Bawa Tas Kecil

Agar perjalanan lebih nyaman, pisahkan barang bawaan di dua tas berbeda. Letakkan koper dan tas besar di kabin atas tempat duduk. Sementara tiket dan benda berharga lainnya letakkan di tas kecil yang bisa dibawa ke mana-mana.

Selama perjalanan, kamu nggak perlu khawatir dengan baterai ponsel atau laptop, karena di masing-masing tempat duduk sudah disediakan colokan. Kalau kamu menumpang kelas eksekutif, juga terdapat televisi untuk hiburan dan harga tiket sudah termasuk bantal dan selimut.

Kalau kamu naik kelas ekonomi, bantal dan selimut sewa sendiri ya. Murah kok, nggak sampai bikin kantong jebol.

Selamat menikmati perjalanan dengan kereta api!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *