Blogosphere · Teknologi

Switchable Me: Bersinar dengan Acer Switch Alpha 12

Sharing is caring!

Betapa menyenangkannya jika bisa menjalankan profesi impian dan hobi sekaligus. Seperti itulah saya, sejak kecil menulis menjadi hobi yang sangat saya cintai.  Dan kini impian masa kecil saya menjadi seorang jurnalis televisi sudah terwujud. Saya tidak pernah menyadari jika hobi menulis itulah yang akhirnya membawa saya meraih profesi impian tersebut.

Hal yang paling menyenangkan adalah ketika kau bisa melakukan hal yang kau cintai. Apalagi seiring dengan perkembangan teknologi, hobi menulis itu tidak hanya tersimpan rapi di dalam buku atau harddisk komputer saja. Namun apa yang saya tulis bisa dibaca oleh banyak orang melalui blog.

img-20151231-wa0009

Seperti kodrat seorang wanita yang terlahir multitasking, saya mengikuti naluri tersebut. Saya menjalani profesi dan hobi itu bersamaan. Terkadang jika ada kesempatan untuk menulis karena sembari menunggu narasumber untuk wawancara, biasanya saya membuat draft tulisan di blog.

Agar bisa menjalani profesi dan hobi secara bersamaan, saya perlu perangkat yang bisa nyaman dibawa namun juga tangguh. Pasalnya perangkat kerja saya mulai dari kamera video, mikrofon, sudah menyita ruang di tas dan tenaga saya. Sehingga saya membutuhkan perangkat notebook yang ringan yang nyaman dibawa kemana-mana, performa yang tangguh hingga dengan teknologi terkini.

dscf0229

Saya pun mulai mencari produk apa yang cocok untuk mendukung aktivitas saya yang padat baik sebagai jurnalis maupun blogger. Tentunya notebook yang ringan, nyaman dibawa kemana-mana, namun juga bisa digunakan mobile dengan teknologi terbaik dan paling mutakhir. Perangkat yang memudahkan saya “switchable” antara profesi dan hobi.

Beruntungnya Acer baru-baru ini meluncurkan Acer Switch Alpha 12, produk terbaru notebook 2-in-1 yang powerful dan fanless. Acer menunjukkan eksistensi dengan terus berinovasi melahirkan produk yang sangat modern tidak hanya dari sisi desain namun juga performa dari notebook itu sendiri.

Karena penasaran dengan produk terbaru dari pabrikan pemimpin notebook 2-in-1 di Indonesia ini, saya pun mengulik informasinya dan ternyata banyak sekali keunggulan dari  Switch Alpha 12.

Sistem Pendingin Tanpa Kipas

Acer memberikan gebrakan dengan teknologi sistem pendingin bagi notebook menggantikan peran kipas sebagai pengusir panas.  Teknologi Acer LiquidLoop™ berfungsi menstabilkan suhu prosesor Intel Core i-Series di dalamnya secara optimal. Sistem ini bekerja dengan mengandalkan pipa berisikan cairan pendingin.

Sistem pendingin tanpa kipas ini sangat baik bagi performa notebook karena bisa melindungi notebook karena overheating. Sehingga tidak perlu repot menggunakan kipas tambahan yang diletakkan dibawah notebook. Selain itu bisa semakin fokus bekerja karena tidak akan pusing akibat suara bising kipas konvensional yang berputar tersebut.

1

Switch Alpha 12 ini beroperasi dengan sistem pendingin tanpa kipas atau fanless sehingga membuat notebook hybrid ini bebas dari debu. Sehingga nyaman untuk dipangku ataupun diletakkan di kasur. Selain itu tanpa ventilasi artinya tidak ada sirkulasi udara yang keluar masuk yang menjadi penyebab masuknya debu pada mesin laptop.

Saya baru mengetahui fakta jika ternyata hal ini bisa membuat notebook semakin hemat energi. Pasalnya debu yang menempel pada kipas sangat berpotensi membuat suhu overheat yang merusak motherboard. Dengan begini, notebook bisa berumur panjang. Sistem fanless Switch Alpha 12 ini membuat notebook bisa digunakan dalam waktu lama tanpa khawatir harus re-charge.

Desain Ramping dan Fleksibel

Acer ternyata sangat memperhatikan pentingnya desain yang bisa digunakan mendukung mobilitas. Sehingga Acer merancang Switch Alpha 12 agar bisa digunakan secara mobile dengan desain bodi yang tipis dan bobot yang ringan. Sehingga notebook ini sangat cocok untuk saya dengan mobilitas tinggi dan saya bisa lebih fleksibel mengerjakan deadline dimana saja.

Desain Switch Alpha 12  sangat fleksibel, bisa dilepas antara keyboard dan layar, bisa digunakan sebagai notebook atau tablet sesuai kebutuhan penggunanya. Untuk mengubah mode tablet menjadi notebook, pengguna hanya perlu melepas dan memasang kembali keyboard docking yang telah dilengkapi engsel magnet. Sistem engsel magnet Switch Alpha 12  ini membuat pengguna bisa melepas keyboard secara cepat dan aman.

notebook hybrid terbaik

Ternyata keyboard docking ini memiliki fungsi sebagai screen protection, jadi bukan sekadar aksesoris semata.  Bahkan Acer mendesain keyboard docking ini super tipis dengan lampu backlit agar pengguna bisa tetap mengetik meski sedang berada di tempat yang gelap.

Switch Alpha 12  ini dilengkapi kickstand agar pengguna nyaman melihat notebook bahkan sudutnya bisa dimiringkan hingga 165 derajat.  Sehingga pengguna bisa mengetik, menonton film, bermain games ataupun mencatat dan menggambar dengan lebih nyaman.

Acer Switch Alpha 12

Performa Terbaik dengan Fitur Terdepan

Switch Alpha 12 memiliki performa yang sangat tangguh, terbaik dan kencang dengan didukung fitur terdepan. Tidak tanggung-tanggung, Acer menanamkan prosesor Intel Core i-Series generasi ke-6 yang terbukti memiliki kinerja kencang dan hemat energi.

Hal ini tentu membuat Acer Switch Alpha 12 berada di level lebih tinggi dibanding produk sejenis yang masih mengandalkan prosesor Intel Core M.

Acer Switch Alpha 12

Bagi seorang designer atau komikus, tentu notebook ini menjadi jawaban saat ide muncul dimana saja, langsung bisa dituangkan dan tersimpan didalam memory notebook bukan memori kepala yang terkadang akhirnya ide tersebut hilang karena banyaknya aktivitas.

Pasalnya untuk mendukung performa Switch Alpha 12, Acer telah melengkapi notebook dengan pena digital Active Pen. Sehingga pengguna bisa berkreativitas dengan stylus ini, karena tingkat sensitivitas stylus ini hingga 256 tingkat tekanan. Stylus ini sangat membantu saat menggunakan fitur Windows Inks. Karena pengguna bisa mengatur ketipisan dan ketebalan garis atau membuat sketsa digital lebih presisi dengan layar sebagai kanvasnya.

Transfer Data Kian Cepat

3

Untuk mendukung tingkat mobilitas yang tinggi, Switch Alpha 12 telah dilengkapi fitur teknologi terdepan seperti port USB Type-C dengan USB 3.1 gen 1.  Melalui port tersebut, pengguna bisa mendapatkan transfer data berkecepatan hingga 5 Gbps, alias 10 kali lipat lebih kencang dibanding USB 2.0.

Menariknya, port USB Type-C bisa berfungsi sebagai output video, sebagai seorang pekerja media televisi, saya harus bisa mendapatkan gambar video yang bagus dengan kualitas suara yang bagus. Sehingga  dengan Switch Alpha 12 bisa memudahkan dalam cek video hasil shooting. Selain itu port USB Type-C bisa digunakan untuk re-charge gadget karena bisa mengalirkan daya hingga 4.5W.

Display Resolusi Tinggi dengan Fitur Anti Radiasi

 

4

Saat sudah menjalani aktivitas yang padat, tentunya tingkat konsentrasi semakin berkurang. Apalagi saat dikejar deadline menuntut pengguna harus berlama-lama di depan komputer. Padahal, hal itu bisa membahayakan kesehatan mata karena mata bisa menjadi cepat lelah dan kering. Bahkan beberapa hari lalu, saya sempat mengalami iritasi pada mata karena terlalu lama berada di depan komputer.

Acer telah melengkapi Switch Alpha 12 dengan fitur Acer BlueLight Shield, teknologi yang mampu melindungi mata dari emisi cahaya biru dari layar notebook. Sehingga pengguna bisa tenang berlama-lama di depan komputer.  Switch Alpha 12 ini memiliki display layar 12 inch dengan resolusi tinggi yaitu QHD (2160×1440) dan dilengkapi dengan teknologi IPS. Hal ini mampu menghadirkan gambar tajam dan warna yang baik dari berbagai sudut.

a1

Kesimpulan

Switch Alpha 12 adalah desain inovatif dan teknologi canggih untuk memberikan kenyamanan lebih kepada para penggunanya. Bagi yang mencari notebook sekaligus tablet Windows 10 yang kencang menunjang beraktivitas, Switch Alpha 12 adalah pilihan yang tepat. Cukup dengan Rp 13.799.000,- sudah bisa membawa pulang Switch Alpha 12 Core i5 dan Rp 19.999.000,- untuk Switch Alpha 12 Core i7.

Saya pun semakin penasaran ingin membeli Acer Switch Alpha 12. Semoga ada rezeki untuk membeli laptop impian agar bisa mendukung profesi dan hobi saya sehingga bisa membuat saya semakin “Switchable Me”.

So, tunggu apalagi? Miliki perangkat canggih Switch Alpha 12 sekarang juga!

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba #SwitchableMe

Sumber foto: Acer dan Pribadi

5 thoughts on “Switchable Me: Bersinar dengan Acer Switch Alpha 12

    1. Iya mas cumi, suzan jadi ingat pernah beli laptop di tahun 2009 dengan harga segitu juga, jadi sekarang mesti upgrade lagi, kalo dibandingin harga sebanding dengan performanya mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *