Event · Travelling

Siap-siap Musi Triboatton 2016

Sharing is caring!

Gelaran kompetisi olahraga dayung internasional bertajuk “International Musi Triboatton 2016” segera dimulai. Kementerian Pariwisata RI dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk kali kelima menggelar olahraga wisata mengarungi Sungai Musi di Sumatera Selatan pada 11-15 Mei 2016.

Antusiasme peserta untuk mengikuti Musi Triboatton 2016 ini begitu tinggi. Di tahun ini tercatat ada 10 negara seperti China, Macau, Philipina, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, dan tuan rumah Indonesia. Sebanyak 16 tim dayung akan berlaga menjadi yang terbaik dalam lomba olahraga dayung terbuka. Ada tiga lomba dayung mulai dari rafting, canoeing dan dragon boat.

International Musi Triboatton 2016

Para peserta akan menelusuri Sungai Musi sepanjang 523 km dimulai dari hulu Sungai Musi hingga finish di Jembatan Ampera Palembang. Terdapat 5 etape yang harus dilalui seluruh peserta dengan start dari Tanjung Raya Kabupaten Empat Lawang lalu menuju etape kedua di Muara Kelingi, Kabupaten Musirawas.

Dengan menggunakan kapal induk yang disebut kapal jukung para peserta Musi Triboatton menuju lokasi etape ketiga di kota Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin. Pembukaan Musi Triboatton 2016 ini akan dilaksanakan di Gelanggang Remaja, Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin pada 12 Mei 2016. Lalu peserta menuju lokasi etape keempat yang dilaksanakan di Banyuasin. Seluruh peserta akan menutup dan mengakhiri rangkaian Musi Triboatton 2016 di etape kelima di Kota Palembang.

musi triboatton jukung

Di setiap etape seluruh tim akan berlomba baik rafting, canoe maupun dragon boat. Tim yang menang akan mengumpulkan poin dan nantinya poin tertinggi akan menjadi juara umum dari Musi Triboatton 2016. Para atlet dayung ini akan berlaga memberikan penampilan terbaik yang pastinya akan menghibur masyarakat maupun pengunjung yang ingin menyaksikan langsung Musi Triboatton.

Musi Triboatton ini juga menjadi ajang pertukaran budaya, karena para peserta bisa mendapatkan pengalaman menelusuri Sungai Musi dan merasakan langsung kehidupan diatas Sungai Musi. Yang tentunya menjadi pengalaman menarik dan tak terlupakan bagi seluruh peserta.

Selain bisa menyaksikan dan merasakan secara langsung bagaimana kehidupan masyarakat Sumatera Selatan yang hidup di tepian Sungai Musi. Para peserta Musi Triboatton juga bisa menikmati keberagaman budaya, seni dan tradisi serta aneka jenis kuliner khas di Sumsel.

Musi Triboatton sendiri merupakan salah satu cara mengenalkan wisata menelusuri sungai dan ini baru pertama kali ada di Indonesia. Tentunya dengan adanya kompetisi olahraga dayung internasional ini dapat mengenalkan potensi wisata sungai khususnya sungai musi.

Sungai Musi merupakan pusat peradaban, pusat perdagangan serta pusat transportasi yang tetap eksis bertahan hingga saat ini. Keberadaan Sungai Musi yang tetap terjaga dengan baik membuat Kementerian Pariwisata RI berusaha mengembangkan potensi wisata Sungai Musi.

Kegiatan Musi Triboatton 2016 ini juga bisa menjadi salah satu cara meningkatkan perekonomian termasuk mempercepat pertumbuhan pembangunan di kabupaten dan kota di Sumatera Selatan. Sehingga event Musi Triboatton bisa menjadi sarana mempromosikan Sumsel dan Indonesia di mata dunia.

Ampera

Sungai Musi merupakan kebanggaan sejak zaman Kerajaan Sriwijaya. Dan dengan event ini memberikan dampak yang sangat besar bagi pelestarian Sungai Musi. Sehingga Sungai Musi bisa menjadi semakin bersih dan sungai terbaik di Indonesia. Bahkan hingga saat ini masih banyak masyarakat Sumatera Selatan yang mendirikan rumah di pinggir Sungai Musi ataupun membangun rumah rakit, rumah yang terapung di atas Sungai.

Kini saatnya pesan ticket ke Palembang di akhir pekan tepatnya 14-15 Mei 2016 untuk menyaksikan aneka jenis lomba dayung baik rafting, dragon boat maupun canoe di Sungai Musi, Palembang. Selain bisa melihat langsung Musi Triboatton 2016 para pengunjung yang datang juga bisa berwisata sungai, wisata sejarah, wisata religi hingga wisata kuliner di kota pempek ini.

One thought on “Siap-siap Musi Triboatton 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *