Event,  Indonesia,  Travelling

Semarak 17 Agustus di Palembang

Sharing is caring!

Kota Palembang menyimpan banyak hal menarik dan unik. Seperti pada peringatan HUT Kemerdekaan RI. Tidak hanya dipenuhi oleh bendera Merah Putih di setiap sudut kota hingga aneka lomba khas 17-an seperti kota lain.

Semarak peringatan 17 Agustus di Palembang memberikan kenangan yang berkesan dan tak terlupakan karena banyak tradisi unik yang bisa dijumpai di hari Kemerdekaan RI di kota pempek.

1. Tradisi Telok Abang

2015-08-17-08-30-33

Kota Palembang tak hanya terkenal akan pempek, setiap peringatan HUT RI, di setiap tahun, ada tradisi unik, yakni kita bisa melihat banyak sekali pedagang yang menjual perahu, pesawat terbang dan mobil-mobilan yang dibuat dari kayu atau gabus di pinggir jalan yang dijual bersama Telok Abang.

Telok Abang adalah tradisi yang sudah dilakukan sejak zaman Belanda. Telok Abang dalam bahasa Palembang berarti telur berwarna merah. Telur rebus yang diwarnai merah ini adalah salah satu cara memeriahkan peringatan ulang tahun Ratu Belanda Wilhelmina II di waktu Indonesia masih dijajah Belanda dengan membuat telur yang direbus dan dicat berwarna merah.

Tentunya hal ini juga mendatangkan rezeki bagi pedagang musiman, karena untuk perahu, pesawat terbang dan mobil-mobilan dijual dari kisaran harga Rp 30 ribu hingga Rp 350 ribu.

2. Lomba Ketek Hias

2015-08-17-08-31-18

Perahu ketek adalah salah satu alat transportasi yang digunakan oleh masyarakat Palembang. Perahu yang melintasi Sungai Musi setiap hari ini, pada peringatan HUT Kota Palembang, di bulan Juni dan HUT RI, bisa menonton lomba perahu ketek hias.

Perahu ketek yang dihias semenarik mungkin ini menarik minat pengunjung datang untuk melihat transportasi sungai ini hilir mudik memamerkan keindahannya kepada pengunjung yang datang. Pada Minggu, 16 Agustus 2015 sekitar 70 perahu hias ikut berpartisipasi memeriahkan HUT RI ke 70 tahun.

Perahu yang didominasi dengan warna putih melintasi rute dari Sungai Sekanak menuju Jembatan Ampera. Pemerintah Kota Palembang tidak hanya menggelar pada HUT RI tapi juga pada peringatan HUT Kota Palembang.

3. Lomba Layang-Layang

2015-08-17-08-26-08

Pada Minggu, 16 Agustus 2015, Pemerintah Kota Palembang menggelar Festival Layang-Layang. Langit Palembang pun penuh dengan beragam jenis layang-layang yang didominasi warna Merah Putih. Pemkot Palembang pun mengadakan lomba saling adu layang-layang dan lomba lomba kreasi layang-layang.

Festival layang-layang yang merupakan rangkaian kegiatan 17 Agustus di Palembang ini sangat menghibur para pengunjung yang datang ke pelataran Benteng Kuto Besak Palembang.

4. Bendera Raksasa

Tangkapan layar 2015-08-17 19.11.17

Usai upacara detik-detik Proklamasi di pelataran Benteng Kuto Besak, pada Senin,  17 Agustus 2015. Pemerintah Kota Palembang kembali mengibarkan bendera raksasa. Bendera Merah Putih sepanjang 3000 meter yang dibuat dalam waktu 5 hari 5 malam itu pun memenuhi pelataran BKB. Bendera yang dibuat lebih besar dari tahun sebelumnya dikibarkan oleh perwakilan pelajar sekota Palembang, dan alumni LKS kota Palembang.

5. Lomba Bidar

bidar

Semaraknya peringatan HUT RI di Palembang semakin bertambah pada 17 Agustus siang. Karena setiap 17 Agustus, Pemerintah Kota Palembang menggelar Festival Perahu Bidar. Tradisi ini tidak berkurang malah semakin bertambah meriah setiap tahunnya.

Tradisi sudah dimulai sejak zaman Kesultanan Palembang Darussalam. Untuk mengawasi wilayah Palembang, digunakan perahu Pencalang, karena cepatnya perahu ini, akhirnya dibuat lomba yang hingga kini terus dilestarikan.

Sehingga menjadi hal wajib bagi masyarakat Palembang dan pengunjung untuk melihat ketangkasan para peserta memacu perahu bidar untuk sampai di garis finish paling cepat.

Ada yang penasaran, ayo agendakan menikmati meriahnya peringatan HUT Kemerdekaan RI di kota Palembang tahun mendatang. Palembang menunggu-mu.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar