Apa arti sehat untukmu?

Bagi saya  sehat adalah bisa melakukan segala macam aktivitas  dengan kondisi tubuh yang fit dan bugar. Sehat juga tidak hanya terlihat dari luar saja, karena sehat juga berasal dari dalam diri sesunguhnya. Artinya  tubuh dikatakan sehat jika antara kondisi fisik dan  batinnya selaras.

Tentunya untuk menjadi sehat, kita perlu melakukan berbagai macam hal, mulai dari menjaga pola asupan  gizi yang masuk ke dalam tubuh.  Asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh juga  harus diperhatikan dengan baik. Selain itu kita juga  melakukan olahraga secara teratur.

Saat ini  sehat dengan kembali ke alam sudah menjadi bagian dari trend gaya hidup. Karena kebaikan alam akan memberikan kebaikan juga pada diri kita.

Salah satu kebaikan alam yang harus kita perhatikan adalah Soy atau kedelai. Berdasarkan informasi sejak lebih dari lima ribu tahun lalu keluarga kacang-kacangan yang telah menjadi sumber protein yang penting bagi tubuh. Beragam macam olahan kedelai bisa kita temui dengan mudah saat ini, seperti kedelai mentah, tempe, tahu tepung kedelai, konsentrat protein kedelai, miso, hingga susu kedelai.

Sehat dengan Kebaikan Kedelai

Berbagai Olahan Kedelai

Tahukah anda jika setiap orang dianjurkan mengasup kedelai 50-90 mg per hari. Mari kita mencontoh orang Jepang yang bisa mengkonsumsi kedelai hingga 200 mg per hari. Hasilnya tingkat kesehatan orang Jepang jauh lebih tinggi dengan  risiko lebih kecil terhadap sejumlah penyakit seperti kanker payudara, kanker prostat hingga osteoporosis.

Manfaat kedelai :

1. Kedelai kaya akan isoflavon yang berperan :

- Mengurangi risiko kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker prostat

- Menurunkan kadar kolesterol total dan LDL (kolesterol jahat), serta menaikkan HDL (kolesterol baik)

-  Menurunkan tekanan darah

-  Mencegah mutasi gen hingga mencegah penuaan dini

-  Memperbaiki metabolisme lemak dan mengontrol berat badan

-  Mencegah osteoporosis pada perempuan pascamenopause

2. Kedelai memiliki kandungan protein nabati terbesar dari kacang-kacangan yang lain ditambah 9 asam amino.

Asupan pangan dan gizi yang masuk kedalam tubuh juga harus diperhatikan. Salah satu indikatornya adalah Glikemik Indeks (GI) .

Sehat dengan Kebaikan Kedelai

GI Comparison

Tingkatan pangan dengan skala 0 – 100  ini akan berimbas pada  kadar gula darah. Sehingga anda harus mewaspadai makanan yang masuk kedalam tubuh, karena makanan dengan nilai GI tinggi  dengan cepat akan menaikkan kadar gula darah, begitupun sebaliknya makanan dengan nilai GI rendah akan lambat menaikkan kadar gula darah.

Sehat dengan Kebaikan Kedelai

GI Chart

High GI

Diantaranya kurma, semangka, nasi, rice crackers, nasi, pizza, muffin, cookies, biskuit, jelly beans, wafer, donat, labu hingga roti tawar dan macaroni.

Medium GI

Diantaranya jagung, mapple sirup, croissant, instan oatmeal, nanas, soda, bit, es krim, mangga, pepaya dan madu.

Low GI

Diantaranya kentang, strawberry jam, whole wheat, kelapa, susu kedelai, kacang polong, pir, jeruk, anggur, strawberry, apel, keju, yoghurt, butter, brokoli, kopi, low fat milk, jamur dan teh.

SOYJOY

Selain makanan utama seperti sarapan, makan siang dan makan malam, terkadang kita masih suka mencari cemilan sebagai selingan makan utama. Namun sayangnya cemilan yang kita pilih justru bisa menaikkan kadar gula darah karena High GI.

Bagi yang ingin mencari cemilan sehat, SOYJOY merupakan pilihan tepat karena terbuat dari tepung kedelai dan buah-buahan asli yang dikeringkan yang dipastikan mengandung isoplavon dan Low GI sehingga bisa mengendalikan kadar gula darah dan berat badan. Dan pastinya karena SOYJOY berbahan dasar kedelai dan buah ini kaya akan protein, serat, vitamin dan mineral.

Proses pengolahan oven bake dengan suhu tinggi dan tanpa pengawet membuat kita semakin aman mengkonsumsinya. SOYJOY adalah pilihan cerdas selain praktis, aman bagi berat badan juga menyehatkan tubuh. Anda tinggal memilih 5 varian rasa yaitu Hawthorn Berry, Raisin Peanut, Apple, Mango Coconut dan Strawberry.

SOYJOY Healthylicious 2

Setelah sukses pada tahun 2010 lalu, kini pada 2011 Soyjoy Fruit Soy Bar menggelar kembali kompetisi kampanye gaya hidup sehat dengan kedelai.

Saya sendiri menyukai tantangan dan olahraga. Jika di masa kuliah sempat berolahraga setiap hari, selain untuk menjaga kebugaran juga tanggung jawab sebagai atlet Taekwondo Sumatera Selatan.  Kini setelah bekerja ternyata untuk meluangkan waktu berolahraga sudah tidak sempat lagi.

Dengan adanya kompetisi SOYJOY Healthylicious 2 ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya untuk menyelesaikan setiap tahapan dan misi dari tim SOYJOY Healthylicious 2. Kompetisi ini akan memberikan dampak yang luar biasa bagi  kesehatan dan kebugaran fisik.

Pasalnya disini ada pengaturan pola makan sehat, teratur berolahraga, memonitor level kesehatan tubuh dengan tes kesehatan rutin hingga konsultasi dengan ahli nutrisi. Selain jadi sehat dan bugar hadiah yang diberikan pun sangat menarik yakni berlibur ke Osaka, Jepang.


Sumber :

- www.soyjoy.co.id

- Kompas

Be Deliberate with your Carbohydrate Consumption

Low GI Food

- Youtube

Be the first to like.

Incoming search terms: