Baturaja · Foodie · Indonesia · Lifestyle · Muara Enim · OKU Selatan · Pagar Alam · Sports · Travelling

Road Trip Seru Keliling Sumatera Selatan

Sharing is caring!

Masih ingat FAM Trip Wonderful Sriwijaya edisi pertama di bulan Februari 2016 kemarin. Kali ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan kembali mengajak para narablog baik travel blogger, lifestyle blogger, food bloggerhingga video blogger baik domestik maupun mancanegara untuk datang ke Sumatera Selatan.

Selama 7 hari 6 malam sejak 8 hingga 14 Maret sebanyak 18 narablog, 8 blogger nasional, 3 blogger Malaysia, 3 blogger Singapura dan 4 blogger lokal asal Palembang ini mengeksplore “the infinite of South Sumatra” dalam FAM Trip Pesona Sriwijaya. Perjalanan dimulai dengan merasakan langsung fenomena alam Gerhana Matahari Total yang juga melintas di kota Palembang, pada 9 Maret 2016.

Gerhana Matahari Total Palembang

Setelah merasakan langsung fenomena yang sangat mengharukan tersebut, para narablog melakukan road tripmenuju Baturaja lalu ke Danau Ranau, OKU Selatan, selanjutnya ke Muara Enim dan terakhir ke Pagar Alam. Kota atau Kabupaten yang menjadi persinggahan road trip ini sangat sayang jika tidak dieksplore lebih lanjut. Sehingga di setiap point atau kota dan kabupaten yang dikunjungi, para narablog diajak menikmati keindahan serta menjajal atraksi wisata di daerah tersebut. Dan yang semakin menyenangkan dalam road trip ini adalah teman perjalanan yang begitu menyenangkan dan asyik sehingga membuat perjalanan jauh tidak terasa. Meski ada yang baru kenal di perjalanan ini tapi suasana kekeluargaan begitu terasa.

1. Eksotisme Goa Putri Baturaja

IMG_20160310_102814

Perhentian pertama setelah tiba dan menginap semalam di Baturaja, sebelum melanjutkan perjalanan ke Danau Ranau adalah Goa Putri. Bagi yang ingin menikmati sajian lukisan alam stalaktit dan stalakmit bisa berkunjung goa yang terletak di desa Padang Bindu, kecamatan Semidang Aji, Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Disini terdapat legenda Putri Dayang Merindu, sosok Putri yang cantik jelita namun menjadi batu karena tidak menjawab sapaan dari pengembara bernama Serunting Sakti atau si Pahit Lidah.

2. Danau Ranau dan Seminung Nan Mempesona

IMG_20160311_062507

Dari  Goa Putri perjalanan dilanjutkan menuju Danau Ranau yang terletak di Kecamatan Banding Agung, Kabupaten OKU Selatan, Sumatera Selatan. Danau Ranau adalah danau air tawar terbesar ke dua di Sumatera yang terbentuk dari gempa besar dan letusan vulkanik  gunung berapi. Danau berlatar Gunung Seminung dan dikelilingi bukit barisan cuacanya sangat sejuk. Selain bisa menikmati keindahan Danau Ranau, pengunjung juga bisa ke Pulau Marisa yang terleteka di tengah Danau Ranau.  Di sini  terdapat sumber air panas, air terjun hingga makam si Pahit Lidah yang terkenal dengan legendanya, apapun yang dikatakannya menjadi kenyataan.

3. Nikmatnya Ikan Mujair “Kumbang” Asli Ranau

Usai menginap semalam di Danau Ranau dan menikmati alam Danau Ranau, saatnya menikmati sajian khas Danau Ranau yakni ikan khas yang hanya ada di Danau Ranau yakni ikan Mujair “Kumbang” Hitam. Ikan liar yang biasa ditemukan oleh penduduk setempat dengan memancing di Danau Ranau ini bisa mencapai berat 2 hingga 3 kilogram per ekor. Rasa ikan ini begitu segar dan manis, berbeda dengan ikan yang berada di tambak. Makan siang dengan ikan Mujair Kumbang Hitam dengan pemandangan Danau Ranau dan Gunung Seminung adalah salah satu hal wajib dilakukan di Danau Ranau.

4. Jajal Ranau Rafting di Sungai Selabung Banding Agung

Ternyata wisata di OKU Selatan tak hanya Danau Ranau saja, pengunjung yang datang bisa menjajal Water Tubing Ranau Rafting. Wisata yang baru dibuka Oktober 2015 ini terletak di  Kecamatan Banding Agung dan Makakau Ilir. Sungai Selabung yang jernih menjadi lintasan dari rafting yang bisa memacu adrenaline sekaligus menikmati alam nan indah dan asri dengan aliran air Sungai yang deras berbatu yang menjadi tantangan tersendiri.

5. Menyibak Curup Tenang Bedegung, Air Terjun Tertinggi di Sumsel

Dari menjajal Ranau Rafting perjalanan dilanjutkan ke Muara Enim. Setelah beristirahat di Hotel Grand Zuri Muara Enim, para traveler ini diajak menyibak Curup Tenang atau Air Terjun Bedegung yang merupakan air terjun tertinggi di Sumatera Selatan.  Air terjun setinggi 99,9 meter ini tak pernah kering, airnya bersumber dari  celah bukit barisan yang membentuk sungai kecil yang deras dan berbatu. Air Terjun Bedegung ini terletak di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim,  Sumatera Selatan. Air Terjun Bedegung ini dapat ditempuh 1 hingga 1,5 jam dari Muara Enim tepatnya 56 km di Selatan Muara Enim atau  atau 210 km dari kota Palembang (sekitar 3-4 jam dari Palembang).

6.  Uji Nyali di Arung Jeram Enim – Muara Enim

IMG-20160312-WA0030

Photo : Khai – http://www.budakpacak.com/

Tak lengkap rasanya jika sudah berada di Muara Enim tapi tidak menguji nyali dengan ber arung jeram di Sungai Enim, Muara Enim. Atraksi yang sangat menantang ini bisa dilakukan bagi para  pencinta sport tourism ataupun yang suka dengan tantangan. Karena Arung Jeram di Sungai Enim memiliki jeram dengan level 3 hingga 4 dengan jarak 7, 12 hingga 25 kilometer. Enim Jeram melengkapi dengan Tim Rescue di setiap lintasan, selain itu terdapat 7 perahu dengan kapasitas 6 orang di setiap perahunya dan didampingi dengan dua instruktur.

7. Pesona Keindahan Permadani Alam “Kebun Teh” Pagar Alam

IMG_20160313_064212

Road Trip #PesonaSriwijaya kali ini ditutup dengan pemandangan indah kebun teh di kaki Gunung Dempo Pagar Alam, Sumatera Selatan. Keindahan hamparan bukit teh di kaki Gunung Dempo ini bak permadani alam yang menyelimuti Pagar Alam. Tentunya semua sepakat jika pesona keindahan Pagar Alam begitu menyihir mata dan hati, sehingga patutlah ini menjadi puncak dari perjalanan road trip ini. Hamparan kebun teh di Pagar Alam yang sangat indah dipadu dengan sejuknya udara dan keindahan panorama alam sangat tepat untuk menghilangkan penat dari rutinitas kerja. Pagar Alam adalah destinasi baru yang menakjubkan untuk semua orang, apalagi kini ada penerbangan dua kali seminggu  Jakarta – Pagar Alam dan sebaliknya.

8. Pacu Adrenaline dengan Offroad di Pagar Alam

Bagi yang mengaku raja jalanan, ayo mencoba tantangan offroad di Pagar Alam. Meski terkesan  ekstrim, namun wisata pemacu adrenalin ini sangat diminati di Pagar Alam. Bagi yang ingin mencoba offroad di Pagar Alam terdapat 2 sirkuit yakni sirkuit Padang Serunting, Kecamatan Dempo Tengah, Pagar Alam Utara dan yang kedua sirkuit Keban Agung, Simpang Manak, Desa Keban Agung, Pagar Alam Selatan. Di Pagar Alam banyak offroader yang mau menyewakan mobilnya dengan tarif IDR 500.000,- per mobil untuk satu hari offroad.

9. Sejuknya Air Terjun Embun Pagar Alam

Air Terjun Curup Embun

Usai berkotor ria di offroad, saatnya mandi dan membersihkan tubuh di air terjun “Cughup” (baca: Curup) Embun. Air terjun yang terletak di Dusun Pematangbango, Desa Cughup Jare, Kecamatan Pagaralam Utara terdiri dari 3 curahan air yang jatuh. Hal yang membuat Cughup Embun ini menarik adalah air yang jatuh dari ketinggian berubah menjadi embun karena air ditiup angin dan jatuh menimpa bebatuan. Karena hal inilah air terjun dinamakan Cughup Embun. Saat musim hujan, air terjun ini bak es menerpa tubuh karena dinginnya air yang mengalir dari kaki Gunung Dempo tersebut.

10. Makan Enak di Pindang “Rupit” Musi Rawas

IMG_20160314_120024

Pindang adalah salah satu jenis kuliner yang wajib dicicipi jika ke Palembang atau Sumatera Selatan. Pindang pun sangat beraneka ragam jenisnya sesuai dengan asal daerah dan setiap Pindang memiliki ciri khas yang berbeda. Petualangan road trip #PesonaSriwijaya pun ditutup dengan menikmati kuliner Pindang asal Musi Rawas, Pindang Rupit dengan kuah berwarna cokelat paduan aneka jenis rempah dan bumbu dengan ikan Patin ataupun Tulang hingga Pindang Tempoyak menjadi sajian tak terlupakan.

Penasaran dengan pengalaman dan cerita lebih lanjut dari road trip #PesonaSriwijaya ini ikuti cerita selanjutnya di Blog ini ya.

12 thoughts on “Road Trip Seru Keliling Sumatera Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *