Event · Sports · Travelling

Musi Triboatton, Lomba Dayung Sekaligus Berwisata Sungai

Sharing is caring!

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggelar lomba dayung terbuka bertajukInternational Musi Triboatton 2016”.  Olahraga wisata mengarungi Sungai Musi di Sumatera Selatan untuk kali kelima ini digelar pada 11-15 Mei 2016.

Di tahun ini Musi Triboatton 2016  diikuti oleh 10 negara seperti China, Macau, Philipina, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, dan tuan rumah Indonesia. Sebanyak 16 tim dayung  berlaga menjadi yang terbaik dalam lomba olahraga dayung terbuka. Ada tiga lomba dayung mulai dari rafting, canoeing dan dragon boat.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di tahun ini mengundang rekan-rekan blogger lokal Palembang, selain blogger hits tanah air untuk menyaksikan dan merasakan langsung atmosfer dari perhelatan International Musi Triboatton 2016.

Kami menuju Sekayu, Musi Banyuasin sebagai tempat pembukaan IMT 2016 pada Selasa pagi, 12 Mei 2016. Saat kami tiba di bumi Serasa Sekate ini, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, juga menggelar Festival Dragon Boat yang diikuti oleh instansi di lingkungan Pemkab Muba.

Sekayu sendiri merupakan etape ketiga dari lima etape dari gelaran Musi Triboatton 2016. Etape pertama di Kabupaten Empat Lawang, etape kedua digelar di Musi Rawas, lalu etape ketiga di Musi Banyuasin, dan  etape keempat di Banyuasin serta finish di etape kelima di Palembang.

Waterfront Sekayu menjadi saksi dari ajang icon sport tourism di Indonesia  ini. Di setiap etape dipertandingkan lomba dayung Dan di etape ketiga ini dipertandingkan dragon boat racing.

Lomba perahu berbentuk naga ini begitu menarik perhatian. Mulai dari bentuk perahunya hingga atraksi dari peserta yang berpacu menjadi yang tercepat mencapai garis finish.

Musi Triboatton ini merupakan cara mempromosikan potensi wisata Sungai Musi termasuk melestarikan keberadaan Sungai yang telah menjadi saksi peradaban kehidupan masyarakat Sumatera Selatan sejak zaman Kerajaan Sriwijaya.

Bumi Batanghari Sembilan ini memiliki 9 anak Sungai Musi dan merupakan sungai terbesar dan terpanjang di Sumatera. Kesembilan anak Sungai Musi tersebut yakni : Sungai Kelingi, Beliti, Lakitan, Rawas, Rupit, Lematang, Leko, Ogan, dan Komering.

Sebutan Batang Hari Sembilan juga diperuntukkan bagi seni kebudayaan gitar tunggal yang mensyairkan lagu-lagu kehidupan. Batanghari Sembilan juga sebutan untuk wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Bengkulu).


Pembukaan International Musi Triboatton 2016 dilakukan di Gelanggang Remaja Sekayu pada Kamis (12 Mei 2016) malam. Meski sebelumnya pembukaan hujan deras mengguyur kota Sekayu, namun tidak menyurutkan  masyarakat Sekayu untuk menyaksikan langsung seremoni pembukaan IMT 2016 tersebut.

Beragam hiburan ditampilkan baik dari tari hingga sendra drama yang menghibur tamu yang hadir. Bahkan atraksi kembang api hingga penampilan artis Nita Thalia juga semakin menyemarakkan pembukaan IMT 2016.

Opening Musi Triboatton

Staf Ahli Bidang Mulitikultura Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hari Untara Drajat, membuka secara langsung Musi Triboatton ke-5 ini. Ajang Musi Triboatton ini adalah sarana promosi potensi wisata Sungai Musi yang dipadukan dengan lomba dayung terbuka.

Apalagi di tahun 2018 mendatang, Sumatera Selatan khususnya dan Indonesia umumnya akan menjadi tuan rumah Asian Games. Sehingga IMT 2016 ini juga menjadi rangkaian promosi Asian Games 2018 yang akan digelar  di Palembang.

Event Musi Triboatton ini akan semakin meningkatkan potensi pariwisata Sungai Musi.  Kementrian Pariwisata sendiri menjadikan event Musi Triboatton ini sebagai icon  dan  percontohan Sport Tourism di Indonesia.

Setelah dilakukan lomba dragon boat di Sekayu, para peserta melanjutkan pertandingan Musi Triboatton di etape selanjutnya di Kabupaten Banyuasin dan akhirnya finish di Palembang.

Para peserta Musi Triboatton diajak mengarungi Sungai Musi dengan menggunakan perahu induk yakni perahu jukung hingga finish di Palembang. Sehingga para peserta bisa merasakan langsung kehidupan masyarakat Sumatera Selatan.

Selain itu para peserta juga saling bertukar budaya, termasuk juga mempelajari seni, budaya dan berwisata kuliner di Sumatera Selatan.

Terima kasih Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang sudah mengundang kami untuk merasakan langsung kemeriahan International Musi Triboatton 2016.

Blogger Meeting

3 thoughts on “Musi Triboatton, Lomba Dayung Sekaligus Berwisata Sungai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *