Lifestyle,  Review

Mari Ucapkan Terima Kasih Kepada Mass Market

Sharing is caring!

Saat membaca kata mass market, saya sempat bingung apa sebenarnya arti dari mass market. Berdasarkan kamus bahasa Indonesia, mass market adalah pasar umum. Dalam artian pasar dengan target untuk masyarakat luas dengan product spesific contohnya seperti pasar tradisional. Jika melihat pasar tradisional tentu yang terlintas di kepala kita adalah pasar yang menjual kebutuhan masyarakat dengan harga yang terjangkau tentunya dilakukan secara tradisional, ada interaksi antara penjual dan pembeli dengan menggunakan sistem tawar menawar.

Pasar tradisional sendiri selalu menarik perhatian banyak orang, mereka pun berusaha agar para pembeli bisa  tertarik dengan apa yang mereka tawarkan. Bisa dengan harga yang murah, bisa juga dengan kualitas barang yang bagus, atau malah bisa jadi keduanya dilakukan harga murah dan kualitas barang bagus.Interaksi yang terjadi di pasar tradisional seolah menjadi magnet bagi setiap orang untuk datang dan berbelanja di pasar tradisional. Bahkan perputaran uang yang terjadi di pasar tradisional terbilang besar karena terjadi setiap hari dan berulang.

pasar cinde

Tanpa kita sadari begitu banyak peran yang diberikan oleh pasar tradisional atau mass market ini. Kebutuhan rumah tangga terpenuhi dengan jaminan barang yang bagus, segar dan tentunya harga yang terjangkau. Adanya sirkulasi alias mata rantai yang saling berkaitan dari petani sayur, jasa angkutan pembawa sayuran hingga ke tangan pedagang yang akhirnya sampai ke pembeli. Saya sendiri merasakan begitu banyak dampak dari mass market ini. Seperti Ibu saya yang memanfaatkan mass market dengan menjual kembali barang yang sudah dibelinya di pasar. Ibu saya membuka warung manisan yang menjual aneka kebutuhan sehari-hari baik dari sayuran hingga lauk pauk.

Selain bisa menambah penghasilan rumah tangga, ibu saya juga bisa memberikan kebutuhan akan sayuran dan lauk pauk yang segar dengan kualitas barang pilihan. Peranan mass market ini juga dilakukan oleh Ibu saya kepada para langganan warung manisannya. Terimakasih mass market, karena memudahkan memenuhi kebutuhan rumah tangga dan menambah penghasilan keluarga saya.

pasar

Selama menjadi pedagang warung manisan, ibu saya tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga maupun menambah penghasilan keluarga. Namun Ibu berhasil menghantarkan anak-anaknya menjadi sarjana. Di satu sisi penghasilan keluarga bertambah, Ibu pun bangga bisa melihat anaknya memakai toga sarjana. Terimakasih mass market, karena kalian, Ibu bisa menghantarkan anaknya menjadi sarjana.

Namun disisi lain terkadang ibu saya juga mengalami sulitnya permodalan untuk memutar roda warung manisan tersebut. Memang persoalan modal menjadi permasalahan bagi usaha mikro dan kecil untuk mengembangkan usahanya. Apalagi memang banyak mass market sampai saat ini hanya menggunakan modal sendiri. Di satu sisi persaingan antar mass market juga semakin tinggi. Sehingga salah satu caranya adalah menarik minat pembeli untuk memborong barang dagangan mereka diperlukan usaha dan kreativitas tersendiri.  Mass market yang mengalami kesulitan modal kebanyakan akan kalah bersaing dan akhirnya menutup usaha mereka.

BTPN 1

Karena faktor penting bagi berkembangnya usaha  mass market adalah modal dan strategi. PT. Bank Tabungan Pensiun Nasional (BTPN) kini memberikan solusi bagi mass market dengan jemput bola dengan menarik para penggerak perekonomian ini dengan merangkul mass market yang bisa mengubah hidup jutaan warga Indonesia.

BTPN memiliki visi menjadi bank mass market terbaik ini tidak hanya memberikan pinjaman modal bagi para pelaku mass market, tapi juga memberdayakan para mass market agar usaha mereka tumbuh maksimal. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, membuka lapangan kerja baru hingga meningkatkan kesejahteraan. Bahkan BTPN juga memberikan pelatihan dan membantu akses pasar, informasi dan pelatihan bisnis praktis. Dan tentunya dengan kegiatan yang terangkum dalam program daya semakin meningkatkan  pengetahuan para mass market dalam menjalankan usahanya.

BTPN

Tidak hanya fokus kepada usaha mikro dan kecil, BTPN juga menggaet konsumen mass market dengan ikut berpartisipasi memberdayakan mass market. Caranya pun cukup mudah cukup dengan  menabung di BTPN. Jika selama ini kita hanya menabung tanpa memberikan nilai lebih bagi orang lain, kini dengan menabung di BTPN kita bisa memberdayakan jutaan mass market di Indonesia yang terdiri dari para pensiunan, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), serta masyarakat prasejahtera produktif melalui program Daya. Tumbuhkan diri, tumbuhkan sesama, jadikan hidup lebih berarti bersama BTPN.  Ayo saatnya  menabung untuk memberdayakan, mari saling meringankan mass market dan memajukan perekonomian negeri.

Saya pun mencoba mengikuti simulasi bagaimana menabung untuk memberdayakan di BTPN di www.menabunguntukmemberdayakan.com. Caranya cukup mudah yakni setelah masuk ke www.menabunguntukmemberdayakan.com, klik “Mulai Simulasi”. Lalu mulai simulasi dengan melalui koneksi Facebook maupun manual. Kemudian masukkan nama, email dan  jenis industri mass market yang ingin diberdayakan. Hasil simulasi ditampilkan, yaitu nilai tabungan kita di akhir periode menabung yang kita tentukan tadi, dan profil   mass market yang diberdayakan oleh tabungan kita.

BTPN 5

Penawaran yang diberikan BTPN sangat menarik jadi sebelum bergabung menjadi nasabah, kita bisa langsung mengetahui pertumbuhan dana nasabah termasuk suku bunganya. Hal yang paling menarik, suku bunga yang didapat setara  suku bunga deposito. Semakin tertarik untuk menabung di BTPN kan.

Tulisan ini diikut sertakan dalam Lomba Blog BTPN, Terima Kasih Mass Market

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar