Foodie · Memasak · Tips

Makanan Sehat, Badan Sehat dengan Bumbu Organik

Sharing is caring!

Kesehatan menjadi salah satu hal yang paling mahal di dunia ini. Pasalnya jika sudah sakit, dilakukan berbagai cara agar bisa sembuh dan sehat kembali. Bahkan bisa jadi begitu banyak obat kimiawi yang masuk ke dalam tubuh.

Saat ini masyarakat semakin pintar dan lebih bijaksana agar tetap sehat dan bugar, mulai dari menjaga konsumsi makanan, minuman, mengurangi penggunaan obat-obat kimiawi hingga memilih bahan makanan organik, seperti sayuran, buah dan beras organik ataupun bumbu organik.

Makanan organik menjadi salah satu cara untuk bisa menjaga kesehatan. Karena makanan organik ini tidak mengandung zat kimia, pestisida ataupun pupuk kimiawi  yang bisa membahayakan tubuh. Bahkan dalam proses tanam hingga panen ataupun produksinya menggunakan zat-zat organik seperti contohnya pupuk organik.

Selama ini jika memilih makanan organik, orang hanya akan terpikir pada sayuran, buah ataupun beras organik saja. Padahal bumbu organik adalah menjadi faktor penting dalam menunjang cita rasa masakan.

Ada banyak hal yang bisa menjadi pertimbangan saat membeli makanan organik tersebut:

1. Periksa sertifikasi produk organik

Sertifikasi adalah hal utama yang harus diperhatikan karena saat membeli produk bumbu organik ataupun makanan organik, ada logo atau label sertifikasi dari produk tersebut. Hal ini memberikan kenyamanan dan keamanan bagi konsumen dalam mengkonsumsi makanan organik. Sehingga terhindar dari penipuan ataupun mendapatkan produk palsu.

2. Baca daftar komposisi di kemasan produk

Budayakan untuk selalu membaca daftar komposisi yang tercantum di kemasan makanan organik karena produk organik komposisinya 90 % adalah bahan alami. Bebas dari bahan kimia,  senyawa kimia, dan radiasi.

Sosis

3. Beli di Toko Khusus Makanan Organik

Untuk memberikan jaminan, pastikan membeli bahan makanan organik, bumbu organik, sayur organik ataupun buah organik di toko khusus penyedia makanan organik. Selain aman mendapatkan produk makanan organik, dapat dipastikan toko ini sudah memiliki lisensi atapun izin sebagai penyedia produk makanan organik.

4. Perhatikan fisik dari bahan makanan organik

Ada cara yang paling mudah dalam mengetahui produk makanan organik tersebut merupakan produk organik atau bukan. Caranya cukup dengan memperhatikan ciri-ciri fisik atau penampilan dari produk makanan tersebut. Jika terdapat lubang dimakan ulat artinya produk sayuran atau buah tersebut bebas dari zat kimiawi atau pestisida. Dibandingkan dengan penampilan sayuran atau buah non organik yang lebih mengkilat dan tanpa lubang bekas digigit ulat.

Bumbu

Salah satu jenis bumbu organik yang bisa menjadi pilihan adalah milik perusahaan PT Markaindo Selaras.  Perusahaan yang menyediakan bahan baku industri makanan khususnya daging dan hasil laut. Sehingga para konsumen bisa mendapatkan steak hingga sosis organik karena penggunaan bumbu organik di dalamnya.

Para kaum ibu rumah tangga yang ingin memberikan sajian yang aman dan sehat bagi keluarganya bisa menggunakan bumbu organik seperti bumbu dan rempah-rempah ataupun campuran untuk daging dan sosis.  Tidak hanya itu hal yang harus diperhatikan bumbu organik  tersebut fungsional, food grade dan halal.

Markaindo

Wiberg perusahaan yang memberikan suplay produk ke Indonesia ini memiliki ribuan item produk seperti:

1. Bumbu tunggal (single spice), bumbu yang di grinding (digiling) lalu drying (dikeringkan), crushing (dihancurkan), contoh : Mustard Flour, Paprika Delicacy Rio, Coriander Whole, Coriander Ground, Parsley Dried, Garlic Powder, dan lain-lain. Sesuai dengan trend saat ini, Wiberg juga menghasilkan produk-produk organik.

2. Ada juga bumbu campuran untuk produk-produk daging olahan dan diberi nama sesuai daging yang diolah.

3. Wiberg juga menyediakan bahan tambahan makanan (food additive) baik tunggal maupun campuran dengan berbagai fungsinya untuk memperbaiki mutu produk akhir.

4. Combi product adalah  campuran bumbu dan bahan tambahan makanan untuk produk-produk daging olahan tertentu. Produk ini sangat praktis karena hampir semua bumbu dan bahan tambahan sudah terkandung di dalamnya.

5. Produk specialty  merupakan produk yang dibuat sesuai order dari konsumen. Sehingga dengan bumbu khusus ini akan memberikan cita rasa tersendiri dari masakan.

Sebagai bentuk komitmen Wiberg menjaga kualitas produk adalah sertifikat ISO 9001 pada 1994. Wiberg juga mendapatkan sertifikat halal dari HFFIA (Halal Feed and Food Inspection Authority), dan diakui oleh LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika – Majelis Ulama Indonesia).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *