Event · Lifestyle · Travelling

Jelajahi Sumatera Selatan, Cek Dulu Kalendar Event Sumsel 2017

Sharing is caring!

Indonesia yang berhasil meraih 12 penghargaan di ajang bergengsi World Halal Tourism 2016 menjadi pemacu Sumatera Selatan  mulai concern dengan wisata halal. Gaung wisata halal tidak hanya didengungkan oleh negara-negara dengan penduduk mayoritas muslim saja. Sebut saja Jepang dan Korea Selatan yang notabene bukan negara Islam, saat ini sedang gencar mempromosikan wisata halal.

Industri wisata halal ini memang menjadi daya tarik tersendiri. Karena memang banyak wisatawan dari negara-negara Muslim seperti Arab Saudi hingga Indonesia yang menjadi pasar wisata halal.

Pasar wisata halal di Indonesia telah dimulai oleh Nusa Tenggara Barat sejak 2015 yang sudah berhasil meraih penghargaan internasional. Lalu disusul Aceh dan Sumatera Barat yang di tahun ini juga meraih penghargaan World Halal Tourism 2016.

Untuk mengejar ketinggalan tersebut, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel melaunching Wisata Halal Sumsel sekaligus Kalender Event Sumsel 2017. Launching ini digelar di Palembang Indah Mall, 16 Desember 2016.

Sumsel sendiri menjadi provinsi keempat yang fokus terhadap wisata halal. Saat ini tolak ukur standarisasi wisata halal adalah tidak hanya jaminan makanan halal saja. Namun juga akses untuk beribadah seperti pemberitahuan jam shalat, kebersihan tempat wudhu, air yang berlimpah,  perlengkapan shalat (mukenah, sajadah) hingga standarisasi tempat shalat (mushala) yakni terpisah untuk wanita dan pria. Dan ketersediaan arah kiblat jika di hotel.

Tentunya hal ini menjadi tantangan tersendiri karena wisata halal adalah bagaimana mengubah prilaku dan sikap dari seluruh pihak. Tidak hanya Pemerintah saja, namun juga masyarakat kota Palembang.

Untuk urusan destinasi wisata religi bagi umat muslim di kota Palembang ada begitu banyak, mulai dari bisa berwisata ke masjid-masjid bersejarah, seperti Masjid Agung Palembang, Masjid Lawang Kidul, Masjid Ki Merogan hingga Masjid Chengho.

Selain itu jika ingin melihat destinasi wisata religi yang menarik di Palembang lainnya, ada  Al-Qur’an Al Akbar hingga Kampung Arab Al Munawar yang kini telah bersolek.

Grup Musik Gambus Assyabab

Dalam launching wisata halal dan kalender event Sumsel 2017, pengunjung diberikan sajian hiburan menarik seperti hiburan dari grup musik Rejung Pesirah dan Gambusan dari Grup Musik Gambus Assyabab.

Bagi yang ingin menikmati musik dan tarian Gambus khas Timur Tengah, bisa langsung memesan paket wisata di Kampung Al Munawar. Tak hanya bisa menikmati wisata rumah bersejarah dan musik Gambus, pengunjung juga bisa bersantap makan khas Palembang “ngidang – munggahan” dengan menu khas nasi minyak.

Kalender Event 2017 

Untuk menarik minat pengunjung datang, Sumatera Selatan sudah menyiapkan kalender wisata Sumsel 2017. Setidaknya ada sekitar 42 event yang nantinya bisa dinikmati jika berkunjung ke Sumatera Selatan.

Jika penasaran dengan event-event yang digelar di Sumsel, yuk langsung ambil kalender dan lihat waktu libur dan jatah cuti di tahun 2017.

Berikut Selengkapnya Kalender Wisata di Sumatera Selatan di tahun 2017 :

1. Januari
– 14 – 15 Januari : Jelajah Alam OKU Selatan.

2. Februari
– 4 – 6 Februari : Festival Danau Ranau,
– 9 – 10 Februari : Festival Cap Go Me,
– Minggu ke-3 Februari : Musi Jazz Sriwijaya.

3. Maret 
– 4 Maret : Upacara Melisti Retual Bali Palembang,
– 8 Maret : Ogoh-Ogoh Bali Festival Palembang,
– 10 – 13 Maret : Sriwijaya Travel Fair
– 26 Maret: Musi Jazz River Palembang,

4. April 
– 18 – 19 April : Festival Budaya Musi Rawas

5. Mei 
– 7 Mei : Lomba Rakit dan Lomba Beranyutan BAN Lahat,
– 11 – 15 Mei : Musi Triboatton, Haul Ki Merogan, Festival Kemilau Palembang Darussalam dan Festival Kuliner.
– 13 – 14 Mei : Lahat Trail Adventure,
– 15 – 18 Mei : Ziarah Qubro Palembang,
– Minggu Ke-2 Mei : Palembang Ekspo,
– Minggu Ke-2 Mei South Sumatera Expo.

6. Juni 
– Lomba Bidar dan Perahu Hias Palembang,
– Minggu Ke-1 Mei : Festival Dempo, Pagar Alam.

7. Juli 
– Minggu ke-1 Juli : Mindang Marge Siwe OKI,
– 14-17 Juli : Banyuasin Expo,
– Minggu Ke-2 Juli : Festival Sriwijaya.

8. Agustus 
– Minggu ke-2 Agustus : Pemilihan Putra Putri Sriwijaya,
– 17 Agustus : Pesona Sriwijaya, Festival Bidar Tradisional Palembang,
– 19 Agustus : Karnaval Seni Budaya OKI,
– 20 Agustus : Lomba mancing Lahat,
– 18 – 20 Agustus : Lomba Paduan Suara,
– 20-24 Agustus : Lomba Lagu Daerah Palembang,
– 29 Agustus : Festival Dusun Lame Linggau.

9. September 
– Minggu ke-1 September : Jelajah Alam Dempo IV,
– 27 – 29 September : Hari Pariwisata Dunia : Gebyar Wisata dan Festival kopi.

10. Oktober 
– Minggu ke-1 Oktober : Sriwijaya Fashion Carnaval,
– 11-15 Oktober : Festival Bende Seguguk OKI,
– 17 Karnaval Oktober : Budaya Linggau,
– 22-23 Oktober : Road Race and Slalom Contest Linggau,
– 23 Oktober : Pameran dan Lomba Burung Bekicau Linggau.

11. November 
– Minggu ke-3 November : Pekan Olahraga Provinsi,
– 26 – 27 November : Lomba Foto Burung Migran Taman Nasional Sembilang Banyuasin.

12. Desember 
– 9 – 11 Desember : Kirab Budaya Sriwijaya,
– 30 Desember : Dempo Summit Adventure.

Dalam launching wisata halal dan kalender event Sumsel 2017 juga ada diskusi wisata OKU Selatan oleh Kepala Dinas Pariwisata OKU Selatan, Bahdozen. Para pengunjung mendapatkan informasi keindahan alam OKU Selatan. Mulai dari Danau Ranau, Gunung Seminung, Air Terjun hingga Arung Jeram dengan air yang jernih.

Apalagi OKU Selatan menjadi pembuka kalender wisata 2017 di Sumatera Selatan dengan menggelar jelajah Alam Serasan Seadanan OKU Selatan, pada 14-15 Januari 2017.

Saat launching Wisata Halal dan kalender event Sumsel 2017 juga dilakukan penyerahan donasi hasil tur rumah tua di Kampung Al Munawar saat Festival Kopi Al Munawar 2016 .

Untuk informasi lebih lengkap tentang event-event yang digelar di Sumatera Selatan langsung saja follow twitter, facebook, youtube, dan instagram  Pesona Sriwijaya ya. Dan kalau ke Palembang, jangan segan hubungi saya, siapa tahu nanti bisa bantu jadi guide 😀

One thought on “Jelajahi Sumatera Selatan, Cek Dulu Kalendar Event Sumsel 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *