Lifestyle · Palembang · Travelling

Inilah 7 Pesona Wisata di Palembang yang Membuat Anda Enggan Pulang

Sharing is caring!

Photo : Silverado

Eksotis, itulah satu kata yang mewakili wajah Kota Palembang. Sungai Musi dan Jembatan Ampera adalah dua ikon Palembang yang mengundang decak kagum. Meskipun menjadi kota modern, Palembang memiliki kawasan alam terbuka hijau. Di samping itu, Palembang juga dikelilingi beberapa tempat wisata menarik. Berikut ini ada tujuh pesona wisata Palembang yang direkomendasikan.

1. Wisata Sungai 

Sungai Musi adalah sungai terpanjang di Sumatera. Kini, sungai ini memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai jalur transportasi sekaligus tempat wisata. Pengunjung bisa menikmati keindahan Sungai Musi dengan menumpang perahu ketek ataupun kapal wisata yang bisa disewa secara khusus. Menyusuri Sungai Musi, sembari melihat perahu dan kapal yang hilir mudik, maupun aktivitas masyarakat yang tinggal di pinggiran Sungai Musi memberikan pengalaman berbeda pastinya.  Tidak lupa Jembatan Ampera yang megah berdiri kokoh menjadi saksi.

2. Wisata Religi

  • Kampung Arab Al-Munawwar

Kampung Al-Munawwar tidak hanya terdapat bangunan rumah-rumah bersejarah berusia lebih dari 350 tahun tapi Kampung Al-Munawwar menyimpan sejarah panjang tentang perkembangan Islam di Palembang dan kita juga bisa menyantap sajian kuliner khas Palembang “Ngidang” dengan menu khas Nasi Kebuli lengkap dengan lauk pauknya .

  • Al-Qur’an Al-Akbar 

Di Palembang terdapat salah satu karya seni bernilai tinggi yang telah masuk rekor dunia, yakni Al-Qur’an terbesar di dunia yang dipahat/diukir ala khas Palembang.  Kunjungi Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus Palembang disini terdapat Al Quran Al-Akbar. Ukiran kayu yang berisi  30 juz ayat suci Al-Quran  tersebut dibuat sekitar tujuh tahunan dari 2002-2009 dan menghabiskan kurang lebih 40 meter kubik kayu tembesu dengan biaya tidak kurang Rp 2 miliar.

  • Pulau Kemaro

Tahukah jika kota Palembang juga ramai dikunjungi  oleh umat Tri Darma yang merayakan Cap Go Meh, tepatnya 15 hari setelah Tahun Baru Imlek. Namun tidak hanya bisa dikunjungi saat Cap Go Meh, Pulau Kemaro juga asyik dikunjungi setiap saat. Delta kecil di Sungai Musi yang terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera ini menyimpan sejarah kisa cinta Putri Fatimah asal Palembang dengan Tan Bun An, Pangeran asal Tiongkok yang meninggal tenggelam di Sungai Musi. Disini juga terdapat pagoda tempat umat Tri Darma beribadah.

3. Wisata Sejarah

  • Bukit Siguntang

Jika ingin mempelajari tentang Kerajaan Sriwijaya, langsung saja datang ke Bukit Siguntang. Budaya dan alam menyatu di tempat ini. Makam, rumah ibadah umat Budha, dan hutan yang hijau menjadi daya tarik utama di sana. Selain itu, ada taman-taman hijau dengan pohon rindang yang dapat dijadikan tempat bersantai.

  • Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya

Taman Purbakala ini merupakan situs kuno yang membuktikan keberadaan Kerajaan Sriwijaya di masa silam. Nuansa hijau dan asri menyelimuti taman sehingga menciptakan tempat wisata budaya sekaligus alam. Tidak ketinggalan, tiruan prasasti kedukan pun berdiri di tempat ini.

  • Benteng Kuto Besak 

Kota Palembang sebagai kota tertua di dunia menyimpan begitu banyak sejarah termasuk perjuangan melawan penjajahan Belanda. Benteng Kuto Besak yang terletak menghadap Sungai Musi ini terbuat dari batu setinggi 10 meter menjadi saksi perjuangan masyarakat Palembang melawan Belanda dan Jepang. Uniknya benteng yang masih berdiri kokoh di tengah kota Palembang ini tidak menggunakan semen sebagai perekat antar batu namun menggunakan putih telur.

4. Wisata Budaya 

  • Dulmuluk

Selain wisata sungai, wisata sejarah ternyata Palembang menyimpan kekayaan budaya yang patut dilestarikan. Adalah kesenian tradisional Dulmuluk  yang sangat menghibur karena aksi lucu para pemain Dulmuluk. Tidak hanya lucu, Dulmuluk juga sarat pesan moral, informasi hingga nasehat yang bermanfaat.

  • Wayang Palembang 

Jika Wayang telah menjadi warisan kebudayaan tak benda yang diakui oleh Unesco, ternyata di Palembang juga terdapat Wayang. Jika wayang  Jawa tampil semalam suntuk, wayang Palembang hanya dimainkan selama 1-3 jam dengan menggunakan bahasa Melayu Palembang, dan perilaku tokoh-tokohnya lebih bebas.

5. Wisata Alam

  • Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Taman ini didirikan sejak tahun 1988 dan beberapa kali mengalami renovasi. Luas taman sekitar 50 hektare yang dihuni beberapa spesies binatang, antara lain monyet, gajah, dan rusa. Ada juga hutan pinus dan jembatan kayu di atas sebuah sungai berair kecokelatan. Untuk mengelilingi sungai kecil ini, disediakan beberapa perahu.

Air Terjun Bedegung
  • Wisata Seribu Air Terjun 

Sebagai pintu masuk provinsi Sumatera Selatan, kota Palembang menjadi tempat memulai untuk mengeksplore wilayah lain di Sumsel. Alam yang sangat mempesona bahkan membuat Sumatera Selatan sebagai tempat wisata seribu air terjun. Di Muara Enim sekitar 4 jam dari Palembang terdapat air terjun Bedegung, ada juga Curug Maung di Lahat hingga niagara dari Indonesia, air terjun Temam di Lubuklinggau.

  • Gunung Dempo

Berlokasi di Pagar Alam, kawasan agrowisata Gunung Dempo dapat ditempuh selama 6 jam dari Kota Palembang. Tempat ini menyuguhkan panorama alam pegunungan yang menakjubkan. Puluhan hektare kebun teh membentang di sepanjang kawasan.

Kawah yang sering berubah warna merupakan daya tarik utama objek wisata Gunung Dempo. Anda bisa bermalam di penginapan sekitar tempat wisata agar dapat menikmati keindahan alam Gunung Dempo lebih lama.

  • Danau Ranau

Danau Ranau tidak seterkenal danau-danau lain, akan tetapi saat tiba di Danau Ranau, yang terletak di Desa Banding Agung, OKU Selatan. Perjalanan sekitar 7 jam dari Palembang bergantikan dengan rasa takjub dengan keindahan Danau Ranau yang pastinya membuat pengunjung terpesona. Disini para pengunjung bisa menikmati wisata air panas di kaki gunung Seminung, atau mencoba rafting di Sungai Saka Selabung dengan airnya yang sangat jernih hingga menikmati alam dengan offroad.

  • Sembilang

Jika ingin menyaksikan ribuan burung laut dari Siberia, Rusia dan Australia bermigrasi, mari datang ke Taman Nasional Sembilang (TNS), Banyuasin di bulan Oktober ini.

Burung-burung tersebut migran dari berbagai belahan dunia menetap sementara di Semenanjung Taman Nasional Sembilang, Sungai Bungin, Banyuasin, Sumsel. Semenanjung yang masuk dalam kawasan Taman Nasional dan dalam status konservasi internasional ini menjadi surga bagi sekitar 27 populasi burung dunia untuk mencari makan selama bermigrasi menunggu cuaca kembali normal.

6. Wisata Kuliner 

  • Pempek

Bagi orang Palembang, pempek adalah kehidupan, mau kapanpun dan dimanapun, yang dicari adalah pempek. Mulai dari pagi, siang, sore hingga malam, pempek selalu menjadi pilihan pertama. Hampir di setiap sudut ditemukan banyak yang menjual pempek dari yang menggunakan sepeda, di warung hingga restoran besar. Dan hampir setiap bulan ada kedai pempek baru di Palembang. Kini hadir dengan banyak inovasi mulai dari pempek pelangi, pempek hitam ataupun pempek sosis. Dan menariknya saat ini pempek bisa bertahan hingga 4 bulan tanpa bahan pengawet dan diekspor ke luar negeri.

  • Pindang

Selain pempek, ada kuliner lain yang wajib dicoba jika berada di Palembang yakni Pindang. Masakan khas Sumatera Selatan dengan beragam jenis dan cara penyajian serta cara memasaknya ini sangat menggugah selera. Ada Pindang Pegagan, Pindang Musi Rawas hingga Pindang Meranjat. Selain itu ada banyak ragamnya sebut saja Pindang Ikan Patin, Pindang Ikan Baung, Pindang Ikan Belido, Pindang Ikan Gabus, Pindang Udang hingga Pindang Tulang.

7. Wisata Olahraga

Palembang yang telah berulang kali menjadi tuan rumah perhelatan event olahraga bertaraf internasional dan nantinya di tahun 2018 akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018, memiliki pesona wisata olahraga. Beragam venue bertaraf internasional mulai dari sepakbola, aquatic, menembak hingga dayung dan sky air,  apik tertata dan bisa dikunjungi langsung di Jakabaring Sport City. Bahkan Palembang juga akan menjadi tuan rumah perhelatan Moto GP 2018.

Demikian tujuh pesona wisata di Palembang yang bisa Anda kunjungi. Jika membutuhkan waktu lebih lama untuk menjelajahi Palembang, ada baiknya mencari penginapan. Pasalnya, tempat wisata di Palembang sangat banyak, waktu sehari belum tentu cukup untuk menyambangi seluruhnya.

Jadi, segera pesan hotel murah di Palembang melalui situs Airy Rooms. Selain menghadirkan harga termurah, fasilitas yang disediakan pun lengkap. Mulai dari kamar ber-AC, TV layar datar, kamar mandi modern, hingga akses internet gratis. Dijamin puas karena  Anda bisa memilih hotelnya sendiri. Segera booking lewat website atau aplikasi di Android atau iOS, lalu transfer pembayarannya via ATM atau kartu kredit.

6 thoughts on “Inilah 7 Pesona Wisata di Palembang yang Membuat Anda Enggan Pulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *