Lifestyle · Teknologi · Tips

Hemat Dengan Token Listrik

Sharing is caring!

“Aduh, tagihan listrik bulan ini bengkak, gimana caranya biar hemat ya”

Kata-kata itu sering sekali terlontar dari ibu dan tante hingga teman-teman. Pasalnya menurut mereka jika anggaran listrik terlalu besar tentu akan berpengaruh dengan pengeluaran rumah tangga yang lain. Anggaran listrik tentu bisa menguras biaya rumah tangga dalam satu bulan, mau tinggal di kampung, kompeks perumahan hingga apartement.

Sumber foto : Bedah tekno

Ternyata ada cara untuk menghemat anggaran listrik setiap bulannya.

1. Sesuaikan kemampuan dan kebutuhan
Semakin besar daya listrik, semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan. Saat ini golongan daya listrik 450 VA dan 900 VA tidak ada lagi, kecuali pelanggan lama. Bahkan untuk daya listrik rendah ini, pihak PLN sudah meminta untuk upgrade ke 1300 VA.

Sehingga sebaiknya sesuaikan kemampuan membayar serta kebutuhan kita sehari-hari. Apakah kita benar-benar membutuhkan listrik yang besar atau hanya perlu listrik yang kecil.

2. Gunakan token listrik (prabayar)
Ternyata selain menyesuaikan kemampuan, untuk menghemat anggaran listrik sebaiknya alihkan listrik pasca bayar dengan listrik pra bayar. Saat ini semakin banyak yang beralih ke listrik prabayar. Pasalnya dengan cara ini kita bisa mengatur seberapa besar penggunaan listrik.

Untuk bisa menggunakan listrik, kita membeli pulsa atau token listrik terlebih dahulu baru bisa menggunakan listrik. Sehingga kita langsung bisa mengontrol anggaran listrik biar tidak membengkak.

3. Beli elektronik dengan daya rendah
Alat-alat elektronik dengan daya besar ternyata ikut membuat biaya listrik besar. Jadi pastikan untuk memilih produk elektronik dengan daya rendah. Tidak ada salahnya membeli produk elektronik dengan harga lebih mahal namun bisa menekan biaya beban listrik.

Apalagi banyak produk elektronik yang saat ini menawarkan fitur hemat energy, seperti TV Light Emitting Dioda atau LED ataupun Air Conditione dengan fitur ramah lingkungan atau eco dan hemat energy.

Sumber foto : energymanagertoday.com

Begitupun dengan lampu, ganti produk lampu dengan jenis LED. Lampu LED ternyata lebih hemat energy bahkan lebih terang dan tidak panas serta lebih tahan lama. Jika dibandingkan dengan lampu jenis lain dengan daya listrik yang besar, tentunya lebih menguntungkan menggunakan lampu LED berdaya listrik rendah namun menghasilkan cahaya lebih terang.

Selain itu ada aktivitas didalam rumah tangga yang dilakukan hamper setiap hari yakni menyetrika. Penggunaan setrika hemat energy dengan fitur kontrol suhu otomatis ternyata sangat bermanfaat dalam menghemat listrik.

4. Gunakan AC sesuai kebutuhan
Saat ini hampir di setiap rumah tangga menggunakan Air Conditioner. Bahkan di seluruh gedung perkantoran, mall hingga aparttemen juga menggunakan pendingin udara ini. Pastikan memilih AC sesuai dengan kebutuhan dan besar ruangan. Seperti contoh kamar tidur dengan ukuran 3×3 meter tidak membutuhkan AC dengan daya 1PK cukup pilih dengan daya ½ PK. Perlu diingat semakin besar daya AC semakin besar juga membutuhkan daya listrik dengan artian semakin besar juga biaya listrik.

Sumber foto : begreeny.com

Dan pastikan memilih AC dengan fitur eco friendly dan hemat energy. Selain itu gunakan juga fitur timer saat pengunaan AC karena mengatur waktu penggunaan AC. Seperti saat tidur, cukup gunakan hingga kita sudah tertidur 1 jam setelahnya AC akan mati dan suhu udara di kamar tetap sejuk hingga pagi.

5. Gunakan pengering mesin cuci hanya di musim hujan
Indonesia sangat beruntung karena memiliki 2 musim. Sinar matahari yang melimpah ini bisa digunakan untuk mengeringkan pakaian yang telah dicuci. Sehingga tentunya akan menghemat listrik saat mencuci pakaian. Mesin cuci dengan pengering terpisah sebaiknya hanya digunakan di musim hujan. Dengan cara ini bisa menghemat pengeluaran biaya listrik.

Sumber foto ; wajibbaca.com

6. Cabut steker selesai digunakan
Apakah ada yang memiliki kebiasaan buruk meninggalkan rumah dengan kondisi steker masih menempel di colokan. Ternyata kebiasaan ini tidak hanya bisa menimbulkan bahaya kebakaran akibat konsleting listrik. Namun juga memberikan beban biaya listrik. Steker peralatan listrik yang m asih tercolok seperti kabel TV hingga charger ponsel tetap menyalurkan energy listrik. Jadi sebaiknya cabut steker jika selesai digunakan ya.

7. Beli token listrik di Matahari Mall
Bagaimana jika listrik habis saat digunakan, jangan panic karena saat ini ada e-commerce yang menawarkan produk layanan untuk bisa beli token listrik PLN Online. Salah satunya kalian bisa membeli token listrik di Matahari Mall. Selain praktis dan cepat, harga yang ditawarkan juga sama dengan harga yang dibayar. Seperti jika membeli token listrik Rp 25.000,- nilai yang harus dibayar juga Rp 25.000,-. Bahkan nominal yang tertera juga sama tidak berkurang.

Beli Token Listrik online di Matahari Mall caranya sangat mudah. Banyak pilihan nilai nominal isi ulang di mulai dari Rp 20.000, Rp 50.000, Rp 100.000, Rp 200.000, Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000. Kode yang diterima bisa langsung digunakan untuk mengisi daya Listrik Pra-Bayar langsung saat itu juga tanpa biaya tambahan.

Jadi sudah saatnya kita bisa menghemat pengunaan listrik ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *