Komunitas,  Lifestyle,  Palembang

Forum Pesona Sriwijaya Promosikan Pariwisata Sumatera Selatan

Sharing is caring!

Setelah 2 tahun bersama-sama meng-ekspose dan mem-viral-kan pariwisata Sumatera Selatan.  Forum Pesona Sriwijaya akhirnya dikukuhkan oleh Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin di Griya Agung Palembang di Griya Agung Palembang, Sabtu (10/2).

Forum Pesona Sriwijaya ini dinaungi langsung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel. Dimulai dengan pertemuan Ibu Irene Camelyn Sinaga, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan bersama beberapa perwakilan komunitas pada bulan Januari 2016. (Meet-Up Netizen Palembang)

Dari pertemuan itu terbentuk WhatsApp group yang bertujuan untuk saling sharing informasi dan masukan dari para anggota komunitas untuk pengembangan destinasi dan pariwisata di Sumatera Selatan. Apalagi unsur pentahelix yang terdiri dari Pemerintah; Akademisi; Asosiasi; Komunitas dan Media, sangat dibutuhkan dalam pengembangan pariwisata.

Seiring berjalannya waktu tidak hanya memberikan saran, beberapa komunitas juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan. Bahkan para komunitas juga mengadakan kegiatan mereka sendiri yang berkaitan dengan pariwisata.

Forum Pesona Sriwijaya ini sendiri berbasis volunteer dan bertujuan memberikan berkontribusi terhadap pengembangan pariwisata di Sumatera Selatan. Mulai dari mempromosikan pariwisata dan budaya Sumatera Selatan, para anggota forum juga ikut berperan aktif dalam mengembangkan destinasi wisata maupun atraksi budaya serta ekonomi kreatif di Sumatera Selatan

Pengukuhan Forum Pesona Sriwijaya ini juga sekaligus menjadi ajang silaturahmi (meet-up akbar) dengan para komunitas se-Sumsel. Seluruh komunitas di Sumatera Selatan hadir tidak hanya komunitas yang fokus pada pengembangan pariwisata namun komunitas di bidang lain juga hadir.

Forum Pesona Sriwijaya sendiri tidak hanya fokus pada pengembangan pariwisata namun juga budaya. Sumatera Selatan memiliki sejarah yang kuat dengan kejayaan  Kerajaan Sriwijaya. Prasasti Kedukan Bukit menjadi simbol kebesaran kerajaan maritim ini.

Sehingga Sumatera Selatan yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 akan mengembalikan kejayaan dan kemegahan Sriwijaya kembali. Salah satunya dengan pariwisata, apalagi Sumatera Selatan memiliki ratusan destinasi wisata yang siap untuk dieksplore.

Apalagi Sumatera Selatan kini dinobatkan sebagai destinasi sport tourism di Indonesia. Jika Sumatera Selatan kini telah mengukir prestasi sebagai tuan rumah berbagai event internasional olahraga. Kini saatnya Sumatera Selatan juga berprestasi dengan pariwisatanya. Setidaknya ada 958 destinasi wisata di Sumsel, mulai dari Gunung Dempo, Danau Ranau, Air Terjun Curup Maung, Air Terjun Bedegung hingga Pulau Kemaro dan Jakabaring Sport City menjadi daya tarik pariwisata Sumatera Selatan. Belum lagi aneka jenis kuliner baik pempek, pindang dan kue tradisional juga akan menjadi pemikat para wisatawan.

Forum Pesona Sriwijaya diharapkan bisa mberkontribusi memajuan pariwisata dan budaya di provinsi ini. Apalagi Sumatera Selatan umumnya dan Palembang khususnya akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 pada 18 Agustus 2018. Tentunya para tamu tersebut harus disambut dan diberi kenangan indah dari  Bumi Sriwijaya.

Kini saatnya tugas para anggota Forum Pesona Sriwijaya untuk menggaungkan dan melestarikan kebudayaan, tradisi dan pariwisata Sumatera Selatan dan Indonesia.  Sehingga identitas diri bangsa Indonesia bisa dikenal di seluruh dunia. Terbukti Kerajaan Sriwijaya sudah melakukannya sejak lebih dari  1.200 tahun lalu.

Forum Pesona Sriwijaya ini juga terdiri dari Forum Pesona Sumsel dari seluruh kabupaten/kota di Sumatera Selatan sebut sajaPesona Pagar Alam, Pesona Lahat, Pesona Oku Selatan, Pesona Empat Lawang, Pesona Linggau, Pesona Prabu dan Pesona Enim.

Semoga dengan kehadiran Forum Pesona Sriwijaya ini bisa memberikan kontribusi positif untuk pengembangan dunia  pariwisata Sumata Selatan.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar