Review · Tips

Cara Efektif Merawat Kompor Gas

Sharing is caring!

Pernah terbayang sebuah rumah tanpa kompor? Peran kompor di dalam kehidupan rumah tangga sangatlah vital. Di zaman modern saat ini, hampir di setiap rumah tangga pasti memiliki kompor gas. Namun tak banyak yang memiliki dapur yang bersih dengan kompor yang bersih juga. Padahal dapur yang bersih berawal dari menjaga kebersihan dan merawat kompor gas secara teratur. Selain itu kompor yang bersih juga membuat makanan yang dimasak juga terjamin kebersihannya.

Pasalnya selama proses memasak akan membuat kompor kotor oleh cipratan minyak atau sisa makanan yang tercecer. Selain itu dengan menjaga kebersihan kompor, membuat proses memasak lebih cepat karena api menyebar panas lebih merata. Tentunya hal ini bisa menghemat pemakaian gas dan alat masak pun lebih awet. Dan yang tidak kalah penting, dengan menjaga kebersihan kompor, keselamatan saat memasak menjadi lebih terjamin. Tanpa disadari sisa makanan yang tercecer di kompor bisa memicu sambaran api saat kompor dinyalakan.

Sebenarnya perawatan kompor gas tidaklah sesulit atau selama yang dibayangkan asalkan Anda menggunakan produk pembersih yang tepat dan membersihkan kompor gas Anda secara rutin. Secara garis besar, ada tiga bagian kompor gas yang perlu dibersihkan, yaitu bagian ring, bagian tungku api, dan permukaan kompor. Karena itu sangat disarankan agar Anda menjaga  dan merawat kompor gas Anda. Pahami cara yang efektif untuk merawat kompor gas Anda, simak penjelasan berikut ini!

gasstove1-720x400

Biru Lebih Baik dari Merah

Pernah mengalami api di kompor Anda berubah warna menjadi merah? Itu tandanya kompor gas tidak terawat dengan baik, sehingga pembakaran tidak menyala dengan sempurna. Hasilnya api tidak panas dan pemakaian gas pun menjadi lebih boros. Untuk menghindarinya, bersihkan kompor secara rutin dengan membersihkan tungku kompor. Jangan lupa untuk membersihkan lubang kompor tempat keluarnya dengan sikat plastik agar kotoran tidak menyumbat.

Letakkan Kompor Anda dalam Ruangan Ber Ventilasi

Tahukan Anda salah satu penyebab terjadinya bom 3 kg adalah kesalahan penempatan kompor? Gas memiliki massa yang lebih berat daripada udara sehingga bila dibiarkan saja, akan mengendap pada satu tempat. Apabila bersinggungan dengan api, gas yang mengumpul akan segera terbakar dan meledak. Oleh karena itu, kompor beserta tabung gas harus ditempatkan kompor pada ruangan yang memiliki ventilasi yang baik.

Pastikan Posisi Selang Sudah Tepat

Sebelum Anda mulai menggunakan kompor, ada baiknya Anda mengecek terlebih dulu kondisi selang Anda. Better safe than sorry, bukan? Selang tidak boleh berada dekat dengan panas karena akan mengakibatkan selang menjadi kaku. Bila sudah begini, selang menjadi lebih rentan pada kebocoran. Selain itu, posisikan selang dengan baik agar tidak dalam keadaan terjepit atau tertimpa benda berat karena akan membuat selang cepat rusak.

Selalu Periksa Regulator Anda secara berkala

Regulator adalah bagian yang sangat rawan bila tidak dipasang dengan benar karena dapat mengakibatkan kebocoran gas. Tekanan yang ideal untuk kompor berada pada posisi low pressure. Hindari tekanan yang melebihi kekuatan tabung karena dapat menyebabkan terjadinya ledakan.

Pemakaian kompor gas yang tidak cermat akan mengakibatkan dampak yang fatal. Apalagi jika Anda tidak rutin untuk merawat kompor gas tersebut. Alangkah baiknya bila Anda melakukan service kompor gas secara berkala agar kompor tetap dalam kondisi prima.

sejasa-com1

Anda dapat mengunjungi Sejasa.com untuk mendapatkan jasa service kompor gas terpercaya. Cukup dengan mengirimkan permintaan untuk jasa service kompor gas ini sesuai dengan jenis kompor, permasalahan dan lokasi tempat tinggal. Tidak butuh waktu lama, setelah selesai mengisi aplikasi, customer bisa langsung menerima jasa yang diajukan tersebut.

sejasa-com2

Tidak hanya itu, Anda juga dapat membandingkan harga, membaca review, dan melihat halaman profil usaha penyedia jasa. Tunggu apalagi? Rawat dengan baik kompor gas Anda!

4 thoughts on “Cara Efektif Merawat Kompor Gas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *