Bijak Belanja Baju Lebaran

Sharing is caring!

Sebentar lagi kita akan menyambut hari kemenangan, hari raya Idul Fitri 1438H. Ada tradisi yang identik selalu dilakukan oleh setiap orang yakni membeli baju baru. Tradisi yang tidak boleh dilewatkan ini, membuat semua orang berlomba-lomba belanja baju lebaran. Rasanya tidak lengkap  merayakan Hari Raya Idul Fitri tanpa baju.

Bahkan menjelang lebaran, pasar baik tradisional maupun pasar modern seperti mall dan pasar swalayan, diserbu masyarakat yang berburu baju-baju baru untuk lebaran. Bahkan ada yang sudah menyiapkan jauh hari sebelum bulan puasa loh.

Walaupun Lebaran tidak harus serba baru, namun bagi sebagian orang masih menganggap tidak lengkap Lebaran tanpa baju baru. Nah, lantas bagaimana caranya biar bisa bijak belanja baju lebaran tanpa menghabiskan seluruh THR. Ternyata ada strategi yang bisa dilakukan menyiasati belanja baju baru.

1. Selektif saat berbelanja

Saat berbelanja usahakan berlaku selektif, apalagi  urusan memilih baju lebaran agar bisa menghemat anggaran berbelanja. Biasakan untuk selalu mengecek ulang barang yang akan dibeli, bahkan jangan sampai karena tidak selektif malah mendapatkan barang yang harganya lebih mahal. Kalau mendapatkan harga yang lebih murah, tentu kita akan merasa beruntung, tetapi kalau mendapatkan harga yang lebih mahal, bukannya bisa berhemat malah menjadi boros. Usahakan untuk mencatat terlebih dahulu barang-barang yang akan dibeli.

2. Manfaatkan diskon 

Agar bisa menghemat anggaran belanja, kita harus pintar-pintar memanfaatkan diskon yang diberikan oleh pusat perbelanjaan. Bahkan hampir seluruh mall berlomba-lomba memberikan diskon gila-gilaan.  Tidak hanya diskon besar-besaran, departement store bahkan menggelar mid night sale. Barang-barang yang masuk dalam keranjang diskon di pusat perbelanjaan itu masih keren dan kwalitasnya masih bagus. Sehingga kita bisa memanfaatkan pesta diskon menjelang lebaran untuk mencari baju lebaran murah. Apalagi hampir setiap mall memiliki akun social media, jadi pastikan update terus informasinya agar tidak terlewatkan program-programnya.

3. Gunakan voucher belanja

Untuk menghemat belanja saat menjelang lebaran, kita bisa belanja menggunakan voucher. Apalagi biasanya saat menjelang lebaran, pihak perusahaan atau instansi akan memberikan sejumlah voucher kepada karyawan sebagai salah satu bonus. Atau jika tidak mendapatkan voucher dari kantor tempat kita bekerja, kita juga bisa membeli voucher di situs e-commerce.

Belanja menggunakan voucher membuat pengeluaran belanja jauh lebih hemat. Misal kita membeli voucher senilai Rp 50rb dengan harga hanya 35 ribu saja. Apalagi kalau kita membeli dalam jumlah banyak, kita akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

Voucher belanja seperti MAP bisa digunakan di banyak outlet di mall. Kalau tidak menggunakan voucher tersebut, bisa juga diberikan kepada keluaga atau teman sebagai THR.

4. Belanja online 

Ada salah satu cara jitu menghemat pengeluaran saat berbelanja yakni belana online. Dengan berbelanja secara online, kita tidak perlu berdesak-desakan atau menunggu antrian yang panjang saat membayar. Belanja online  bisa dilakukan untuk segala kebutuhan mulai dari membeli pakaian, sepatu, tas, hingga perlengkapan sholat. Kita tidak perlu lagi ke mall dan yang pasti kita bisa menghemat waktu dan capek karena mengantri membayar.

Belum lagi jika belanja di pusat perbelanjaan, kita bisa tergoda dengan diskon barang-barang lain, jadi lebih baik belanja online saja. Karena dengan berbelanja online, kita bisa mendapatkan barang-barang yang benar-benar kita butuhkan.

Bagi yang ingin mencari baju baru kalian bisa menemukan banyak koleksi baju muslim wanita di ZALORA yang sesuai dengan karakter dan gaya kamu.

Kita tinggal membuka gadget dan langsung bisa memilih pakaian yang ingin dibeli. Di Zalora terdapat  ratusan penjual. Dan sudah tentu beragam model dan jenis pakaian lebaran tersedia di sana. Yuk cek di sini untuk melihat pilihan baju muslim wanita terbaru.

Jadi, tunggu apa lagi, kita bisa bijak belanja baju lebaran seperti tradisi banyak orang lain menjelang lebaran. Belilah sesuai kebutuhan jangan mengikuti keinginan dan orang lain, karena hakekat dari Lebaran adalah diri dan keimanan kita yang lahir kembali menjadi suci dan baru. Bukan hanya sebatas baju baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *