Event · Palembang

Ayo ke Palembang, Nikmati Festival Gerhana Matahari Total 2016

Sharing is caring!

Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) kini menjadi perbincangan hangat. Pasalnya Indonesia hanya satu-satunya negara yang dilintasi Gerhana Matahari Total. Peristiwa ini akan berlangsung pada 9 Maret 2016 nanti dan bisa disaksikan secara utuh dari 11 kota di Indonesia. Mulai dari Palembang, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Palu, Luwuk, Tidore, Halmahera hingga Ternate.

Jalur gerhana ini akan diawali saat matahari terbit mulai dari Palembang hingga berakhir di Maluku, Indonesia. Di Palembang, peristiwa gerhana matahari total akan dimulai 9 Maret 2016 pukul 06:20 WIB dan puncak gerhana terjadi pukul 07:20 WIB selama 1 menit 52 detik, fenomena gerhana akan berakhir pukul 08:31 WIB.

GMT

Peristiwa Gerhana Matahari Total pernah terjadi di ibukota provinsi Sumatera Selatan pada 18 Maret 1988. Puncak peristiwa gerhana matahari total yang terjadi saat itu pada pukul 07.29 WIB. Turis dan masyarakat lokal berkumpul di Jembatan Ampera untuk menyaksikan fenomena alam tersebut. Sementara para astronom mengambil tempat  di Lapangan Golf Kenten. Peristiwa GMT 1988 tersebut menarik sekitar 1.200 wisatawan mancanegara terutama dari Jepang berdatangan ke kota pempek.

IMG-20160216-WA0014

Sebagai salah satu kota yang dilintasi GMT, kini Palembang tengah bersiap menyambut fenomena alam yang diprediksi baru akan terjadi lagi 100 hingga 350 tahun mendatang. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan menggelar Festival Gerhana Matahari Total yang dimulai sejak 8 Maret hingga 9 Maret 2016. Berbagai kegiatan pun digelar mulai dari festival budaya hingga tour edukasi Gerhana Matahari Total.

Gerhana Matahari Total ini sangat menarik minat wisatawan tidak hanya wisatawan lokal namun juga wisatawan mancanegara yang mulai memesan untuk menyaksikan gerhana matahari total di Indonesia. Seperti wisatawan dari Jepang, Australia, Singapura, Malaysia, Belanda, Inggris hingga Amerika sudah melakukan reservasi hotel dan venue GMT 2016. Sebut saja 500 wisatawan asal Malaysia sudah memesan tempat di Jakabaring Sport City.

IMG-20160116-WA0012

Lokasi venue GMT 2016 di Palembang mulai dari Jembatan Ampera, Helipad Hotel Aryaduta Palembang, Menara di arena ski air Jakabaring Sport City, Menara Pulau Kemaro hingga Lapangan Bukit Golf Palembang.

8 Maret 2016 :
Atraksi Budaya – Festival Ogoh-Ogoh Umat Hindu di Pelataran Benteng Kuto Besak Palembang
Pagelaran Mitos GMT 2016
Glowing Night Run

9 Maret 2016 :
Puncak Gerhana Matahari Total 2016
Lomba Foto Internasional
Breakfast sensasional
Pertunjukan Barongsai 30 Meter
Pelepasan 1000 Balon dan Lampion
Tour Edukasi GMT 2016

Ampera GMT 1

Jembatan Ampera yang membelah Sungai Musi akan ditutup selama beberapa jam. Sudah terbayang betapa meriahnya nanti moment Gerhana Matahari Total 2016 di Palembang. Ayo menjadi saksi sejarah, nikmati moment Gerhana Matahari Total 2016 di Palembang. Pesan tiket-mu sekarang juga. 

53 thoughts on “Ayo ke Palembang, Nikmati Festival Gerhana Matahari Total 2016

  1. Terus maju palembang , lanjutkan !! Sukses buat kegiatan vestival gerhana matahari totalny…

    Salam lurr dr dulur kau yg merantau d jawo ini

  2. Assalamu alaikum min. Tiketnya beli dimana ya? Utk yg sholat gerhana matahari total? Lokasinya di mana sholat gerhana nya? Trimakasih Infonya
    Wassalamu alaikum. Wr. Wb

    1. Kalangan VIP nya yang menentukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, ticketnya tidak dijual, tapi ada lomba foto internasional, coba lihat info di Tribun Sumsel, ada juga lomba Glowing Night Run, kalau sudah terdaftar di Glowing Night Run bisa ikutan lomba foto internasional juga

  3. SubhanaAllah, mungkin hanya akan kita saksikan pertama dan terakhir dalam hidup kita, Sukses Wong Kito Galo, Jangan lupa SHOLAT GERHANANYA biar palembang berkah darusalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *