Event · Lifestyle · Sports

Ayo Dukung Atlet Indonesia Di Asian Para Games 2018

Sharing is caring!

Untuk mendukung atlet difabel yang akan berlaga di asian para games 2018, pihak panitia penyelenggara Asian Para Games 2018, Indonesia Asian Para Games Committe – INAPGOC, tak hanya memanfaatkan kompleks olahraga untuk berpromosi. Mereka melakukan promosi di berbagai pusat perbelanjaan salah satunya seperti yang dilakukan di Palembang Square Mall, 22-24 Desember 2017.

Asian Para Games adalah event olahraga bagi atlet penyandang disabilitas. Sebagai tuan rumah Asian Para Games 2018, Indonesia bersiap menerima kehadiran sekitar 3ribu atlet difabilitas dan official 43 negara di Asia.  Asian Para Games 2018 akan dihelat di jakarta pada 6 Oktober-13 Oktober 2018 mendatang, atau dua bulan setelah perhelatan Asian Games 2018.  Sebanyak 18 cabang olahraga dengan 582 nomor pertandingan akan dipertandingkan.

Seperti Asian Games 2018 yang sudah memulai berbagai aktivitas persiapan, begitu pula dengan Asian Para Games 2018 termasuk diantaranya sosialisasi. Seperti program sosialisasi dilakukan oleh panitia pelaksana, indonesia  Asian Para Games Committe –  INAPGOC, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat indonesia pada 20 titik di 16 kota di Indonesia termasuk di Palembang.

Sosialisasi yang dilakukan ini melibatkan atlet difabel, komunitas difabel dan komunitas hobi serta media massa dan tentunya pengunjung Palembang Square. Hal ini dilakukan agar masyarakat mengetahui tentang Asian Para Games 2018. Sebagai informasi Indonesia berhasil menyandang predikat juara umum pada Asean Para Games 2017 yang digelar di Malaysia, September kemarin. Indonesia berhasil meraih 126 medali emas, 75 medali perak, dan 50 medali perunggu. Hal ini memberikan motivasi tersendiri bagi indonesia sebagai tuan rumah Asian Para Games 2018.

Sosialisasi ini merupakan sosialisasi awal untuk terus menggelorakan event dengan slogan The Inspiring Spirit and Energy Of Asia, yang hadir dengan empat misi utama, determination, courage, equality,  dan inspiration. Keempat misis tersebut diharapkan mampu mengenalkan tekad kuat dan kepercayaan diri para atlet dalam menghadapi segala tantangan baik fisik maupun mental.

Selain itu di ajang empat tahunan sekali ini juga berusaha mempromosikan kesetaraan dalam kehidupan bermasyarakat dan menjadikan aksi para atlet penyandang disabiltas sebagai sumber inspirasi dan motivasi. Apalagi dengan kehadiran sebuah maskot bernama Momo (Motivation and Mobility) yang mengambil inspirasi dari hewan Elang Bondol.

Prestasi para atlet difabel di Asean Para Games 2018  menjadi bukti jika keterbatasan fisik mereka bukan merupakan halangan untuk berprestasi dalam dunia olahraga. Salah satu atlet difabel Indonesia yang hadir saat sosialisasi tersebut adalah Jendi Pangabean.

Atlet asal Sumatera Selatan ini menyumbangkan lima medali emas pada ajang Asean Para Games  2017 bahkan Jendi  berhasil mencetak empat rekor Asia. Sebenarnya Jendi terlahir normal namun terpaksa harus kehilangan kaki kirinya karena kecelakaan motor yang dialaminya.

Bersama Jendi Pangabean – atlet paraswimming Sumsel

Lahir di Sugih Waras, Muara Enim, Sumatera Selatan pada 6 juni 1991 silam membuktikan kepada semua orang tidak ada yang tidak mungkin jika terus berusaha meraih impian. Keterbatasan atau ketidaksempurnaan fisik tidak menjadi halangan bagi Jendi meraih prestasi dan menjadi pahlawan olahraga bagi Indonesia.

Dalam sosialisasi tersebut, pihak penyelenggara juga mengajak masyarakat memiliki kesadaran akan keberadaan olahraga khusus penyandang disabilitas, termasuk isu-isu disabilitas secara umum dan pentingnya pastisipasi aktif dan lingkungan yang berempati bagi semua kalangan masyarakat.

Bersama Chika – Host event sosialisasi APG 2018

Asian Para Games 2018 kini di depan mata, bagi yang ingin menjadi volunteer event ini bisa langsung mendaftakan diri di link APG2018 berikut. Kini modal juara umum di tingkat Asean menjadi pendulum semangat agar para atlet Indonesia bisa berprestasi lebih baik di Asian Para Games 2018.

2 thoughts on “Ayo Dukung Atlet Indonesia Di Asian Para Games 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *