Lifestyle,  Review,  Teknologi

Aplikasi MyBlueBird Permudah Pesan Taksi BlueBird

Sharing is caring!

Perkembangan teknologi yang semakin canggih ikut mewarnai berbagai bidang usaha termasuk jasa transportasi. Begitupun dengan perusahaan transportasi  Blue bird yang meluncurkan aplikasi online. Sejak 2011 Blue Bird menjadi perusahaan jasa transportasi pertama yang menerapkan sistem layanan online kepada pelanggannya melalui ponsel BlackBerry.

Dan kini  operator taksi  berlogo burung biru itu memperbaharui aplikasi MyBlueBird dengan sistem ride sharing. Sejumlah fitur diyakini menghadapi ketatnya persaingan dengan perusahaan taksi lain. Seperti fitur peta posisi pengemudi, jumlah taksi yang berada di sekitar lokasi pengguna, estimasi harga yang mesti dibayarkan termasuk rating untuk pengemudi taksi Bluebird. Aplikasi MyBlueBird sendiri bisa di download  di Android, iOS, dan BlackBerry.

Screenshot_2016-06-16-20-04-52
Sementara itu pengemudi taksi Bluebird juga memiliki aplikasi yang berisi informasi estimasi harga dan peta perjalanan. Ponsel yang digunakan bisa milik pribadi, cicilan, atau pinjaman dari perusahaan. Sehingga fitur yang digunakan di My Bluebird mirip seperti aplikasi ride sharing lain. Tentunya aplikasi MyBlueBird yang baru ini bisa memberikan kenyamanan bagi pengguna.

Soal harga pun bersaing mulai dari buka pintu Rp 6.500 dan argo per kilometer Rp 3.500. Sehingga para konsumen setia Bluebird bisa semakin dimanjakan dengan kemudahan dan kenyamanannya. Bahkan menariknya pengguna aplikasi MyBlueBird bisa update lokasi taksinya ke media sosial atau pun melalui pesan. Hal ini membuat perjalanan semakin aman karena banyak orang yang mengetahui lokasi dan perjalanan pengguna.

Screenshot_2016-06-16-20-07-50

Saya yang penasaran pun mencoba mendownload dan mencoba menggunakan layanan yang diluncurkan kembali pada 19 Mei 2016 ini.  Aplikasi ini sangat user friendly, para pengguna saat mendaftarkan diri cukup memasukkan nama, email, nomor telpon dan password. Setelah itu pengguna akan mendapatkan email verifikasi, selain itu verifikasi juga dilakukan melalui nomor telpon.

Screenshot_2016-06-16-20-09-43

Setelah terverfikasi pengguna baru bisa masuk menggunakan aplikasi MyBlueBird ini. Para pengguna bisa mengganti data profile dengan menggunakan foto pribadi yang disukai. Foto inilah yang akan dikenali oleh para pengemudi Bluebird saat  melakukan order atau pemesanan taksi.

Screenshot_2016-06-16-20-20-52

Aplikasi MyBluebird ini langsung menyesuaikan lokasi dari pengguna, seperti saat saya mengdownload aplikasi ini, saya sedang berada di Lubuklinggau. Peta pun menunjukkan current location alias lokasi terkini dari pengguna.

Screenshot_2016-06-16-20-12-54

My Bluebird ini semakin bertambah asyik karena pengguna bisa memilih layanan Blue Bird ataupun Silver Bird yang berada dalam jangkauan dari pengguna. Namun karena saya berada di Lubuklinggau dan karena Palembang belum bisa menggunakan aplikasi ini, sehingga layanan ini tidak bisa digunakan.

Screenshot_2016-06-16-20-13-07

Setelah pengguna bisa memilih untuk melakukan pembayaran. Saat ini pembayaran barus bisa dilakukan secara cash nantinya Blue Bird akan menerapkan sistem  eVoucher serta kode promosi. Fitur cashless ini sangat membantu bagi para pengguna yang tidak menyukai membawa uang tunai.

Screenshot_2016-06-16-20-11-39

Menariknya para pengguna bisa menggunakan aplikasi MyBlueBird ini untuk memesan maksimal lima taksi sekaligus. Sehingga jika ada acara atau mengajak teman banyak, cukup satu pemesanan saja. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa memantau lokasi dan perjalanan masing-masing taksi yang dipesan melalui aplikasi MyBlueBird ini.

Screenshot_2016-06-16-20-21-35

Dalam aplikasi ini juga terangkum riwayat dari pemesanan kita, mulai dari booking hingga payment yang kita lakukan. Sehingga kita mengetahui penggunaan aplikasi MyBlueBird ini, karena saya belum melakukan pemesanan, jadi riwayatnya masih kosong.

Sayangnya aplikasi MyBluebird ini baru bisa digunakan di enam kota yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Bali. Tentunya sangat menyenangkan sekali jika semua kendali ada dalam genggaman, tanpa harus repot antri atau lama menunggu. Semoga kedepan Palembang dan kota besar lainnya juga bisa menggunakan layanan My Bluebird ini.

Tulisan ini diikutsertakan dalam  story telling competition Blue Bird #NewMyBlueBird.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar